Memotret ketika hujan ? siapa takut

November Kemping Ceria nanti kemungkinan akan dihiasi dengan hujan yang menemani kita ketika berkemah. Wah berarti ndak bisa motret landscape donk, kan alamnya kurang bagus kalau pas hujan. Selain itu takut kalau nanti kameranya rusak ketika kena hujan.

Memang sih kendala utama ketika hendak memotret ketika hujan adalah bagaimana supaya peralatan kita tetap aman pada saat dipakai memotret dan pada saat penyimpanan.

Selain itu pada saat musim hujan kecenderungan langit seringkali dihiasi mendung berwarna abu-abu dan tidak jarang kita sulit menjumpai sunrise maupun sunset karena terhalang mendung.

1. Mengamankan kamera ketika musim hujan

Kamera dan air memang tidak akan cocok. Jadi kita harus melindungi kamera kita ketika memotret pada saat hujan. Ada beberapa alternatif yang bisa kita pergunakan. Apabila hujan tidak terlalu deras kita bisa menggunakan mantol hujan yang berbentuk batman untuk melindungi tubuh kita dan kamera kita dari percikan air. Kita juga bisa membeli atau membuat sendiri mantol hujan untuk kamera kita.

Di pasaran ada beberapa merk mantol hujan yang bisa kita beli untuk melindungi kamera. Mulai dari yang bentuknya cuma seperti plastik bening untuk menutupi kamera sampai yang mentutupi bodi kamera secara tertutup. Untungnya beberapa kamera keluaran terbaru ada yang sudah mempunyai tehnologi water resistant sehingga bisa kita pergunakan untuk memotret ketika hujan tidak terlalu deras.

Payung juga bisa kita pergunakan ketika hujan tidak terlalu deras untuk melindungi ketika kita memotret.

Persiapkan juga kantong kedap udara (dry bag) untuk menyimpan peralatan ketika tidak digunakan untuk memotret atau ketika hujan sangat deras. Dry bag ini juga bisa dengan mudah kita dapatkan di beberapa toko peralatan outdoor. ada yang kapasitas kecil hingga kapasitas besar. Alternatif lain kalau sering memotret di kondisi hujan kita bisa membeli tas khusus yang tahan air. Biasanya sering digunakan para penggiat kegiatan di laut. Bawa juga beberapa silica gel yang ditaruh di dry bag untuk menjaga kelembaban.

Apabila kamera secara tidak sengaja terkena cipratan air bisa kita bersihkan dengan kain kering. Tapi kalau terjadi kecelakaan dan kamera kita terkena air atau jatuh ke air langkah awal yang bisa kita lakukan adalah mematikan kamera, melepaskan baterai dan memory card dan menyimpan ke dalam dry bag yang berisi silica gel untuk mengeringkan kamera. Setelah itu secepatnya kamera tersebut kita bawa ke servis center.

2. Memotret ketika hujan

Untuk lebih mempermudah pemotretan ketika hujan usahakan kita bisa memotret secara cepat. Atur setingan kamera menggunakan setingan yang paling tepat menurut kita. Saya sendiri biasanya untuk memotret pemandangan dengan mode Av supaya mendapatkan ketajaman yang saya sesuaikan. Jadi setelah selesai memotret kita bisa memasukan lagi kamera ke dalam tas dan tidak beresiko terkena air.

memotret hujan 1 - Memotret ketika hujan ? siapa takut

siapkan juga kain kering untuk mengeringkan peralatan yang terkena percikan air. Usahakan ketika memotret pada waktu hujan ketika tidak sedang memotret bagian depan lensa kita pasang lagi tutupnya. Atau bisa juga dengan menggunakan lens hood untuk mengurangi air yang mengenai lensa.

3. Apa saja yang bisa kita potret ketika hujan ?

Memang ketika memotret di musim hujan kita tidak seleluasa ketika memotret pada musim kemarau. Cuaca yang terkesan monoton kadang membuat kita malas untuk mengeluarkan kamera dan memotret. Tapi terkadang ketika cuaca sedang kurang bagus seringkali kita menemukan kejadian yang dramatis. Seperti menjelang sunset dengan mendung tebal dan ada pancaran sinar matahari menembus awan.

Atau kita juga bisa memotret aktivitas ketika hujan, baik aktivitas di jalan maupun di sekitar kita.

Tapi kalau pun tidak ada momen yang dramatis kita bisa menggunakan untuk memotret hal-hal lain. misalnya memotret tumbuhan setelah hujan. Mungkin kita malah bisa mendapatkan sesuatu hal yang menarik lainnya untuk kita potret. Jadi kita sekalian belajar mengasah keterampilan kita. Memotret pemandangan tidak hanya sekedar memotret matahari terbit dan terbenam dan langit biru saja kok.

selamat memotret. yang terpenting jaga keselamatan peralatan memotret dan tentunya jaga kesehatan anda juga


>