Di pos 3, kami bermalam di bawah ribuan bintang. Milky way tampak membentang di atas langit menemani malam kami di gunung Merbabu. Setelah seharian memanggul beban ransel di punggung, berbaring sambil melihat bintang di langit terasa damai. Andaikan kita bisa menikmati keindahan gunung tanpa perlu harus bersusah payah berjuang mendaki jalan terjal…  dengan gunung merbabu virtual tour

This content requires HTML5/CSS3, WebGL, or Adobe Flash Player Version 9 or higher.

Foto merupakan panorama 360, silakan diputar ke kiri kanan atas bawah untuk melihat sekeliling. 

Keterangan gunung merbabu virtual tour :
keterangan menu virtual tour

keterangan virtual tour

keterangan-peta-merbabu

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung di Jawa Tengah yang banyak didaki, apalagi ketika menjelang musim liburan atau waktu akhir minggu.
Dengan pemandangan indah sabana yang luas dan deretan gunung Merapi, Sumbing – Sundoro ketika cuaca cerah, tak ayal perjalanan ke gunung Merbabu selalu membawa rindu untuk kembali ke gunung. Belum lagi tebaran bintang di langit yang menemani malam di gunung, bersama teman menghabiskan malam di sekitar tenda.

Idenya dulu berawal dari celoteh seorang teman, Marsono, ketika mendaki gunung Merbabu via Selo. Pada suatu kesempatan Marsono mengeluarkan pertanyaan kepada kami.. “naik gunung apa yang tidak capek ?”. Awalnya kami menjawab dengan sekedarnya.. naik gunung sahari. Tapi ternyata jawaban Marsono membuat kami tergelak. dengan google, ketik gunung Merbabu…

Tapi akhirnya dari sekedar pertanyaan iseng tersebut terbersit menjadi suatu ide. Kenapa ndak bikin virtual tour gunung Merbabu ya? kan belum ada yang bikin. Selain itu baru mulai keranjingan bikin virtual tour dan panorama 360.

Dan gong pun bersambut ketika ada tawaran dari teman-teman untuk menaiki gunung Merbabu melalui jalur Suwanting di Juli 2015 kemarin. Gunung Merbabu jalur Suwanting saat itu merupakan jalur lama yang dibuka kembali sekitar pertengahan tahun 2015. Belum terlalu banyaknya informasi mengenai pendakian gunung merbabu jalur Suwanting merupakan salah satu cambuk untuk membikin gunung merbabu virtual tour.

behind the scene buku merbabu
pengambilan gambar- fotografer: Acep permana

Dengan berbekal peralatan memotret yang cukup rempong, dua kamera dslr, canon 6D dan canon 450D, beberapa lensa, canon 10-22, canon 16-35, canon 70-200, dua tripod dan pano head, perjalanan menaiki gunung merbabu jalur suwanting demi mendokumentasikan ke dalam virtual tour pun dimulai.

merbabu-milkyway
merbabu-milkyway

Beruntung selama 3 hari 2 malam, kami disambut dengan cuaca yang sangat bersahabat. Pagi dan siang dengan langit yang biru dan malam dipenuhi taburan bintang dan milky way membentang dari selepas matahari terbenam hingga menjelang pagi.

Dan sepulang dari perjalanan gunung Merbabu jalur Suwanting tersebut, dokumentasi perjalanan foto ternyata selain menjadi virtual tour gunung merbabu yang sudah terlebih dahulu di upload untuk android juga terbit dalam bentuk buku.

gunung merbabu virtual tour

Aplikasi virtual tour gunung Merbabu untuk smartphone android bisa didownload dari google playstore
https://play.google.com/store/apps/details?id=air.merbabu.virtualtour&hl=en

ulasan buku merbabu
ulasan buku merbabu

Review Buku Merbabu : Pendakian bertabur Bintang bisa dibaca di :
review buku merbabu 1, review buku merbabu 2review buku merbabu 3

Untuk pembelian buku Merbabu bisa langsung pesan melalui :
whatsapp 0856 298 1413, atau email [email protected]

Untuk behind the scene pembuatan virtual tour buku merbabu bisa dicek di :
behind the scene buku merbabu

Semoga Gunung Merbabu Virtual Tour ini bisa menjadi salah satu alternatif sumber informasi perjalanan di gunung Merbabu. Dan harapnya akan muncul lagi virtual tour untuk gunung-gunung lainnya di seluruh Indonesia.

Comments

  1. thanks for sharing guys i love the indonesian landsacpe and mountains !
    I must get over there one day and have a walk around
    like the night time photos you do also very precious planet we must protect !

    1. Hi John
      Thanks for visiting us
      And hope someday you can visit some beautiful Indonesia mountains by yourself and enjoy the starry night over the mountains

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *