Biasanya hunting kalau ndak landscape atau milky way. Tapi kali ini jumat Sabtu, 1-2 Maret 2019 sengaja menyempatkan waktu untuk hunting buku di Event Big Bad Wolf yang diadakan di ICE BSD, Serpong. Dari beberapa kali hajatan BBW baik di Jakarta dan Surabaya baru kali ini pas waktunya buat berkunjung ke sana. Sebelumnya cuma denger dari teman dan baca berita borong buku murah pas di event BBW ini.

Berbekal sedikit informasi, saya mencoba meracuni kakak tertua saya yang juga hobi mengoleksi buku untuk ikutan ke sana. Eh malah gayung bersambut, sekalian liburan keluarga saja, kita coba cari apa ada hotel dekat sana. Dan ternyata di komplek ICE BSD ada hotel Santika.

Setelah mendapat acc dari keluarga (istri dan anak-anaknya), kakak akhirnya membooking kamar untuk satu malam. “Nanti kan bisa anak anak main di kolam renang kita bebas berbelanja” hahaha. Jadi anak-anak juga senang bisa berlibur bareng, bapaknya juga senang bisa belanja buku puas.

Membaca dari pengalaman dari pengunjung sebelum-sebelumnya, memang event BBW ini kadang penuh dengan pengunjung. Antrian saat pembelian buku akan memanjang, terutama di akhir minggu. Bahkan ada yang dibelain datang pukul 2 pagi hanya untuk memborong buku favorit mereka dan menghindari antrian.

O iya, event BBW ini memang gila-gilaan, 12 hari full 24 jam non stop buka nya. Dan gratis masuknya. Di medsos mereka bahkan disebutkan 5,5 juta buku baru buat envet BBW kali ini.

Jadi, keputusan untuk menginap di hotel juga ndak rugi-rugi amat sih. Kalau dihitung biaya anak-anak bisa liburan dan main di kolam renang, menginap di hotel, biaya parkir gratis, biaya sarapan. Ayahnya bisa subuh-subuh pergi ke BBW hahahaha.. Sebenarnya mencari pembenaran untuk pengeluaran tidur di hotel juga sih hiahahaha..

Karena jumat pagi keponakan masih harus sekolah, saya berangkat duluan ke BBW, nanti keluarga kakak menyusul sorenya. Transportasi ke lokasi juga tidak terlalu rumit.

jalur KRL

Saya naik KRL jurusan Tanah Abang – Rangkasbitung. Berhenti di stasiun Cisauk. Jangan naik kereta jurusan Tanah Abang yang berhenti di Serpong, karena nanti harus ganti kereta lagi. Stasiun Cisauk satu stasiun setelah Serpong soalnya.

Begitu turun di stasiun Cisauk, berjalan kaki menuju ke intermoda BSD. Begitu tiba di Intermoda BSD sudah ada spanduk bertuliskan Shuttle Bus menuju ke ICE BSD, BBW. Gratis busnya.

shuttle bus nya masih sepi

Tiba sekitar pukul 10, sudah terlihat antrian cukup panjang di sekitar gate 5. Saya tanya ke petugas antrian apa pak ? Ternyata antrian yg kemarin sudah berbelanja dengan kartu kredit dan debet BCA ada fasilitas cash back nya. Belanja 1-2,5 juta dapat cash back 100 ribu, belanja 2,5 – 5 juta dapat cash back 250 ribu dan belanja di atas 5 juta dapat cash back 500 ribu. wah menarik nih.. Walau ternyata dibatasi jumlah perhari cash backnya (liat di gambar ya). Tapi cukup menarik terbukti dengan banyak yang mengantri di pagi hari.

Jumat pagi itu, hari pertama jadi masih tidak terlalu banyak yang di dalam. Saya bebas leluasa berkeliling di antara meja-meja yang penuh berisi buku. Mata saya pasti kalau diliat berwarna hijau melihat buku sebegitu banyak hahahaha..

Tujuan pertama yang saya cari adalah buku fotografi. Terletak di deretan Art & Photography. Ada 3 meja berjejer yang dipehuni buku buku bergenre fotografi dan seni. Setiap buku ada sample yang bisa kita buka dan lihat isi bukunya.

Sayang buku fotonya tidak terlalu banyak, yang paling banyak buku fiksi (novel) dan buku anak-anak yang makan tempat hampir separuh ruangan sendiri. Untuk buku fotografi, sudah ndak terlalu banyak, juga sebagian merupakan buku buku edisi lama.

