Menikmati Jawa dari Udara

Kemarin siang, saya beruntung perjalanan dari Solo menuju Surabaya dengan pesawat ditemani cuaca yang sangat cerah. Sejak dari awal penerbangan memang langit biru menyambut pesawat kami yang lepas landas tepat waktu pukul 10.30. Saya sengaja memilih kursi di dekat jendela barisan F karena pertimbangan penerbangan dari Solo menuju Surabaya akan menemuni beberapa gunung. Tujuan saya sudah jelas, saya ingin menikmati Jawa dari udara.

jawa dari udara 9 - Menikmati Jawa dari Udara

jawa dari udara 8 - Menikmati Jawa dari Udara

jawa dari udara 1 - Menikmati Jawa dari Udara

jawa dari udara 2 - Menikmati Jawa dari Udara

Benar saja, Gunung Lawu sudah terlihat menyembul di balik awan ketika pesawat kami menaiki ketinggian… wah lupa ketinggian berapa ya.. kayaknya sih sekitar 15.000 atau 16.000 feet kalau baca dari beberapa sumber di internet. Karena juga kayaknya tidak disebutkan sama pilotnya juga sih, atau mungkin disebutkan saat saya tidak perhatikan :D. Enaknya terbang dengan pesawat ATR jenis baling baling kayaknya tidak terlalu tinggi kalau dibanding dengan pesawat boing.

Jadi saya masih bisa menikmati keindahan beberapa gunung dari jendela pesawat. Di tengah perjalanan pesawat memutar sehingga terlihat gugusan gunung Merapi – Merbabu – Sindoro dan Sumbing di sebelah Barat.

jawa dari udara 6 - Menikmati Jawa dari Udara

jawa dari udara 5 - Menikmati Jawa dari Udara

Di sebelah timur agak jauh ke sana terlihat kerucut berwarna abu abu. Ya itulah gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru.

jawa dari udara 4 - Menikmati Jawa dari Udara

Sebelum memasuki Surabaya, terlihat barisan gunung yang kalau saya tidak salah sebut antara lain gunung Arjuno dan Welirang serta Bromo dan Semeru. Walau penerbangan hanya satu jam kurang tapi lumayan cukup bisa menikmati keindahan pulau jawa dari atas.

jawa dari udara 3 - Menikmati Jawa dari Udara

O iya, tapi jangan lupa matikan kamera dan peralatan elektronik lainnya pada saat terbang dan sesaat sebelum mendarat ya..


>