meracuni milky way di batam

Sayang saat itu jembatan Barelang sedang dipenuhi cahaya lampu berwarna kekuningan. Rencana meracuni milky way di batam dengan hunting bareng di sekitar jembatan Barelang pun kurang berjalan mulus. Tapi paling tidak mereka sudah pada mengerti tentang teori dan dasar untuk memotret milky way.

Dalam perjalanan ke Batam kemarin saya memberi kabar ke Mas Noeg, salah seorang kakak kelas alumni di sma 4 solo yang sedang berdinas di Batam. Kami memang sering hunting milky way bareng kalau mas Noeg lagi ada kegiatan di sekitaran Jawa Tengah.

“Besok bikin sharing buat teman-teman di Batam ya” saran mas Noeg ketika saya berkabar sedang berada di Batam hingga beberapa hari mendatang. Diatur jadwal untuk bikin sharing jam 7 malam di salah satu kafe yang juga jadi tempat ngumpul para penggiat fotografi di kota Batam.

Sharing berlangsung tidak terlalu lama, hanya dasar dasar teori dan beberapa tips singkat karena mengejar waktu yang malam itu bulan masih dalam kondisi bulan muda. Sehingga mendingan langsung berangkat ke lapangan dan praktek langsung saja.

Diputuskan menuju ke jembatan Barelang dengan pertimbangan merupakan salah satu ikon Batam. Tapi menurut salah kabar, sekarang jembatan sudah cukup terang karena lampu jalan sudah mulai menyala. Wah sepertinya agak kawatir juga bisa dapat foreground yang menarik tidak kalau memang jembatan sudah terang dengan lampu. Tapi untuk mengetahuinya ya memang harus dicoba sendiri.

Dengan beberapa mobil kami beriringan menuju jembatan Barelang dan mengambil lokasi agak di sebelah kiri jembatan. Saat itu cuaca juga kurang begitu cerah, awan cukup banyak mengambang di langit menutupi bintang yang terlihat walau tidak terlalu terang karena polusi cahaya yang cukup banyak di sekitar lokasi.

meracuni milky way di batam
milky way di rempang

Padahal malam sebelumnya ketika menginap di Rempang, saya beruntung selepas mentari terbenam langit dipenuhi banyak bintang dan tanpa awan.

Milky way yang saat itu sudah berada di posisi tegak beberapa kali tampak tersapu awan dan itupun terlihat samar karena ternyata jembatan Barelang dipenuhi lampu berwarna kekuningan yang sangat terang.

meracuni milky way di batam
milky way tipis di atas jembatan barelang

Setingan memotret milkyway sebagian besar menggunakan iso 3200, 30 detik dan f4 dengan lensa 16-35mm, itupun masih harus diakali dengan menggunakan tehnik black card untuk mengatasi perbedaan exposure yang cukup tinggi antara jembatan dan langit. Setelah beberapa kali mencoba lumayan lah dapat beberapa frame yang cukup menarik. Tapi selebihnya banyak yang kurang berhasil karena kesulitan dengan cuaca dan cahaya lampu.

meracuni milky way di batam
milky way tipis menggantung

Belum lagi banyak nyamuk yang tampaknya senang dengan kehadiran kami malam itu sehingga mereka bisa berpesta darah segar hahaha..

meracuni milky way di batam
milky way dan jembatan barelang

Setelah dirasa cukup dan awan juga mulai terlihat menutupi langit, kami memutuskan untuk pindah lokasi ke jembatan dua.

meracuni milky way di batam
awan kembali datang menutupi milky way

Tetapi sesampai di sana ternyata posisi jembatan Barelang berada di sebelah utara sehingga tidak bisa disatukan dalam satu frame dengan milky way. Belum lagi memang kendala lampu di atas jembatan yang membuat kami harus mencari akal untuk menutupi flare yang cukup mengganggu.

meracuni milky way di batam
milky way dari jembatan dua

Sekitar pukul sebelas malam akhirnya kami putuskan untuk kembali ke kota. Paling tidak para peserta sudah bisa mempunyai pengalaman memotret milky way dan nantinya bisa kembali di praktekan ketika bertemu dengan malam dengan cuaca cerah untuk hunting milky way.

Besok siangnya evaluasi hunting milky way semalam di jembatan Barelang dilakukan di kantor Bea Cukai Batam sembari melanjutkan sharing meracuni milky way di batam. Semoga setelah itu akan banyak teman-teman di Batam yang begadang demi mendapatkan foto milky way.

Terima kasih mas Noeg untuk ajakan hunting dan sharing meracuni milky way nya di Batam.

yuk kemana lagi mau dibawa materi sharing meracuni keindahan milky way nya ? kalau ada yang berminat untuk ngumpul bareng diracuni keindahan milky way bisa langsung kontak admin Landscape Indonesia ya. Bisa via email [email protected] untuk berkomunikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *