mengamati gerhana matahari sebagian di tepi sawah

09/03/2016

Keriuhan gerhana matahari total sebenarnya sudah lama didengar. Walau tidak sempat bepergian ke daerah yang terlewati oleh gerhana matahari total tapi tetap berusaha ikut menikmati event yang katanya baru akan terjadi lagi di Indonesia 350 tahun mendatang.

Walau tanpa persiapan yang cukup, tapi bangun tadi pagi langsung bergegas mencari informasi apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa menikmati gerhana matahari dengan aman. Karena memang kegiatan pengamatan gerhana matahari kalau tidak menggunakan perlengkapan yang tepat bisa berbahaya tidak saja untuk sensor kamera tapi juga untuk mata kita.

Setelah mencari informasi didapat beberapa cara untuk bisa mengamati gerhana matahari salah satunya dengan kacamata matahari. Wah tidak sempat beli kemarin itu… alternatif lainnya bisa dengan menggunakan pin hole. kotak yang dilubangi dengan jarum sehingga bisa menampilkan refleksi matahari dengan aman.

Ya sudah akhirnya sekitar jam 5.30 tadi berkreasi membuat pin hole dengan kardus dan aluminium foil.

Beberapa filter ND untuk kamera juga tidak lupa dimasukan ke dalam tas. Dan tak berapa lama kemudian ditemani Bayu kami berdua sudah nongkrong di pinggir sawah di kawasan Gentan.

gerhana matahari 2 - mengamati gerhana matahari sebagian di tepi sawah

gerhana matahari 5 - mengamati gerhana matahari sebagian di tepi sawah

gerhana matahari 4 - mengamati gerhana matahari sebagian di tepi sawah

gerhana matahari 7 - mengamati gerhana matahari sebagian di tepi sawah

Setelah menyiapkan tripod beberapa anak kampung sekitar kemudian mendatangi kami penasaran dengan aktivitas kami dan ikut bergabung menikmati gerhana matahari sebagian. Beberapa anak kemudian mencoba melihat gerhana dengan menggunakan pin hole dan beberapa lagi penasaran dengan hasil foto jepretan Bayu.

gerhana matahari 1 - mengamati gerhana matahari sebagian di tepi sawah

Gerhana matahari dimulai sekitar pukul 6.21 pagi dengan mulai tertutupnya matahari dari bagian atas. Kemudian mulai turun sehingga membentuk mirip dengan bulan sabit, tapi kali ini matahari sabit. Di Sukoharjo memang hanya bisa mengamati gerhana matahari tertutup sekitar 80% sehingga ketika puncaknya kondisi sekitar mulai redup. Dan kemudian kembali lagi terang ketika bayangan bulan yang menutupi matahari berangsur mulai bergerak ke bawah.

gerhana matahari 6 - mengamati gerhana matahari sebagian di tepi sawah

gerhana matahari 3 - mengamati gerhana matahari sebagian di tepi sawah

Walau tidak bisa menikmati gerhana matahari total seperti teman-teman lainnya, tapi memang momen gerhana matahari merupakan salah satu momen menarik untuk kita abadikan


>