komodo day69 01 - Komodo hari ke 69 : Manjerite

Dive trip kali ini saya menemani 3 orang tamu dari Hungaria, satu keluarga, Monfils. Csilla dengan dua anaknya, Matyas dan Zoe. Mereka masih open water jadi kami nanti akan carikan dive spot yang cukup “bersahabat” dengan mereka. Manjerite jadi pilihan untuk check dive kali ini.

komodo day69 01 1024x576 - Komodo hari ke 69 : Manjerite

Check dive hari ini dilakukan di sekitar pulau Manjarite, sekitar 1 jam perjalanan dari Labuan Bajo dengan kapal Lalunia. Sekitar pukul 12 siang.

Seperti daerah daerah lain disekitaran pulau Manjarite, jarak pandang kurang begitu bagus, ya mirip miriplah sama di pulau seribu hahaha. Kami bersiap di atas perahu yang membawa mendekati sekitar pantai.

komodo day69 02 1024x576 - Komodo hari ke 69 : Manjerite

Aba-aba dari Sahril memulai kami untuk segera bersiap memasang regulator dan turun dengan cara backroll. Begitu di bawah air, Zoe dan Csilla agak kesulitan untuk turun, tapi tak lama kemudian sudah mulai beradaptasi dan mengikuti kami turun di kedalaman sekitar 9 meter.

komodo day69 03 1024x576 - Komodo hari ke 69 : Manjerite

Saya agak kesulitan ekualisasi, terutama di daerah telinga, karena agak flu. Tapi untung dengan sedikit bersabar bisa equalize dan turun ke kedalaman sekitar 15 meter.

Beberapa ikan pari bintik biru tampak melintas dengan cepat begitu kami dekati. Seekor ikan puffer yang cukup besar, berdiam di dasar, seakan tidak terganggu dengan kehadiran kami.

Lion fish kecil juga tampak berlindung di balik batu karang ketika kami lewat. Mencoba bersembunyi, tapi tetap saja ketahuan hahaha.

Seekor penyu hijau melintas menjauh dari kami, menghilang dari pandangan karena visibility yang terbatas.

komodo day69 05 1024x576 - Komodo hari ke 69 : Manjerite

Zoe yang sudah mulai beradaptasi terlihat bermain dengan gravitasi, melayang, memutar tubuhnya dan kembali menyusul kakak dan ibunya.

komodo day69 04 1024x576 - Komodo hari ke 69 : Manjerite

Matyas juga terlihat bersila, memegang fin dan mempraktekan bouyancynya.

Tak berapa lama, Zoe yang dibelakang mengambil gerakan menukik mendadak, tangannya meraih sesuatu didasar yang berpasir. Dan tak lama kemudian mengacungkan sesuatu.

komodo day69 09 1024x576 - Komodo hari ke 69 : Manjerite

Matyas bergegas menyusul dan keduanya seperti kegirangan di dalam air. Begitu mendekat terlihat gopro, dengan frame dan tripodnya, berselubung karang. Ternyata zoe menemukan gopro, mungkin dari yang snorkeling, tapi entah dari kapan, soalnya sudah berselubung karang.

Di bagian lcd juga terlihat air, sepertinya sudah cukup lama tertinggal di bawah. Tapi nanti kami cek begitu sampai kapal. Siapa tahu zoe beruntung dan masih bisa terselamatkan gopro nya.

komodo day69 10 1024x576 - Komodo hari ke 69 : Manjerite

Seekor penyu hijau tampak diam di balik karang ketika kami berempat mendekatinya. MOnfils family dari depan penyu dan saya dari samping. Si penyu hijau sempat agak kebingungan antara pura pura diam atau kabur. Akhirnya si penyu menggerakan tubuhnya, dan berenang menjauh dengan perlahan. Mengepakan kakinya, seperti burung terbang meninggalkan sarang.

komodo day69 07 1024x576 - Komodo hari ke 69 : Manjerite

Sekitar 37 menit kemudian, check dive hari ini berakhir, karena zoe tiba tiba melayang begitu berada di kedalaman 3 meter. Mungkin masih kurang bisa mengontrol bcd yang tiba tiba menjadi positif karena tekanan air yang berkurang di tempat dangkal.

Hari yang indah untuk kembali menikmati keindahan bawah laut, setelah beberapa hari kemarin diisi dengan kegiatan di darat. Semoga besok kami beruntung bisa bertemu banyak manta rays di manta points. Finger Cross

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *