merawat dome 02 - Menghilangkan Goresan pada Dome

Tiga bulan sudah kamera canon 5D mark II berbalut casing aquatica nyemplung di bawah laut Komodo. Dengan bagian depan berupa dome 8″ yang terbuat dari akrilik membuat memotret bawah laut di Komodo semakin banyak tantangannya. Apalagi kalau berhadapan dengan arus komodo yang kadang sering berganti-ganti dan cenderung liar. Semakin hari, semakin sering saya berada di depan laptop untuk sekedar meng-heal-ing bercak-bercak yang mengganggu hasil jepretan. Sepertinya sudah saatnya saya harus mencari alternatif yang lebih baik.

Tak lupa berkonsultasi dengan Ivan Chong, salah satu suplier untuk Aquatica Asia yang berdomisili di Singapura untuk solusi yang terbaik. Agak pening juga kalau musti keluar duit cuma untuk beli dome baru lagi.. mahal bok…

merawat dome 03 - Menghilangkan Goresan pada Dome
duh, sudah bergores gores nih

“You can polish it” jawaban yang sedikit melegakan saya terima dari Ivan. “Using Novus Polish”. “Where I can buy that ?” “we sell it” Ok kalau begitu urusan beres. Segera order satu set cairan Novus untuk dome dan satu set O-ring untuk casing kamera aquatica.

IMG 0637 1 - Menghilangkan Goresan pada Dome
hasilnya jadi boleng boleng di tengah hiks

Hari ini paket saya terima di salah satu cabang ekspedisi di Labuan Bajo. Di dalam paket terdiri dari 3 botol, dengan masing-masing kegunaan. Dan dua lembar tisue serta selembar brosur bolak balik penggunaannya.

Penggunaan cuma diinformasikan dikocok terlebih dahulu kemudian dilap pada lap dengan posisi maju mundur. Ok sepertinya mudah juga.

merawat dome 06 - Menghilangkan Goresan pada Dome
3 Botol Novus

Botol pertama digunakan untuk membersihkan dan melapisi dengan pelindung. Botol kedua digunakan untuk merepasi goresan ringan sedangkan botol ketiga untuk goresan yang dalam.

merawat dome 04 1024x768 - Menghilangkan Goresan pada Dome
siap siap ritual

Tapi kenyataannya setengah hari ini saya gunakan untuk memoles dome. Itupun belum semua goresan hilang hihihihi.. Saya prioritaskan pada bagian tengah yang sangat mengganggu hasil foto.

Yang dibagian pinggir saya sedikit abaikan, karena biasanya juga nanti bagian pinggir agak kurang tajam dan sering juga di crop. Mungkin nanti kalau ada waktu dan hasil foto berikutnya masih terganggu dengan hasil goresan, saya ulang kembali.

merawat dome 01 768x1024 - Menghilangkan Goresan pada Dome
hasil setelah dipoles, kinclong kan

Yang lebih penting lagi, lebih hati hati ketika membawa kamera di arus kuat.. jangan grasak grusuk lagi hihihihihi

Tapi paling tidak hari ini saya sudah lebih pede buat kembali menceburkan canon 5D mark II dan casing aquatica untuk mengambil keindahan bawah laut, Yipiiieeee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *