Jangan takut akan gelap

“Hai kawan jangan takut, jangan resah
Bila lampu kamar mulai dipadamkan
Ku ‘kan s’lalu menyanyikan lagu ini
Hingga nanti kau tidur bers’limut mimpi”

Masih ada yang ingat lirik lagu ini ?
Lagu anak-anak yang dinyanyikan Tasya waktu masih kecil dengan Duta dan Eros dari Sheila on 7 ini menggambarkan supaya tidak takut ketika gelap datang. Kita mungkin membayangkan gelap dengan ketidaktahuan, ketidakpahaman sehingga membuat kita takut. Gelap juga kita identikan dengan bahaya, karena kita tidak tahu apa yang ada di dalam gelap. Belum lagi dengan banyakan film horor yang senang menakuti kita membuat kita terkadang enggan untuk keluar ketika gelap sudah datang.

Saya dulu orang nya penakut, bahkan saya sering terobsesi dengan beberapa mahluk gaib nan menakutkan kalau berada di tempat gelap, terutama ketika sedang sendirian. Sekarang pun masih penakut, cuma sudah agak cukup lumayan diberani-beranikan :D. Lhah kok bisa seorang penakut hobinya motretin milky way ? sharing foto kemping ceria dimana-mana? Jangan-jangan foto tempelan #eaaaaaa, heran kan ?

Kuncinya sih pertama sadar bahwa yang membuat ketakutan sebenarnya pikiran diri kita sendiri. Apalagi kalau sudah cenderung panik, apa saja yang bergerak di malam hari membuat otak kita mengirimkan pesan bahaya dan membuat kita merasa bahwa ada sesuatu di sana. Padahal mungkin yang bergerak itu cuma sekedar daun tertiup angin, atau ada hewan yang melintas. Tapi karena panik ditambah takut jadinya seperti kita dihantui sesuatu.

Yang kedua adalah tetap tenang, panik tidak akan membuat semua nya menjadi lebih baik, tapi biasanya memperburuk situasi. Coba ambil nafas dan keluarkan secara perlahan.

Yang ketiga percaya bahwa kita selalu ada yang menjaga. Kita bisa berdoa menurut kepercayaan kita masing-masing. Meditasi juga untuk beberapa orang bisa membantu mengatasi perasaan takut di kegelapan.

Berikutnya kita harus memberanikan diri. semakin kita memberanikan diri dalam kegelapan, perlahan-lahan rasa takut kita di kegelapan akan menghilang kok.

Jangan lupa sering-sering keluar malam, bukan keluar malam nongkrong-nongkrong yang gak jelas manfaatnya. Memotret malam ternyata mengasyikan kok. Pemandangan yang biasa kita lihat di siang hari akan terlihat lebih indah dan berbeda di malam hari.

Sekarang pada tahu kenapa setiap ingin hunting milky way saya sering bikin pengumuman hunting bareng kan ? ya biar ada temannya :D. Dengan ada teman kita akan lebih merasa aman dan tidak takut sendirian. Selain itu dengan adanya beberapa teman hunting kalau ada apa-apa seperti kemarin sempat ban bocor di tengah malam ada yang bisa bantu.

ranu kumbolo malam - Jangan takut akan gelap

So kalau ditanya apakah sekarang saya sudah tidak takut gelap ? saya bilang masih tahap pembelajaran 😀
Tapi kecintaan saya dengan pemandangan malam berbintang memang menjadi salah satu motivasi untuk saya supaya tidak takut akan gelap

terima kasih Tasya untuk lagu indahnya

Jangan takut akan gelap…
Kar’na gelap melindungi diri kita dari kelelahan


>