Sore kemarin di salah satu sudut Cikini terlihat beberapa orang yang berkumpul. Utomo Widiyasa, salah satu dedengkot DCImaji dan juga pakar 360, berada di depan sedang membagikan ilmunya seputaran 360 di event Launching Theta V di Jakarta 

launching theta v di jakarta-
sharing Utomo tentang 360

Saya datang agak terlambat karena tadi sempat keblablasan tidur siang hehehe.. mengambil posisi di depan supaya bisa melihat langsung produk 360 terbaru dari Ricoh, Theta V.

launching theta v di jakarta-
Theta V dan Theta S

Saya sejak 2016 kemarin selalu membawa Theta S ketika melakukan perjalanan. Dokumentasi 360 baik foto maupun video dalam kantong, karena ukuran Theta yang cukup ramping sehingga muat ketika dimasukan ke dalam kantong baju. Design yang simpel ini menjadikan Ricoh Theta V dianugerahi Good Design Award 2017 (best 100) di Jepang.

Sempat mendapatkan informasi mengenai rilis terbaru Theta V dari beberapa review web, tapi pastinya bakalan lebih menarik kalau bisa mencoba sendiri kan ya. Jadi ketika dapat informasi launching Theta V di Jakarta  ya harus ikut donk.

Theta V dibanderol dengan spesifikasi yang hampir mirip, 14 mp kamera dengan 2 lensa f/2. Bentuknya pun tidak jauh berbeda. Tapi Theta V sudah bisa digunakan untuk video kualitas 4K, sedangkan Theta s masih sebatas full HD.

launching theta v di jakarta- launching theta v di jakarta-

Dengan processor qualcomm snapdragon, Theta V memiliki banyak perbaikan dibanding seri sebelumnya. Kecepatan pemoresesan gambar, kecepatan transfer wireless, dan juga penghematan daya energi yang digunakan.

launching theta v di jakarta
Theta V dan audio external
launching theta v di jakarta
audio tehnica dengan foam

launching theta v di jakarta-

Audio juga mengalami upgrade dari sekedar mono microfon menjadi 4x internal microfon yang bisa menghasilkan 3D 360spasial audio. Bahkan kalau dirasa masih kurang, ricoh bekerja sama dengan audio tehnica memproduksi eksternal microfon supaya suara yang direkam lebih bagus.

Hasil foto sepertinya tidak jauh berbeda, karena resolusi dan juga lensa yang tidak berbeda jauh. Obyek yang dekat dengan Theta terlihat tetap tajam, tapi semakin jauh semakin berkurang ketajamannya. Mungkin juga pengaruh bukaan lensa yang fix f/2.0

Yang paling berasa berbeda memang di video. Dengan kualitas 4k, dua kali dibanding Theta s, membuat hasil video terlihat lebih tajam. Bahkan sekarang juga bisa live streaming 4k lho, tapi kendala utama sih di koneksi internet yang harus super duper cepat 😀

Video juga bisa menggunakan iso tinggi 3200 dan 6400, walau dengan hasil kualitas yang berkurang dibanding menggunakan iso rendah. Tapi untuk foto cuma bisa di iso 1600. Tapi pengalaman dengan Theta s sebelumnya, kalau tidak terpaksa sama sekali jarag menggunakan iso 1600, mentok di iso 1000 supaya tidak terlalu banyak noise yang ditimbulkan.

Shutter speed juga mengalami kenaikan, dari data yang saya dapatkan bahkan bisa sampai 1/25000 dan paling lambat 60 detik.

Yang saya rasakan perubahan besar pada saat transfer dari kamera ke handphone. Kalau yang versi sebelumnya harus menunggu cukup lama, yang versi terbaru ini dengan tanpa perlu menunggu lama langsung terkirim.

launching theta v di jakarta

O iya, menurut Utomo, ketika berkesempatan untuk mencoba Theta V di jepang, Theta V sudah dilengkapi dengan gyro sensor. Jadi ketika menggunakan tongsis untuk pengambilan video masih cukup stabil. Kalau Theta S sih, sudah pasti bakalan keliatan naik turun.

launching theta v di jakarta-

Dan yang menyukai time lapse, kabar baiknya, Theta V internval shootingnya bisa minimal 4 detik, dibanding Theta S yang minimal 8 detik.

Memory sayangnya masih internal, tidak external, jadi ya tiap kali digunakan musti sering-sering dipindah ke harddisk. Tapi untuk Theta V sudah menggunakan memory internal 19GB kok, cukup lega dibanding Theta yang hanya 8GB.

launching theta v di jakarta-
casing underwater theta

Yang menarik lagi, tersedia casing waterproof yang bisa digunakan untuk kedalaman 30 meter. Walau ketika saya tanyakan tenyata masih pre order hingga sekitar januari atau februari nanti, itupun masih belum tahu berapa banderol harganya. Padahal sudah pengen mencoba digunakan untuk diving euy.

launching theta v di jakarta-

This content requires HTML5/CSS3, WebGL, or Adobe Flash Player Version 9 or higher.

Untuk pemesanan masih pre order, dan dibanderol dengan harga 6,650 jt di Bli Bli. Coba kalau ada promosi trade in di launching Theta V di Jakarta ini pasti bakalan menarik ya 😀

launching theta v di jakarta-

Untuk informasi lebih banyak lagi mengenai Theta V bisa menghubungi Glenn Ivander, marketing komunikasi PT Aneka Warna Indah bia email [email protected]

Beberapa poin penting dari Theta V dibanding theta S

  • 14 mega pixel foto (sama dengan theta s)
  • 4k video dan live streaming (full HD di theta s)
  • 360 audio spasial (mono di theta s)
  • main processor snapdragon  (Fujitsu MB91696AM di theta s)
  • high speed read out image sensor (lebih cepat dibanding theta s)
  • 1/25000 second shutter speed (1/6400 second di theta s)
  • Video Iso 3200 / 6400 (1600  di theta s)
  • gyro image sensor (tidak ada  di theta s)
  • interval shooting minimal 4 detik (minimal 8 detik di theta s)
  • casing waterproof bisa sampai 30 m (mudah-mudahan juga bisa digunakan di theta s )

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *