Kamera poket buat milky way an ?

Kamera poket emang bisa buat motret milky way ?
Hmm.. bisa tidak nya tergantung beberapa hal sih. Apakah kamera poket nya punya mode manual yang bisa diseting dengan kecepatan yang rendah dan tentu saja apakah lokasi nya juga memang mendukung untuk bisa mendapatkan milky way.

Dalam perjalanan sisir pantai Gunung kidul kemarin kami sempat mencoba dengan kamera poket canon S95 yang memang masuk ke dalam jajaran kamera poket powershot nya dari canon. Kamera poket ini termasuk cukup mumpuni, bahkan mode penggunaan yang ditanamkan tidak jauh beda dengan kamera dslr. Ada mode manual (M)dan semi manual Tv, Av dan otomatis P. Selain itu shutter speed bisa diatur hingga 15 detik. Dengan bukaan f/2.0 pada FL terlebar 28 mm dan iso mencapai 3200 memang teori nya bisa untuk menangkap cahaya rendah.

Supaya tidak terlalu mengganggu, pada saat pemotretan S95 ini dengan menggunakan cold shoe ditaruh di atas dudukan flash canon 6D. Jadi canon 6D memotret, S95 nya juga memotret. Saya juga menggunakan fasilitas intervalometer dengan update firmware CHDK untuk s95 nya.

Kesulitan yang paling utama adalah masalah focus. Mengandalakan auto focus sudah pasti bakalan cuma ngak-ngik-ngak-ngik ndak bisa menemukan focusnya. Beruntung canon s95 dibekali fasilitas manual focus, yang memang tidak memadahi untuk memotret malam ini. Akhirnya cuma bisa pasrah mematok di focus unlimited yang biasanya memang kurang akurat. Jadinya focus tidak begitu pas pada bintangnya.

Kendala lainnya adalah noise. Dengan sensor kamera yang berukuran mini (7.44 x 5.58 mm) (bandingkan dengan 450D (22.2 x 14.8 mm) dan 6D (36 x 24 mm)) memang tidak mungkin bisa mendapatkan hasil yang bersih dari noise pada iso tinggi. 450D saya saja sudah ampun-ampun dengan iso 1600 apalagi s95 di iso 3200 😀

milky way s95 - Kamera poket buat milky way an ?

Tapi kalau cuma untuk sekedar motret milky way asal jadi sih okelah. Walau yang tertangkap kamera cenderung jadi agak kurang tajam karena noise yang terlalu tinggi.

Dari 111 foto yang sempat direkam dengan canon s95 ini lmyn juga bisa dibikin star trail sama time lapse ala kadarnya 😀

Teman-teman bisa juga mencoba memotret dengan kamera poket yang lainnya. Tapi kendala kamera poket umumnya adalah, tidak adanya setingan manual, shutter speednya terbatas maksimal 1 detik, dan iso tinggi tapi noise yang tinggi pula

Memang kalau mau serius motret milky way memang butuh kamera yang punya kemampuan iso tinggi dan juga lensa wide bukaan lebar.

  • […] pernah mencoba beberapa kali mencoba memotret milky way dengan kamera poket sebelumnya dengan kamera poket canon s95 yang sebenarnya mempunyai keterbatasan hanya bisa digunakan untuk 1 detik ketika memotret manual. […]


  • >