Saya menemukan buku Tibet yang menarik, dibandrol dengan harga diskon 115 ribu. Berisi kumpulan foto-foto di Tibet. Menarik euy.

Setelah itu buku lonely planet Beautiful World juga langsung masuk ke troli. Ini buku ajaib bener foto-fotonya sampai bikin ngeces aja liatnya

National Geographic : Greatest Landscape juga menarik minat saya begitu membuka beberapa halamannya, masuk troli juga nih tanda-tandanya

Beberapa buku tehnik digital foto banyak yang saya lewatkan karena pertimbangan cukup banyak info yang bisa dipelajari di internet, budget juga mepet dan terbitan tahun yang cukup lama, jadi kurang uptodate.

Kalau budgetnya berlebih sih pasti akan banyak kalap melihat buku-buku bagus begini dengan harga diskon yang cukup menggoda.

Dan tak terasa sekitar pukul 4 sore saya baru keluar dari gedung BBW, penuh dengan tas plastik dipegang tangan kanan dan kiri, tas daypack depan belakang, penuh berisi buku belanjaan hari ini.

Dan begitu malam harinya diajakin ke BBW lagi, karena ya tinggal jalan kaki saya kembali menyambangi berkeliling dari satu meja ke meja lain, siapa tahu ada yang terlewatkan.

Begitu juga pagi hari, sekitar pukul 4 pagi saya kembali menyusuri buku demi buku, kali ini bisa sembari membaca beberapa buku juga. Malah ndak belanja apa-apa hahaha..

Dan setelah sarapan ikutan mengantri cash back yang cukup panjang antriannya. Yah mumpung lagi ndak ada kerjaan ya dijabani aja, selowwww

Setelah itu masih masuk dua kali lagi ke arena BBW, buat baca beberapa komik marvel hahahahahaha…

Tapi yang hari sabtu siang sudah mulai ramai poll. Bahkan untuk masuk ke gedung harus antri panjang, dan saya liat juga antrian sudah mulai mengular di pembayaran. Padahal ada 70 konter pembayaran lho.. ampunn

Jadilah dua hari itu saya full BBW, 5x bolak balik ke BBW, menghabiskan waktu dengan hobi saya membaca buku, dan berjalan-jalan hahahaha

Beberapa tips buat yang ingin berkunjung dan berbelanja di BBW.

• Siapkan energi, karena tidak terasa cukup lama kita akan berada di sana. Memilih milih buku diantara ribuan buku itu lama ternyata hahaha.. belum lagi dari pintu masuk ke pintu keluar jaraknya cukup jauh.
  • Bawa jaket. kemarin suhu dalam ruangan cukup membuat saya kedinginan. Entah apa yang dipikiran seorang pengunjung yang hanya memakai celana pendek, kaos you can see di pagi hari, sedangkan saya yang pakai celana panjang aja cukup brrr brrrr kedingingan.
  • Cashback. Kalau belanja cukup banyak bisa memanfaatkan cashback apabila menggunakan kartu BCA
  • Minum / makan. Hari sabtu kemarin dilarang masuk membawa botol minum, padahal jumatnya masih boleh. mungkin karena pengunjung yang membludak ya. Tapi tenang ada food court kok di dalam. Cuma pas hari sabtu karena ramai banget jadi dibatasi tidak boleh terlalu lama meninggalkan troly ketika berada di food court.
  • Budget. Tetapkan batas budget maksimal belanja buku.. ingat bisa kalap hahahaha
  • Fokus. Saking luasnya tempat, mungkin tidak semua bisa kita datangi satu persatu mejanya. Fokuskan ke kategori buku yang pengen dicari terlebih dahulu.
  • Ndak harus beli semua. Baca Kalau luang waktu, bisa sambil baca baca buku juga lho. Kan banyak buku sample yang memang sengaja dibuka untuk dibaca.
  • Jastip. Kalau punya banyak waktu dan koneksi luas juga bisa menjajal membuka usaha jastip (jasa titipan) untuk pembelian buku. Lumayan kan, siapa tahu bisa belanja buku sekalian dapat profit.
  • Buka 24 jam kok, jadi kalau bisa flexible cari waktu yang pas jam-jam sepi, biasanya tengah malam sampai pagi hari sepi kok.
  • Buku mungkin akan dirotasi, kemarin di hari kedua juga sudah ada beberapa buku baru yang dikeluarkan untuk mengisi buku yang sudah kosong terjual. Tapi memang semakin hari sepertinya banyak buku bagus yang nanti hilang.