Sunrise di punthuk setumbu

“Ke Borobudur yuk” ajak salah seorang teman yang saat ini sedang berlibur ke Jogja. Gayung bersambut, malah dapat kompor dari ibu Soes, salah seorang rekan di Jogja untuk berangkat pagi. Rencana awal kami akan berangkat dari Jogja sekitar pukul 5 pagi sehingga bisa tiba di Borobudur sekitar pukul 6 pagi. Karena Borobudur buka pukul 6 pagi, dan perkiraan kalau sudah siang bakalan panas membara ketika menjelajahi dinding dinding Borobudur. “Kenapa ndak sekalian berangkat puku; 3.30 pagi, nanti bisa lihat sunrise di Punthuk Setumbu, baru setelah itu turun ke Borobudur.

Ajakan yang tidak bisa ditolak, tapi karena mengingat beberapa teman mempunyai problem susah bangun pagi, sehingga usulan ibu Soes tadi kemudian dilempar dulu ke teman-teman lainnya. Dan tidak disangka ternyata semua setuju untuk berangkat jam 3.30 pagi. Walau beberapa terlihat enggan untuk bangun sepagi itu.

Dan pukul 4 pagi esoknya kami sudah keluar dari Jogja menggunakan menembus gelapnya jalan menuju Magelang. Malam sebelumnya kami sudah mengontak mas Anis, salah seorang guide untuk bertemu di parkiran Borobudur. Mas Anis nanti akan mengantar kami hingga ke parkiran Punthuk Setumbu karena dari kami hanya Ibu Soes yang pernah ke sana dan tidak begitu hapal jalan ke sana. Perjalanan terasa cepat karena yang saya ingat di jalan Magelang dan selepas itu sudah sampai di depan parkiran Borobudur.

Di sana kami bertemu mas Anis dan diantar menuju parkiran mobil. Parkiran mobil saat itu sudah cukup ramai, kami masih beruntung bisa mendapatkan tempat. Di sana juga terdapat pintu masuk dan kita harus membeli tiket masuk di sini. Perjalanan menuju ke punthuk setumbu sudah cukup bagus, di beberapa tempat sudah ada tangga dari semen. Dan juga ada pegangan dari bambu di beberapa tanjakan. Jalan menuju ke atas tidak terlalu curam, dan sudah tertata rapi.

IMG 5259 1 - Sunrise di punthuk setumbu

sunrise di punthuk setumbu

Sekitar 15 menit kemudian kami sudah sampai ke tanah lapang yang sudah banyak diisi oleh pengunjung. Tidak saja dari Indonesia tapi ada beberapa pengunjung dari Eropa dan Jepang yang sudah terlihat menjepretkan kameranya mengabadikan sunrise di punthuk setumbu. Langit sudah cukup terang, tapi bulatan sempurna mentari terlihat masih belum muncul. Masih ada waktu untuk menyiapkan peralatan untuk memotret sunrise di Punthuk Setumbu.

punthuk setumbu 2 - Sunrise di punthuk setumbu

siluet borobudur dari punthuk setumbu

Salah satu daya tarik di Punthuk Setumbu adalah siluet Candi Borobudur yang seperti berada di atas awan. Awalnya sempat kebingungan mencari cari di mana lokasinya, karena memang seupil besarnya kalau di foto. Memang perlu lensa tele apabila berniat mengabadikan borodubur nya. Karena saat itu hanya sempat membawa lensa paling panjang 24-105 mm ya apa daya cuma bisa dapat kecil Borobudurnya. Selain itu datang lebih pagi supaya bisa memilih tempat strategis.

IMG 5399 3 - Sunrise di punthuk setumbu

memburu sunrise di punthuk setumbu

Hawa di Punthuk Setumbu tidak terlalu dingin jadi cukup membawa baju hangat atau jaket saja sudah cukup. Jangan lupa membawa makanan ringan buat ganjal perut selama menunggu matahari terbit.

punthuk setumbu 1 - Sunrise di punthuk setumbu

mentari di balik bayang pohon

Tips :

  1. Bawa lensa tele dan wide. Lensa tele untuk mengabadikan siluet borobudur yang biasanya kalau pagi berselimut kabut. Lensa wide untuk mengabadikan suasana pagi dan sunrise di punthuk setumbu secara keseluruhan dengan latar belakang gunung Merapi dan gunung Merbabu.
  2. Tripod dan cable rilis juga merupakan peralatan yang perlu dibawa untuk memastikan foto yang kita hasilkan bisa tajam. Tripod dibutuhkan apabila kita ingin mengabadikan pagi sebelum mentari terbit karena pencahayaan yang masih redup.
  3. Tempat sampah sudah tersedia, mohon buang sampah di tempat yang sudah disediakan.

 


>