annapurna basecamp hari ketujuh

Perjalanan hari ini cukup panjang karena rencana kemarin kami bermalam di Machhapuchhre Base Camp (MBC) gagal total karena hujan deras mengguyur semenjak siang. Sehingga kami akhirnya memutuskan menghentikan perjalanan dan beristirahat di himalayan hotel.

Dari sini diusahakan kalau cuaca cerah akan langsung menuju Annapurna Base camp dan bermalam di sana dan besok paginya langsung turun paling tidak sampai Sinuwa sehingga masih bisa terkejar hari ke sepuluh Fitria kembali ke Kathmandu.

Sejak semalam kami sempat kawatir karena gerimis masih mengguyur dari siang kemarin. Berusaha istirahat cukup lama juga kurang berhasil karena gelisah menunggu cuaca membaik atau pulang.

Sehari sebelumnya diputuskan, kalau memang cuaca besok kurang bagus dan pagi masih hujan, terpaksa kita membatalkan perjalanan ke ABC dan berkemas kembali ke bawah. “Too dangerous.. too many landslides from Deurali to MBC if raining” advise Rabin, our guide. “Yeah we know.. safety first, there will be another time to come back to ABC” balasku sembari berharap besok cuaca lebih bersahabat.

Dan ternyata doa kami terkabul. Pagi ini kami disambut cuaca yang cukup bersahabat, walau awan putih sebagian besar masih menggantung di atas sana, tapi cukup terlihat birunya langit. Sesekali sinar mentari pagi menerangi jalan kami. Panel surya milik wawis yang lebih sering dimasukan ke dalam ransel karena lebih banyak hujan, pagi itu tercantel di belakang tas ranselnya.

Dan bergegas kami kembali melangkahkan kaki, menapaki jalur yang menanjak. Tujuan kami semakin pasti Annapurna Base Camp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *