gopro panorama 560x416 - Gopro Hero 7 black untuk memotret panorama

Seringkali di Komodo, ketika berada di atas tempat tinggi, kita berhadapan dengan pemandangan alam yang membahana (halah bahasanya). Dari kiri ke kanan, sejauh mata memandang, mata kita akan dimanja dengan pemandangan indah. Bentangan bukit berwarna kuning kecoklatan, karena sekarang masuk musim kemarau, jadi rerumputan menguning. Langit biru bergradasi, biru muda ke biru tua menjadi serasi dengan permukaan laut yang juga berwarna cerah secerah hati kalau habis gajian (hahaha)

Nah walau Gopro Hero 7 black sudah mempunyai fasilitas foto dengan sudut lebar dan super lebar (kalau yang ini tidak bisa menggunakan format RAW). Tapi terkadang masih kurang cukup juga untuk merekam semua keindahan di depan mata yang seperti panggung alam.

Solusinya tentunya dengan menggabungkan beberapa foto menjadi satu. Istilahnya panorama, menjahit beberapa foto menjadi satu. Saya masih sering menggunakan mode ini apalagi semenjak lensa kesayangan canon 16-35 f/4 nya masuk ke bengkel.

betah di komodo 07 - Gopro Hero 7 black untuk memotret panorama
panorama hasil gabungan 3 foto dari gopro

Nah ternyata Gopro Hero 7 black ini cukup bagus juga untuk panorama. Walau memang tidak akan sedetail ketika menggunakan lensa tele canon 70-200 mm yang digabung menjadi panorama ya. Tapi cukuplah untuk bisa menangkap keindahan panorama alam Komodo yang membahana tadi.

Screenshot 318 - Gopro Hero 7 black untuk memotret panorama
file foto sebelum digabung

Prosesnya cukup mudah kok. Kita ambil beberapa foto secara berurutan. Jangan lupa untuk memasukan paling tidak 30% dari frame supaya nanti ketika digabung mudah menemukan posisi penggabungannya.

Kalau ingin lebih detail, bisa mengambil gambar dengan posisi vertikal. Tapi nanti pengambilan foto jadi lebih banyak dibanding ketika dengan posisi horisontal. Tapi gambar panorama yang diambil juga jadi lebih luas.

Proses untuk penggabungan juga sekarang sudah tidak terlalu sulit. Sudah banyak software yang bisa menggabungkan dengan mudah. Adobe Lightroom dan Photoshop jadi salah satu yang sering saya gunakan. Tapi dari microsoft juga punya aplikasi untuk penggabungan foto panorama, Microsoft Image Composite Editor.

Screenshot 320 - Gopro Hero 7 black untuk memotret panorama

Tinggal pilih foto-foto yang akan dibikin panorama, kemudian pencet auto panorama dan biarkan software yang bekerja. Kalau kurang sempurna pengambilan awalnya, kemungkinan tidak akan bisa menjadi foto panorama yang bagus. Jadi diusahkan untuk pengambilan foto paling tidak masih menyangkup sekitar 30% foto sebelumnya.

Screenshot 319 - Gopro Hero 7 black untuk memotret panorama
menggabungkan foto panorama dengan adobe camera raw di adobe bridge

Gampang kan, dan Gopro Hero 7 black sekarang jadi salah satu kamera yang selalu saya bawa di tas slempang. Ringan, kecil dan multifungsi. Tidak saja bagus untuk video, tapi cukup mumpuni untuk pengambilan foto.

Untuk yang berminat mengikuti jurnal Komodo bisa subcribe di chanel youtube https://www.youtube.com/wahyuwidhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *