bawa kembali sampah kita dari gunung

Gunung, salah satu tempat yang membuat kami ingin selalu kembali ke sana. Pemandangan indah dan suasana yang membuat damai selalu bisa membuat kami melupakan rutinitas yang membosankan.

Tapi entah dengan semakin banyak teman-teman lain yang juga mengunjungi gunung membuat kami sempat miris. Tidak saja karena keselamatan yang menjadi standart dalam suatu perjalanan sering terabaikan. Tapi juga gunungan sampah menumpuk tidak jauh dari lokasi perkemahan.

Kami tidak melarang atau menghambat teman-teman untuk naik gunung. Bahkan kami menyarankan teman-teman untuk memulai mengunjungi gunung. Banyak hal positif yang bisa kita petik dari perjalanan ke gunung. Persahabatan, perjuangan, bagaimana mengatasi rintangan, kedamaian dan banyak hal positif lainnya.

Tapi kami merasa salah satu bukti cinta kita pada gunung adalah dengan tidak mengotorinya. Biarkan gunung tetap alami, bukan malah menjadi pembuangan sampah kita. Salah satu caranya adalah dengan membawa kembali sampah yang kita bawa ke gunung. Taruh sampah kita di tempat sampah yang biasanya sudah disediakan di basecamp setelah kembali dari gunung. Tidak terlalu berat kok dibanding dengan semua pengalaman yang kita dapatkan di gunung.

Kalau kita memang mencintai gunung, maka kita bisa mulai dengan membawa kemball sampah kita. Biarkan kita hanya meninggalkan kenangan yang indah di gunung.

Kami ucapkan banyak terima kasih untuk semua sobat yang sudah berkenan membawa kembali sampah mereka dari gunung.


>