Barisan Gunung dari jendela pesawat Solo – Bandung

Pagi kemarin langit sedikit tertutup mendung abu abu di atas kota Solo. Pesawat ATR yang saya naikin mulai menambah ketinggian menjauhi awan kelabu. Dan selepas ketinggian 16.000 kaki, sejauh mata memandang terlihat pemandangan luas membentang. Merapi Merbabu terlihat gagah dengan sinar mentari pagi menerangi kaki gunung nya. Ini penerbangan pertama saya dari Solo menuju ke Bandung.

Karena belum ada gambaran sama sekali saya hanya mengira-ira arah pesawat dari Solo menuju Bandung akan melewati tengah tengah pulau Jawa. Jadi pikir saya untuk bisa melihati gunung Merapi dan Merbabu seadainya cuaca cerah adalah dengan duduk di sebelah kiri dekat jendela. Makanya waktu check in saya minta kepada mbak petugasnya yang cukup cantik #eh untuk duduk di kursi barisan kiri.

solobandung 3 - Barisan Gunung dari jendela pesawat Solo - Bandung

Tapi ternyata dugaan saya keliru. Pesawat terbang menyusuri jalur lintas selatan. Dari bandara Adi Sumarmo Solo langsung melipir ke klaten tidak lewat boyolali. Wah salah kursi nih pikir saya agak kecewa ketika melihat di jendela seberang sana terlihat punggungan Gunung Merbabu. Setelah sempat lingak linguk sebentar ternyata kursi seberang tidak ada penumpangnya.. Yihaa.. segera kubereskan perlengkapan dan berpindah ke barisan kanan.

solobandung 4 - Barisan Gunung dari jendela pesawat Solo - Bandung

Beruntung penerbangan kali ini cukup cerah sehingga bisa menikmati pemandangan dari atas. Untuk yang belum pernah melakukan perjalanan dari Solo ke Bandung, kalau cuaca cerah kita akan disuguhi pemandangan gunung – gunung yang berjajar sepanjang perjalanan.

solobandung 2 - Barisan Gunung dari jendela pesawat Solo - Bandung

Setelah lepas landas, kalau pesawat terbang ke arah timur akan berbalik arah dan kita akan disuguhi siluet gunung Lawu.

solobandung 5 - Barisan Gunung dari jendela pesawat Solo - Bandung

Setelah itu Gunung Merbabu dan Merapi yang terlihat dekat sekali di bawah kita akan menghiasi pemandangan dari jendela. Setelah itu 3 Gunung S – Gunung Sundoro, Sumbing dan Slamet. Sayang penerbangan pagi tadi Gunung Slamet tertutup awan tebal, mungkin sedang ada hujan deras di bawah sana.

solobandung 6 - Barisan Gunung dari jendela pesawat Solo - Bandung

Selepas itu kita akan disambut oleh Gunung Ceremai di Cirebon. Dan perjalanan akan ditutup dengan pemandangan Gunung Gede dan Pangrango sebelum pesawat kemudian menurun menuju bandara Bandung. Dan selesailah penerbangan selama 1 jam 10 menit yang penuh keindahan pemandangan barisan pegunungan ini.


>