Landscape Indonesia

Foto

Test Aerial Fotografi di Malam Hari

test foto aerial malam
percobaan pertama memotret aerial malam

Terbangun sekitar pukul 4 pagi dan terlintas untuk mencoba mengambil foto malam dari udara.
Secara teori sih dji phantom 3 pro bisa digunakan untuk kecepatan lambat sampai 8 detik. Iso juga bisa sampai 1600, tapi dari pengalaman sebelumnya di atas iso 400 noise sudah cukup berasa. Dan perkiraan awal akan banyak kendala yang dihadapi sebelum akhirnya nanti bisa mendapatkan foto malam hari dari udara yang cukup bagus.

Cek semua persiapan sebelum terbang sudah terpenuhi, sinyal satelite juga sudah cukup banyak tertangkap. Segera keluar rumah mencari lokasi yang tidak terlalu banyak gangguan kabel listrik. Ini pengalaman saya terbang di malam hari, jadi sebelumnya saya harus memastikan semua sesuai dengan rencana. Tak lama kemudian suara dengungan baling baling sudah mulai membelah keheningan subuh. Melayang sebentar di ketinggian satu meter untuk memastikan semua tidak ada kendala dan kemudian drone naik ke atas hingga ketinggian sekitar 100 m.

Segera berpindah ke tampilan menu pengaturan kamera, memastikan format file RAW, single shot. Iso saya coba tetap di 100, dan kecepatan saya coba menggunakan 8 detik, kecepatan paling lambat yang bisa digunakan. Itupun masih meununjukan exposure masih minus dua. Tapi ndak apa-apa, harus di coba dulu supaya bisa melihat hasilnya. Test pertama berjalan dengan lancar dan kemudian mencoba mengambil beberapa foto dan video suasana sekitar.

Sekitar 15 menit kemudian, status baterai sudah menunjukan mendekati 30%, saatnya kembali membawa turun drone ke darat dan melihat hasil percobaan pertama dari terbang malam ini.

Jreng jrengg..

test foto aerial malam
sebagian besar foto tidak tajam dan berwaran kemerahan

Dan hasilnya ternyata ndak ada yang bagus hahahaha...
Sebagian besar foto yang diambil blur bahkan beberapa foto lainnya selain blur ada kemerah-merahannya, kena cahaya lampu depan nya drone hahaha.. Nyesel dong gagal total.. Ndak juga sih.. namanya kan belajar hal baru, musti siap kalau hasil pertama kurang bagus. Malah bisa digunakan untuk pembelajaran dan mengevaluasi mana yang kurang tepat dan mencari solusinya.

Beberapa masalah yang saya rasa sebagai beberapa faktor kekurangberhasilan foto malam tadi antara lain:

 test foto aerial malam
bias lampu depan drone, padahal di sebelah kanan atas terlihat bulan sabit lho

  • Foto berwarna kemerahan
    Lampu depan drone yang menyala berkelip memang sebagai salah satu tanda supaya kita bisa mengetahui dimana posisi drone. Tapi imbasnya kalau untuk memotret malam jadi membias merah hampir di sebagian besar frame.
    Solusinya bisa kita atur di menu C2 untuk untuk menyalakan dan mematikan lampu depan, sehingga bisa kita dapatkan hasil yang lebih bagus.

 test foto aerial malam
gambar bergerak karena kecepatan lambat

  • Gambar bergerak / kurang stabil / kurang tajam
    Ini masih analisa awal, tapi ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan gambar menjadi kurang tajam, bahkan di beberapa frame seperti sengaja berayun.
    a. Karena memang niat awal tadi mencoba membuat foto panorama di malam hari jadi setiap pengambilan frame kemudian saya geser arah drone. Nah kemungkinan besar saya terlalu cepat memencet shutter kamera sebelum drone stabil. Sehingga gerakan drone terekam kamera yang berkecepatan rendah.
    b. Posisi drone di udara mungkin kurang stabil, bisa karena terkena angin atau masih dalam posisi bergerak.

Solusinya untuk percobaan berikutnya mencoba memotret dalam satu posisi yang sama dalam kecepatan yang berbeda beda (1 detik, 2 detik, 8 detik) untuk memastikan apakah drone bisa stabil dalam kecepatan rendah.

Untuk video malam kendala utama di kecepatan yang hanya bisa paling lambat di 1/25. Solusinya menaikan iso ke 1600 tapi alamak noisenya bakalan kurang enak buat dilihat. Jadi mungkin untuk saat ini masih belum bisa digunakan secara optimal untuk pengambilan video di malam hari kalau hanya menggandalkan cahaya biasa.

test foto aerial malam
selalu ada pembelajaran yang bisa diambil dari pengalaman pertama

Nanti malam kalau sempat cobain lagi ahh.. Pengen nyobain juga nantinya apakah kamera dji phantom 3 pro ini bisa ndak digunakan untuk menangkap foto malam berbintang atau bahkan milkyway kalau memang digunakan di lokasi yang minim polusi cahaya. Karena belum mencoba sendiri jadi masih sekedar menebak-nebak.

UPDATE 29 Maret 2017

Pagi tadi, sekitar pukul setengah lima kembali menjajal aerial foto dalam kondisi cahaya minim. Dan memang ternyata test pertama kemarin banyak yang gagal karena saya terburu-buru menggeser posisi drone hingga posisi drone belum stabil dan berakibat foto yang saya hasilkan sebagian besar blur dan goyang. Percobaan dengan speed 8 detik pada iso 100 ternyata cukup stabil. Kayaknya bakalan sering nanti mencoba mengabadikan keindahan malam hari lampu lampu perkotaan. Dulu cuma bisa kalau terlaksana kalau pas dapat penerbangan pesawat malam, saya selalu minta duduk di dekat jendela. Sekarang sudah bisa tanpa harus menunggu naik pesawat. Tinggal belajar komposisi yang lebih bagus, cari lokasi yang mendukung dan tentunya selalu memperhatikan keamanan dan keselamatan.

Selamat datang era fotografi aerial malam !!

Add comment

Security code
Refresh

Update via Email

Dapatkan informasi terbaru seputar update website, event hunting dan traveling, ebook terbaru
GRATIS melalui email Anda

silakan masukan alamat email Anda :


*kerahasiaan data Anda akan terjaga dan hanya digunakan untuk informasi update