Komodo, dive log day 70 : Manta Dance

komodo-manta

Briefing pagi, Siaba Besar. Salah satu dive spot favorit saya untuk relaksasi. Sekitar pukul 7 pagi Sahril sudah mulai berkeliling membangunkan para tamu. Weekiee weekieeee… Hari ini kita berharap bisa berjumpa lagi dengan manta rays !!

komodo-siaba-besar-penyu
komodo-siaba-besar-penyu

Hanya ada dua tamu yang ikut, Scally dan Matyas, Zoe masih mengantuk, biasa bangun siang hahaha. Kami turun di sandy bottom, tidak begitu jauh dari terumbu karang. Disambut satu penyu yang cukup besar yang sedang sarapan, satunya lagi sedang asyik berkubang di pasir putih, di dasar sekitar 9 meter.

Mendekati terumbu karang, semakin banyak kami berjumpa dengan penyu. Ada yang sedang nangkring di atas karang yang menjorok ke atas.

komodo-siaba-besar-penyu
komodo-siaba-besar-penyu-nangkring

Tak jauh dari sana ada yang sedang asyik leyeh leyeh di karang berbentuk kubis. Tak jauh dari sana dua ekor penyu melayang menuju permukaan, menghirup udara untuk kemudian kembali ke dasar laut.

komodo-siaba-besar-penyu
komodo-siaba-besar-schooling-fish

Berbeda dengan biasanya, pagi ini banyak scooling trevally di sekitar Siaba Besar. Bergerak memutar membentuk jaring. Satu baracuda yang berukur lumayan besar juga terlihat tak jauh dari sana, diam mengintai mencari mangsa yang lengah.

Resikonya membawa kamera dengan lokasi visibility kurang begitu bagus seperti ini ya tertinggal dari rombongan. Begitu kelar memotret dan menengok ke belakang sudah tidak terlihat gelembung udara teman-teman lainnya. Bergegas menyusul dan bertemu gelembung udara di kejauhan, begitu mendekat ternyata rombongan diver lain hahahah.. nasib.

Ya sudah, berkeliling sebentar, memotret beberapa ikan yang hilir mudik dan penyu yang malas malasan, kemudian setelah 60 menit naik ke atas dan dijemput Budi dan Dandy di perahu

komodo-mawan
komodo-mawan-soft-coral

Dive kedua di Mawan, atau biasa juga disebut manta point kedua. Karena biasanya bertemu dengan manta di sekitar clenaning stationnya. Tapi kali ini kami kurang beruntung. Setelah berkeliling hanya berjumpa dengan beberapa ekor hiu black tip reef.

komodo-mawan
komodo-mawan-parrot-fish

Tidak ada manta, mungkin karena banyak kapal yang lalu lalang di atas kami, mengantar para penyelam, sehingga manta enggan berkeliaran.

Dive ketiga, sekitar pukul tiga sore di manta point. Sebelum berangkat kami mempraktekan tarian memanggil manta, manta manta come come, manta manta come come di atas perahu.

komodo-manta
komodo-manta-dance

Begitu turun, tidak terlalu berarus, bahkan cenderung kami harus mengayuh kaki untuk bergerak melewati bukit dah lembah rubble coral khas Makassar Reef.

komodo-manta
komodo-manta-dance-underwater

Di dalam air, Matyas dan Zoe mempraktekan ulang tarian memanggil manta. 20 menit dan belum terlihat tanda tanda manta ray di sekitar kami. Beberapa titan trigger fish tampak sibuk mengunyah makanan. Unicorn fish juga tampak lalu lalang di sekitar kami.

D ikejauhan samar terlihat kepak sayap putih cukup besar, beberapa kali bang bang, suara pointer beradu dengan tangki saya gunakan untuk memanggil teman-teman yang lain yang sudah di depan. Tapi sepertinya mereka berfokus di lain tempat. Jadi saya berbalik arah, melawan arus yang untung tidak terlalu kencang untuk mendekat ke arah manta rays.

Satu manta ray oceanic berukuran sekitar 3 meter sepertinya sedang menikmati sesi cleaning. Diam di satu tempat dan beberapa kali mengepakan sayapnya untuk melewan arus. Sesekali berputar di atas batu karang kecil.

komodo-manta
komodo-manta-close

Tak lama kemudian Sahril dan rombongan menyusul, segera mengambil posisi tidak jauh dari manta ray yang sedang berputar. Kami mengambil posisi rendah, mengeluarkan udara dari BCD dan mencoba berpegangan pada pecahan batuan karang di bawah kami.

Sesekali manta rays mendekat ketika berputar, sepertinya penasaran dengan kehadiran kami. Beradu mata kemudian bergerak memutar kembali.

Ketika tidak sengaja menengok ke belakang, black manta tampak berenang perlahan di belakang kami, diikuti tak lama kemudian dua manta rays lainnya menyusul.

komodo-manta
komodo-manta-oceanic

Setelah sekitar 8 menit, manta pun bergerak menjauh, kami mengucap salam perpisahan dan segera bergerak kembali mengikuti arus.

komodo-manta
komodo-meet-manta

Tak lama kemudian, satu manta terlihat di depan kami, kami segera mengeluarkan udara dan bergerak turun, membiarkan manta lewat di atas kami dan bergerak menjauh.

Hari yang indah untuk diving di Komodo.


>