Dalam beberapa kali perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, saya sering harus termehek mehek diantara tumpukan barang dan manusia, sembari terkantuk kantuk, ditemani ceramah dari guru besar mr Anthony Robert mengenai pentingnya belajar dari yang terbaik yang mengalun melalui earphone mungil yang tertempel di kuping. Dan tanpa sadar saya akhirnya juga mulai mencoba untuk belajar dari yang terbaik.

Awalnya dimulai dari terpana melihat beberapa foto dengan logo Yadi Yasin berwarna oranye di pojokan. Foto foto alam yang menggambarkan keindahannya dengan cara yang tidak biasa. Saya seperti tersihir melihat begitu indahnya foto yang bisa dihasilkan oleh seorang master. Ada semacam daya tarik yang begitu kuat yang bisa mengarahkan pandangan mata saya untuk menjelajah setiap detail foto pemandangan yang membuat seakan saya berada disana.

foto bareng om Yadi Yasin euy

Setelah itu artikel mengenai 14 poin yang ditulis om Yadi Yasin dalam pemotretan landscape yang pernah di bahas di forum FN pun menjadi semacam bacaan rutin yang kemudian akhirnya saya ketik dan masukan dalam NOTES di handphone sehingga kapan pun juga saya bisa sempatkan untuk membaca ulang. 14 poin yang bisa membuat foto landscape yang biasa menjadi RUAR BIASA.

Belum lagi bahasan mengenai hiperfocal yang (sampai sekarang pun) belum bisa saya pahami sepenuhnya, semakin membuka wawasan bahwa memotret landscape bukan hanya sekedar”be there” saja. Tapi ada beberapa hal yang memang bisa kita persiapkan sehingga foto landscape nanti akan menjadi seperti apa yang kita harapkan.

Kemudian dimulailah perkenalan dengan beberapa gear dasar dan filter yang bisa membantu memperoleh gambar gambar landscape yang bagus tanpa perlu banyak melakukan olah digital.

filter dasar seperti CPL menjadi salah satu peralatan utama yang bisa berpengaruh cukup besar terhadap hasil foto yang kita ambil. Selain bisa meningkatkan saturasi dan membirukan langit sehingga awan menjadi lebih kuat, juga mampu menghilangkan refleksi baik pada permukaan air, kaca maupun akibat pantulan sinar matahari terhadap permukaan suatu benda.

Filter berikutnya yang disarankan adalah filter GND. Yang bisa mengurangi perbedaan exposure yang cukup besar antara background dengan foreground. Dengan demikian kita bisa mendapatkan foto dengan beda range dinamik yang cukup besar. Selain itu tentunya juga akan mengurangi waktu post processing nya.

Semua ilmu tersebut saya dapatkan melalui kontak via message di forum FN. Beberapa kali saya menanyakan mengenai foto landscape dan dibalas oleh om YY dengan informasi yang cukup padat sehingga saya malah mendapat dobel informasi.

Di awal dulu juga saya sering mencoba menganalisa bagaimana foto foto om YY bisa menjadi sebagus itu. Saya bahkan menyempatkan mem-print beberapa foto (walau dengan setingan draft supaya menghemat tinta, maklum anak kost :D) supaya bisa lebih leluasa merekonstruksi cara pembuatan foto itu.

Dan kemarin akhirnya berkesempatan juga bertemu darat dengan om YY di event Conceptual Landscape yang diadakan oleh Candranaya. Dimana di sana om YY pun dengan senang hati membagikan ilmunya untuk bisa menghasilkan foto landscape yang ciamik

Mulai dari simple konsep yang akan membantu mindset kita dalam menentukan beberapa elemen dasar foto landscape. Mindset tersebut antara lain :

  • Komposisi
  • Framing
  • Long exposure
  • Low angel / high angel
  • Moment
  • Detail
  • Strong Foreground

Apalagi di akhir acara diinfokan mengenai event Premium Mentoring Series, dimana 1 mentor akan mendampingi 5 peserta. Terbayang manfaat yang bisa kita dapatkan kalau beruntung bisa mengikuti event tersebut. Ahh.. seadainya uang bisa didapat setiap kali saya menekan tombol shutter kamera kesayangan mungkin saya tidak akan ragu untuk mendaftar saat itu juga.

(Semoga tulisan ini dibaca salah satu mentor jadi mungkin bisa mendapatkan diskon khusus hahahahah)

Sekali lagi terima kasih atas semua ilmunya om Yadi Yasin !!

Semoga nanti saya bisa mendapatkan kesempatan untuk hunting landscape bareng sang maestro, Yadi Yasin !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *