Hunting Milky way di kaki Merapi

20 Mei 2015, Bintang bertaburan memenuhi langit malam. Siluet Gunung Merapi tampak gagah di depan sana. Selarik bayang putih menyerupai kabut membentang di depan mata. Bergegas kamera yang sedari tadi terpasang di atas tripod aku jepretkan untuk mengabadikan bentangan milky way. Takjub dan haru, karena akhirnya mimpi panjang untuk merekam bima sakti di atas Gunung Merapi yang sejak 2011 lalu saya coba dapatkan akhirnya terwujud juga.

hunting milkyway 3 - Hunting Milky way di kaki Merapi

Rencana sebenarnya dari beberapa hari lalu, tapi baru dapat kepastian pagi harinya, “Nanti kita hunting milky way bek”, terdengar suara mas Noegroho dari ujung telepon di sana. “Apa yang perlu disiapkan ?” sembari setengah bercanda saya sebutkan mobil jeep mas noeg. “Yup mobil jeep dan motor harley siap dibawa buat properti nanti malam” balas mas Noeg menambah bonus untuk hunting nanti malam. Segera peralatan hunting saya siapkan sehingga tidak terlupa nanti ketika berangkat.

Sekitar pukul 9 malam kami tiba di pasar Selo. Larut malam sehingga semua toko sudah hampir tutup. Hanya satu toko yang masih buka untuk kami sedikit menghangatkan badan sembari mengobrol ringan. Setelah itu kami menyempatkan menjempretkan beberapa frame sembari menunggu salah satu rekan mas Noeg yang sedang dalam perjalanan. Bima sakti sudah terlihat menyilang di atas langit, tapi dari posisi kami saat ini, Gunung Merapi tidak terlihat karena tertutup bangunan dan juga perkebunan.

hunting milkyway 2 - Hunting Milky way di kaki Merapi

Setelah lengkap semua, kembali kami beriringan menyusuri jalan menuju ke arah Ketep Pass. Tidak berapa lama kemudian siluet Gunung Merapi terlihat di antara taburan bintang di langit. Kami putuskan untuk mencari lokasi di tepi jalan yang tidak terlalu jauh aksesnya sehingga bisa memotret sembari memanfaatkan kendaraan kami sebagai foreground nya.

Tak terasa lebih dari 3 jam kami berkutat di tempat yang sama, seakan tidak ada puasnya menjepretkan kamera untuk mengabadikan keindahan malam itu. Saya sendiri karena ada beberapa peralatan baru sehingga lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencobanya. Tidak terlalu banyak eksplorasi komposisi seperti beberapa teman lain yang memanfaatkan indahnya malam itu untuk berpose foto profil di atas motor harley davidson dan mobil jeep wrangler.

hunting milkyway 4 - Hunting Milky way di kaki Merapi

Dan saya beruntung, salah satu foto impian saya akhirnya bisa juga terabadikan. Senang campur haru. Dan kayaknya bakalan saya cetak besar dan pajang di kamar :D.

milky way over merapi bek - Hunting Milky way di kaki Merapi

(klik gambar untuk melihat lebih besar)

Terima kasih untuk Mas Noegroho, mas Philipus dan keluarga, mas Wawan, Agung Kodok dan teman-teman lain yang sudah sudi berbagi waktu untuk mengabadikan indahnya Indonesia di waktu malam


>