kabutasap - Gara Gara Kabut Asap Kalimantan

Harusnya pesawat kami terbang jam 9 pagi ini, dari Putussibau menuju ke Pontianak. Tapi berhubung kabut asap yang menyelimuti pulau Kalimantan, sampai jam 11 ini kami masih belum tahu kabar beritanya. Tunggu hingga jam 12 nanti untuk kepastian berangkat atau tidaknya. Cilaka kalau batal. Teror kabut asap di Kalimantan memang salah satu momok untuk pejalan yang menggunakan pesawat terbang sebagi moda transportasinya. Bisa bisa rencana perjalanan semula menjadi gagal semua karena jadwal penerbangan yang berubah karena kabut asap di Kalimantan.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 10.35.08 - Gara Gara Kabut Asap Kalimantan
waduh di cancel

“Untuk para penumpang NAM air jurusan Pontianak, penerbangan dibatalkan karena alasan kabut asap yang terlalu tebal” Pengumuman yang ditunggu pun akhirnya kami dengar diumumkan dari pengeras suara di bandara Pangsuma.

Berarti sudah dua hari ini penerbangan dari dan menuju ke Putussibau batal karena alasan kabut asap di Kalimantan.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 10.50.26 - Gara Gara Kabut Asap Kalimantan
mengurus pembatalan tiket

Kami mengurus pengembalian dana tiket dengan mengantri di depan kantor NAM air di bandara. Ternyata kalau pembelian melalui agen travel disarankan langsung ke travel agen masing-masing. Kami yang membeli dari travel agen online traveloka juga disarankan untuk mengurus langsung ke traveloka setelah jam 12 siang. “Nanti dari pihak NAM air akan memberikan konfirmasi ke pihak traveloka pembatalan penerbangan” jawab mas petugas dari balik kaca.

Tapi ternyata tidak semudah itu, karena begitu dicek di aplikasi tidak bisa dilakukan refund dan harus telpon ke CS traveloka. Itupun setelah telpon agak panjang, ternyata belum ada pemberitahuan dari pihak NAM air ke traveloka.

Jadilah kami kembali ke bandara untuk menanyakan perihal pengantian tiket. Ketika tiba di bandara, pesawat berikutnya yang harusnya terbang jam 13 juga mendapatkan pemberitahuan pembatalan penerbangan karena kabut asap. Jadi dua hari berturut-turut Putussibau tidak ada pesawat yang mendarat maupun terbang.

Petugas tetap memberikan jawaban untuk menghubungi traveloka untuk menanyakan refund dana pembatalan penerbangan. Kalau mau dilayani di kantor NAM bisa, tapi butuh proses 1 bulan untuk pengembalian dananya. Alamakkk…

Screenshot 459 - Gara Gara Kabut Asap Kalimantan
perjalanan panjang menanti

Setelah itu kami mencari alternatif transportasi dari Putussibau ke Pontianak. Yang paling memungkinkan hanya dengan jalur darat. Sekitar 574 km jalan yang harus kami tempuh dari Putussibau ke Pontianak. Saya terahkir kalau tidak salah tahun 2014,setelah itu lebih sering dengan moda pesawat karena lebih cepat.

Pilihannya ada dua untuk jalur darat Putussibau – Pontianak, dengan transportasi umum, bus. Atau dengan charter mobil pribadi atau ikut taksi. Karena pertimbangan jadwal berangkat yang lebih flexible kami akhirnya memilih menggunakan charter mobil. Perkiraan 10-12 jam perjalanan yang harus kami tempuh. Bandingkan dengan naik pesawat yang hanya 1 jam perjalanan.

Jalan sudah beraspal bagus. Beda jauh dengan ketika kami melakukan perjalanan di tahun 2014 yang masih banyak jalanan rusak. Saya lebih banyak tertidur sepanjang perjalanan. Walau begitu lumayan capek juga, karena sekarang cukup jarang melakukan perjalanan jauh dengan mobil.

68e41afe 2259 4fad a303 08d09434e7da - Gara Gara Kabut Asap Kalimantan
sepanjang jalan berkabut asap (credit photo : Deasy)

Berhenti beberapa kali untuk meluruskan kaki dan mengurangi kantuk sang supir. Sempat makan malam di Sintang sekitar pukul 7 malam.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 12.59.24 - Gara Gara Kabut Asap Kalimantan
melewati jembatan kapuas dini hari (credit photo : Deasy)

Kami tiba di Pontianak sekitar pukul2 pagi. 13 jam perjalanan darat Putussibau – Pontianak.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 10.50.2a5 - Gara Gara Kabut Asap Kalimantan
pagi berkabut asap di Pontianak

Saya beristirahat sebentar di penginapan, sebelum ke bandara Pontianak untuk mengejar peruntungan pesawat pagi ke Jakarta.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 10.50.25 - Gara Gara Kabut Asap Kalimantan
suasana bandara yang cukup sepi

Tiket pesawat Garuda pukul 7.40 tujuan ke Jakarta sudah di tangan. Pukul setengah tujuh pagi sudah tiba di bandara.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 10.35.081 - Gara Gara Kabut Asap Kalimantan
menunggu ketidakpastian

Tapi hingga sekarang pukul 10.25 masih belum ada kepastian apakah pesawat akan berangkat hari ini ke Jakarta.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 10.35.09a - Gara Gara Kabut Asap Kalimantan
menunggu sembari bikin tulisan

Duh kabut asap…kabut asap.. semakit pekat semakin banyak penerbangan terhambat.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *