komodo77.mp4 snapshot 00.01 - Komodo Dive Log Day 77 : Open Water Course

Memang bisa ya di Komodo baru belajar Open Water gitu ? Kan Komodo terkenal arusnya kencang, trus gimana cara belajarnya ? Itu memang yang beberapa kali menjadi pertanyaan beberapa teman tentang mengambil sertifikat Open Water di Komodo. Tapi ternyata bisa kok belajar Open Water di Komodo. Tentunya ada beberapa tips nya sih, biar perjalanan ke Komodo bisa sekalian menikmati keindahan bawah airnya kan.

Untuk mengambil kursus PADI Open Water di Komodo sebenarnya bisa di beberapa dive center yang banyak kita jumpai di sepanjang jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo. Atau kalau pengen sekalian ngerasain LOB sambil belajar open water bisa kontak saya langsung hihihihi..

padi-open-water-komodo
sesi teori di depan kapal | credit photo : @akangilo

Selain itu perlu waktu beberapa hari untuk menyelesaikan kursus PADI Open Water ya. Karena untuk bisa mengantongi sertifikat PADI Open Water memang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Knowledge Development berupa teori 5 module yang kita pelajari dari video, knowledger review dan quiz. Setelah itu juga harus bisa lulus final exam dengan nilai minimal 75%. Luangkan waktu paling tidak satu hari untuk menyelesaikan urusan teori ini.

Setelah itu kita harus menguasai skill skill dasar di sesi confined water. Nah enaknya di Komodo kalau dengan LOB untuk sesi confined water ini tidak harus hanya di kolam renang lho. Kita bisa mencari tempat-tempat dengan kondisi menyerupai kolam. Ada banyak kok, misalnya di sekitar pulau Kambing, di sekitar Siaba Besar, dan beberapa tempat lain. Ini juga paling tidak butuh waktu sekitar satu hari supaya lebih flexible waktunya.

padi-open-water-komodo-04
belajar memasang alat | credit photo : @akangilo

Setelah dirasa menguasai dan nyaman dengan skill skill dasar, saatnya untuk turun ke laut. Padahal di confined water tadi juga sudah di laut sih, tapi memang kondisinya lebih tenang. Kalau di Open Water ini terkadang kita bertemu arus, atau visibility yang terbatas.

padi-open-water-komodo-01
membahas knowledge review | credit photo : @akangilo

Ada 4 kali open water yang harus kita selesaikan, dengan jadwal 2 open water setiap hari, jadi paling tidak 2 hari untuk menyelesaikan 4 open water.

padi-open-water-komodo-05
briefing untuk diving | credit photo : @akangilo

Di open water ini kita mengulang beberapa skill yang kita pelajari di sesi confined water. Selebihnya banyak mengekplorasi sekitar dive spot sekalian mempraktekan skill skill yang kita pelajari sebelumnya.

So jadi kapan kalian semua mulai menyelam dan mengambil kursus open water ? Mumpung masih belum sebanyak orang diving dibanding yang naik ke gunung lho hehehe..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *