Exclusive Dinner with Goto Aki

Jumat, 15 Desember 2017 kemarin mendapatkan undangan dari Canon untuk ikut acara Exclusive Dinner with Goto Aki, salah seorang fotografer profesional dari Jepang yang terkenal dengan karya-karya foto landscape dan traveling. Goto Aki juga merupakan salah satu kontributor yang cukup aktif membagikan ilmu dan pengetahuannya di website Snapshot Canon Asia  maupun melalui web pribadinya.

Exclusive Dinner with Goto Aki
Exclusive Dinner with Goto Aki

Acara dimulai dengan makan malam sambil saling berbagi cerita dengan para tamu yang datang yang sebagian besar merupakan fotografer atau yang berhubungan dengan bidang fotografi. Di salah satu meja saya melihat bang Don Hasman, mentor saya dalam hal memotret di alam bebas. Agak susah kalau ingin bertemu dengan bang Don karena aktivitas berkelilingnya masih super duper aktif.

Setelah itu acara perkenalan, yang dipandu oleh mas Yase Defirsa Cory, Marketing Manager of Canon Image Communication Product Div, PT. Datascrip. Mas Yase mengenalkan satu persatu peserta yang hadir, lebih dari 50 orang, dan hapal semua. Salah satu skill mengingat orang yang luar biasa buat saya. Karena salah satu kelemahan saya adalah sering lupa nama kalau berkenalan dengan orang baru, hahahaha

Exclusive Dinner with Goto Aki
Areza Taqwim berbagi pengalaman

Acara sharing pengalaman dari Areza Taqwim yang merupakan salah satu peserta Canon Photomarathon Asia Championship 2017 yang berhasil membawa pulang gelar Asia Champion merupakan acara inti malam ini.

Exclusive Dinner with Goto Aki
Areza Taqwim

Areza Taqwim berbagi pengalaman bagaimana perjuangannya untuk bisa menembus juara umum di Canon Photo Marathon Indonesia sejak tahun 2013. Dimana hampir tiap tahun ikut di tiga kota untuk bisa menembus juara umum. Dan akhirnya tercapai juga ketika menjadi juara umum Canon Photo Marathon Indonesia di Jakarta tahun 2016 dan berhak mendapatkan tiket untuk mengikuti Canon Photomarathon Asia Championship yang diadakan di Jepang.

Beberapa behind the scene seputar Canon Photomarathon Asia Championship yang direkam dalam media video membuat kami memahami kesulitan dan kendala yang dihadapi selama kegiatan. “Kami para peserta tidak tahu kapan waktu untuk memulai perlombaan. Selain itu waktu yang mepet dan lokasi yang tidak kenal juga menjadi tantangan tersendiri. Tema juga baru diberitahukan menjelang lomba dimulai. Dan di Jepang itu terkenal dengan peraturan yang ketat. Jadi kalau foto bagus, tapi melanggar aturan, seperti misalnya diambil di tengah jalan atau rel kereta sudah pasti akan didiskualifikasi” papar Areza.

Foto-foto yang dihasilkan para peserta hanya dikumpulkan satu saja dan pastinya selain foto yang bagus sesuai dengan standar fotogafi, sesuai dengan tema, dan juga harus kreatif.

Exclusive Dinner with Goto Aki
Areza Taqwim dan Goto Aki berbagi cerita

Ada beberapa tahapan dalam lomba Canon Photomarathon Asia Championship kemarin. Ibaraki challange, Tsukui Fish Market challange, Kawasaki Nightscape challange, Sanja Matsuri challange, J league challange dan Event challange. Masing-masing dengan tema yang diumumkan sebelum perlombaan dimulai. Salah satu yang selalu dilakukan oleh Areza sebelum memulai memotret adalah mengamati sekitar. Karena seringkali tempat yang diadakan terbatas tapi yang lomba ada 18 orang. Jadi harus mencari cara supaya foto yang dihasilkan tidak sama dan bisa berbeda dengan peserta yang lainnya.

Exclusive Dinner with Goto Aki
Foto bagus = skill + kreatifitas

Goto Aki, yang merupakan salah satu juri di Canon Photomarathon Asia Championship juga berbagi tips bagaimana bisa memenangkan lomba. Being different. Di suatu lomba yang diikuti banyak orang, kita harus mengahasilkan karya yang berbeda dengan yang lainnya. Foto yang bagus juga biasanya merupakan kombinasi dari penguasaan skill dan kreatifitas.

Exclusive Dinner with Goto Aki
foto bersama | foto credit : canon Indonesia

Acara Exclusive Dinner with Goto Aki kemudian ditutup dengan foto bersama dan tak lupa setelah itu memberikan kenang-kenangan buku Merbabu: Pendakian Bertabur Bintang ke Goto Aki dan bang Don Hasman.

Buku Merbabu dan bang Don Hasman
Buku Merbabu dan bang Don Hasman

Esok harinya rencana akan mengikuti workshop foto Goto Aki, Through Canon Lens – My Journey as a Landscape Photographer. Semoga mendapatkan banyak pembelajaran baru di fotografi landscape.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *