Danau Sentarum akomodasi

Untuk berkeliling Danau Sentarum, jangan mengharapkan untuk menikmati tidur di atas spring bed dan ruangan ber-AC, jangan juga berharap bisa menikmati saluran tv kabel di sini.Semua masih sangat sederhana.. kita bisa memutuskan untuk menggunakan motor bandung sebagai rumah berjalan kita selama perjalanan di Danau Sentarum (ini yang kami rekomendasikan).Kita bisa memasak, mandi, tidur dan juga menghabiskan aktivitas sehari-hari menjelajahi danau – danau yang tersebar.

Kemudiaan malamnya motor bandung kita tambatkan di tepi danau dan kita bermalam di sana.
atau alternatif lain yang kurang menyukai tidur di kapal adalah dengan bermalam di salah satu rumah penduduk di kampung2 yang kita datangi.

Jangan lupa siapkan kelambu (mosquito net) waktu beranjak tidur, karena nyamuk di sini terkenal dengan agresif.. Jangan sampai bangun2 badan Anda bentol2 semua :p

Urusan makan.. kalau anda alergi makan IKAN, atau tidak suka makan IKAN atau tidak tahu yang namanya IKAN perlu sedikit kawatir. Karena hampir setiap hari menu makan utama adalah IKAN :D. Anda bisa membawa perbekalan dari pontianak untuk kemudian kita minta tolong pengemudi dan asisten pengemudi motor bandung untuk mengolahnya. (biasanya) mereka adalah juru masak yang jago.. tapi kalau tidak mau terlalu terbebani dengan perbekalan banyak dari pontianak, kita bisa membeli ikan dari nelayan, atau bahkan memancing sendiri kalau ada waktu luang dan diolah sesuai dengan yang kita inginkan.

Urusan berikutnya..sepele tapi kadang jadi sedikit bermasalah di Danau Sentarum..
jarang ditemukan kakus di rumah penduduk (hanya ada 1 di semangit, di tempat pak Yan)..
adanya cm semacam pondok kayu, nangkring di atas sungai..jadi kalau kita tinggi besar kadang akan kerepotan..apalagi kl kita merasa malu bila melakukan aktivitas ini apabila terlihat oleh orang lain.. bakalan tersiksa..
makanan enak-enak tapi kl mo makan banyak takut tiap kali musti BAB.. hahaha
solusi : kurangi urat rasa malu Anda dan juga jangan terlalu “jijik” (terutama buat orang kota yang jarang bersinggungangan dengan kehidupan masyarakat bawah..sorry..no offense).
karena memang inilah yang dilakukan oleh masyarakat di sana.. so enjoy saja.

Mandi.. tergantung kita..kl memang tujuan kita banyak ke danau dan menggunakan motor bandung, kita bisa berhenti di tempat2 yang airnya jernih, berenang dan mandi di sana.
tapi kalau tujuan kita nanti banyak berkunjung ke kampung-kampung atau menginap di salah satu penduduk, kita hanya bisa mandi di sungai depan rumah..
yg kadang dipakai juga untuk mencuci baju, lalu lalang perahu dan aktivitas sehari2 masyarakat..
so it’s up to you.. kalau memang kulit sensitip.. tidak mandi 1 minggu tidak akan membunuh kita kok 😀 (tapi mungkin menyiksa buat teman2 yang lainnya hauahuahua


>