Annapurna Basecamp hari keenam : Bamboo – Himalaya Hotel

Target hari ini, kalau cuaca mendukung kami akan melanjutkan perjalanan hingga ke Machhapuchhre Base Camp di ketinggian 3800 mdpl. Tapi kalau pagi cuaca masih belum membaik kami kembali turun, karena mengingat waktu yang mepet. Sempat terpikiran juga kalau memang cuaca masih kurang bagus ada plan cadangan, teman-teman turun duluan saya masih menunggu cuaca membaik, karena cukup sayang juga sampai di sini, tidak bisa terus sampai ke Annapurna Basecamp.

Tapi alam mendengarkan doa kami sehingga pagi itu cuaca walau masih mendung tapi tidak hujan. Sehingga akhirnya kami putuskan setelah sarapan untuk bergegas memulai perjalanan. Selepas Bamboo kami masih bergerak memasuki hutan yang tidak begitu beda dengan hari sebelumnya. Jalan berundak, bertemu air terjun, dihinggapi pacet, kembali melangkah pelan hingga akhirnya kami selepas tengah hari tiba di Himalaya Hotel bergegas dengan gerimis. Karena tidak begitu lama kemudian hujan deras kembali turun membasahi tanah yang masih belum juga kering.

Agak kawatir juga karena selepas Himalaya Hotel yang mempunyai ketinggian 2930 mdpl ini kami akan lebih banyak melewati tempat terbuka dengan sebelah kiri kami tebing tegak dan sebelah kanan sungai yang beraliran deras. “we wait for the weather, if it’s good we walk again until Deurali or MBC, but if rain didn’t stop we’ll wait here” advise Rabin, our guide. Kami memesan makan siang sembari berharap cuaca berubah membaik. Tapi hingga hampir sore gerimis dan hujan masih belum reda juga.

mendung menggayut himalaya

“We stay here tonight.. and we hope tomorrow the weather will be good. we will pray to our God tonight” nasehat Rabin melihat kami gelisah menunggu cuaca. Kami sudah mulai menyusun beberapa rencana cadangan apabila nanti memang beberapa hari mendatang cuaca masih selalu kurang bersahabat seperti ini. Tapi memang keselamatan lebih penting daripada sekedar tujuan akhir tanpa melihat kondisi cuaca. Dan hari itu kami mempunyai waktu cukup lama untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh.


>