Landscape Indonesia

Jawa

A little piece of BROMO

 a little peace of Bromo

Bromo, salah satu tempat yang terlalu indah untuk tidak dikenang. Terutama buat yang menyukai keindahan pemandangan alam ciptaan sang Khalik. Bentangan pegunungan tengger berada di depan mata, tidak perlu terlalu jauh melangkah dari rumah tempat kita menginap di desa Cemoro Lawang. Hanya tinggal membuka jendela, atau melangkahkan kaki ke luar pintu dan pemandangan indah itupun sudah bisa kita nikmati. Menuju ke desa Cemoro Lawang juga tidak terlalu sulit, karena sarana transportasi yang sudah cukup lumayan. Jalan raya yang menghubungkan Purbolinggo menuju Bromo merupakan jalan aspal hotmix akan mengantar kita hingga sampai ke depan penginapan.

Melewatkan Malam di Gunung Purba Nglanggeran

melewatkan malam di gunung purba Nglanggeran

Malam semakin larut, tak terlihat tanda tanda bintang di langit, tertutup awan gelap yang berarak. Rembulan pun terkadang muncul dan sesaat kemudian sudah kembali hilang tertelan mendung. Kami kurang beruntung bila memang niat kami hanya untuk mengabadikan malam berbintang. Tapi kami sudah cukup terbiasa dengan alam yang terkadang bersahabat dan sering juga enggan menampakan keindahnnya. Jadi kami pun mengalihkan skenario memotret malam berbintang menjadi memotret tenda dengan berlatar belakang lampu kota Jogjakarta. Bahkan salah seorang rekan kami mempunyai skenario yang lebih sederhana lagi.. pindah tidur dari kost nya ke lereng gunung purba Nglanggeran ini :D.

Malam berbintang berlatar Gunung Merapi

Merapi bertabur bintang

Sabtu, 25 Agustus 2012 kemarin saya ada janji untuk hunting foto malam berbintang dengan mas Noegroho, salah satu senior sma saya. Mas Noeg sudah cukup malang melintang di dunia foto memfoto dan bisa dibilang bertingkat-tingkat ilmunya dibanding dengan saya yang baru "bau kencur" ini. "Yuk kita bikin foto malam kayak foto di National Georgaphic ini" sembari menunjukan salah satu foto malam berbintang hasil karya Ben Canales, salah seorang pemenang Traveler Photo Contest 2011.

Rencana awal di sekitaran candi Ratu Boko, tapi dengan pertimbangan karena menurut teman sekarang untuk masuk ke kawasan candi Ratu Boko apabila membawa kamera kena charge yang cukup besar (minta tolong diinformasikan benar ndak nya ya ?) dan selain itu pertimbangan polusi cahaya yang ada di sekitar prambanan yang mungkin cukup besar. Alternatif berikutnya adalah ke daerah Kinahrejo, Lereng Merapi, dimana 2 minggu lalu sebenernya kami juga berencana untuk mengabadikan lintasan meteor Perseid tapi tidak jadi dan akhirnya malah nongkrong di gumuk pasir Parangtritis.

Situ Patenggang, Ciwidey

pagi di situ patenggang

Sabtu pagi, 14 Juli 2012 kemarin saya mendapat tawaran untuk membantu dokumentasi kegiataan sepeda santai tempat kerja teman. Lokasi kumpul dan awal kegiatan akan dimulai dari Situ Patenggang, Ciwidey, Bandung.

Berangkat dari Jakarta jumat malam dengan pertimbangan masih cukup waktu untuk beristirahat sejenak karena rencana kegiatan akan dimulai sekitar pukul 7 - 8 pagi. Kalau berangkat subuh dari Jakarta takutnya malah kondisi kurang fit, atau siapa tahu ada halangan di jalan entah macet atau apa sehingga kurang maksimal.

Mengejar Mimpi Menjelajah Ujung Barat Pulau Jawa - 3

Bagian Pertama | Bagian Kedua

Bagian terahkir dari perjalanan mewujudkan mimpi mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon

Tak terasa malam pun tiba. Karena lokasi tertutup oleh banyaknya pohon yang rindang sehingga kondisi cepat menjadi gelap. Kombinasi badan capek, perut kenyang dan bunyi musik alam dari beberapa serangga ternyata ramuan yang tepat sehingga kami semua tidur lelap sekali malam itu. Sesekali saya terbangun karena masih mencoba beradaptasi berada di lingkungan baru yang tenang, tapi tak lama kemudian kembali terlelap. Kami beruntung malam itu tidak hujan sehingga tidur panjang kami tidak terganggu.

pagi yang indah di ujung kulon

Pagi hari nya saya terbangun dalam rengkuhan kedamaian di tengah hutan. Kabut tipis masih terlihat mengambang di atas sungai kecil dekat camp kami. Gemericik bunyai sungai terdengan pelan mengalir diantara bebatuan. Tubuh seakan malas mengikuti keinginan untuk beranjak dari peraduan bak hotel berbintang ini. Beberapa rekan terlihat sudah mulai beraktivitas pagi. Ada yang bersantai santai di dekat perapian, ada juga yang sudah mandi di sungai. Saya sendiri memilih untuk bersantai santai terlebih dahulu sembari mencoba menikmati suasana pagi di sekitar kemah.

Mengejar Mimpi Menjelajah Ujung Barat Pulau Jawa - 2

Lanjutan dari tulisan pertama, Mengejar Mimpi Menjelajah Ujung Barat Pulau Jawa - 1

Dermaga Cidaon

Dari pulau peucang kita bisa menjelajah beberapa lokasi yang letaknya tidak terlalu jauh. Cidaon bisa dicapai sekitar 10 - 15 menit dengan boat.

kawanan banteng sedang merumput di Cidaon

Di lokasi ini apabila kita beruntung, kita bisa melihat kawanan banteng yang sedang merumput. Tapi jangan berisik ketika dalam perjalanan menuju ke padang rumput karena bantengnya akan pergi menjauh bila terasa terganggu dengan kedatangan manusia.

Kita juga bisa menuju daerah Cibom dengan perahu. Dari Cibom nanti bisa dilanjutkan dengan perjalanan menembus hutan menuju ke pantai Ciramea. Pantai ini merupakan salah satu pantai tempat bertelur penyu.

Update via Email

Dapatkan informasi terbaru seputar update website, event hunting dan traveling, ebook terbaru
GRATIS melalui email Anda

silakan masukan alamat email Anda :


*kerahasiaan data Anda akan terjaga dan hanya digunakan untuk informasi update