photoook merbabu - review

Buku Merbabu: Pendakian Bertabur Bintang yang awal bulan Mei dirilis Landscape Indonesia (informasi tentang buku Merbabu bisa dilihat lebih detail disini). Beberapa tanggapan positif dari rekan-rekan yang sudah membaca dan mengkoleksi buku Merbabu membuat kami menjadi lebih bersemangat untuk berkarya.

buku merbabu-review
review buku merbabu oleh pendaki indonesia – screen capture dari instagram @pendakiindonesia

Bukan hanya cerita Perjalanan, bagi kamu yang belum pernah naik Gunung Merbabu via Suwanting, buku ini bisa jadi referensi kamu tetang jalur pendakian ini. Menuntun kamu untuk ber-previsualisai tentang letak geografisnya, bagaimana medan dan jalurnya, bagaimana keindahannya, apalagi dilengkapi dengan foto fofo yang mengagumkan.

Buku ini juga bisa mengingatkan kamu yang pernah melewatinya, membawa ingatan ketika kita menapakinya, ketika kita terengah engah menembus hutan pinusnya, mengingatkan kembali sejauh mana mata kita memandang luas sabananya.

Satu lagi alasan kenapa kamu harus baca buku ini, terutama bagi kamu yang memiliki minat fotografi. Buku ini dilengkapi data teknis bagaimana agar kamu bisa membuat foto menarik, bagaimana mendapatkan startrail dan milkyway, serta perlengakapan fotografi yang harus kamu persiapkan.

Terima kasih mas @widhibek melalui @landscapeindonesia bersama @ayotelusuri, @travellerkaskus dan @kreavi telah mendokumentasikan “Merbabu Pendakian Bertabur Bintang” sehingga kami bisa menikmatinya.
#MerbabuBertaburBintang

@pendakiindonesia

– – – – – – – – – – –

buku merbabu - review ghozali
review buku Merbabu oleh ghozali – screen capture dari web mas Ghozali (ghozaliq.com)

Beberapa kali kita juga akan menemui foto panorama yang tampil di dua halaman penuh, memanjang dan terlihat menawan untuk menikmati di setiap jengkalnya. Paling banyak adalah foto dengan pemandangan milky way yang menarik di gelapnya langit. Ada juga halaman yang menuliskan mengenai tips memotret milky way bagi anda yang sedang akan belajar untuk memotretnya.

Di bagian akhir buku, ada bagian Tips & Kit untuk memaksimalkan kemampuan anda ketika memotret alam Indonesia yang kerennya kebablasan ini. Bahasanya ringan, mudah dipahami dan sederhana jadi tidak akan membuat anda bertambah bingung.

Secara keseluruhan, buku ini layak dibeli bagi anda penggiat kegiatan alam dan fotografi. Selain narasi dengan bahasa yang ringan, foto-foto yang disajikan akan lebih mudah memberikan pesan tersebut.

Nostalgia sejenak, itulah kesan saya setiap kali membuka foto ini lalu menemukan foto Gunung Merapi dengan permadani awan di bawahnya.

https://ghozaliq.com/buku-merbabu-pendakian-bertabur-bintang-wahyu-widhi-landscape-indonesia/

– – – – – – – – – – –

Photobook Merbabu - resensi
resensi photobook Merbabu oleh Telusuri – screen capture dari web telusuri.org

Buku foto seperti ini masih jarang di Indonesia. Kebanyakan buku tentang gunung lebih mirip buku panduan daripada narasi perjalanan. Jadilah buku-buku tersebut cuma sekali-sekali saja dibaca ketika akan menuju sebuah gunung tertentu.

“Merbabu, Pendakian Bertabur Bintang” ini tidak akan membosankan walaupun dibaca berulang-ulang. Jika sudah “khatam” membaca narasi perjalanannya, kamu bisa menikmati foto-fotonya dan menemukan keindahan-keindahan baru yang barangkali sebelumnya luput dari pengamatan kamu—buku-foto ini bisa menjadi semacam coffee-table book yang bisa dibaca di kala bosan. Tapi kalau kamu pembaca serius yang biasa berkutat dengan manuskrip tebal, buku ini akan terasa terlalu cepat habis sebab hanya terdiri dari 108 halaman.

Barangkali tulisan ini bisa diakhiri dengan mengutip endorsement telusuRI di sampul belakang: “Penuh dengan foto-foto indah dan cerita-cerita menyentuh, buku foto ini recommended untuk kamu yang ingin memulai karir sebagai fotografer atau penulis perjalanan. Membuka lembaran demi lembaran buku ini ibarat menerima pelajaran demi pelajaran soal pendokumentasian perjalanan.”

http://telusuri.org/explore/384/resensi-merbabu-pendakian-bertabur-bintang/

– – – – – –

photobook merbabu
review buku merbabu dari @sahabatranselofficial – screen capture dari @sahabatranselofficial

Bukan hanya sekedar album foto, di buku “Merbabu – Pendakian Bertabur Bintang” ini, mas @widhibek juga banyak bercerita tentang pengalamannya dalam menapaki jalur suwanting untuk mencapai puncak Gunung Merbabu, cerita yang di dampingi foto foto indah tersebut langsung membuat saya bisa menyelesaikan buku ini hanya dalam hitungan jam 😄 buat kalian yang suka dengan kegiatan alam khususnya mendaki, buku ini rekomended banget untuk koleksi rak buku kalian.

Sedikit bocoran, buat yang sudah biasa melihat matahari terbit dan matahari terbenam, kalian harus melihat foto ketika bulan terbit di buku ini 😄 kerennn banget lah pokoknya 😄

@sahabatranselofficial/

– – – – – –

review buku merbabu
Buku Merbabu koleksi @andri_suanto

Salah satu penghuni baru di lemari adalah buku “Merbabu, Pendakian Bertabur Bintang”. Melihat foto2 yang terdapat di dalamnya, membuat diri ingin mengepak keril dan berangkat menyusuri indahnya Merbabu.. Selamat atas terbitnya buku ini mas Wahyu @landscapeindonesia

@andri_suanto

buku merbabu @untunguntungan – screen capture dari @untunguntungan
Buku Merbabu sampai ke Kalimantan – – screen capture dari @deasyrinayantipelealu
Buku Merbabu sampai ke Bali !!! – screen capture dari @bramadity

Terima kasih untuk apresiasi teman-teman semua. Kami yakin banyak kekurangan baik di edisi cetak yang mundur cukup lama dari jadwal, kesalahan kata, foto yang kurang bagus dan banyak hal lainnya. Tapi paling tidak hasil karya kolaborasi antara Landscape Indonesia, Telusuri, Kreavi dan Traveller Kaskus ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengenal kekayaan alam Indonesia.

Untuk ulasan buku Merbabu lainnya bisa ditengok di sini :

behind the scene buku merbabu dari foto – foto kan Acep permana juga bisa dinikmati sambil membayangkan perjalanan selama 3 hari 2 malam di gunung Merbabu yang dipenuhi bintang.

Untuk yang ingin mengkoleksi buku Merbabu : Pendakian bertabur bintang masih ada stok kok. Silakan langsung order via wa ke 0856 298 1413.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *