meracuni virtual tour

Minggu kemarin, ketika berkesempatan untuk bermalam di asrama St. Theresia, Rempang, Batam sengaja membawa vr cardboard untuk dicoba anak-anak di sana. Niatnya sih untuk meracuni virtual tour, eh mengenalkan vr kepada anak-anak. Tanggapannya cukup heboh ketika mereka melihat dari kacamata dan mencoba melihat berputar, ke kiri, atas, bawah sambil beberapa kali tangan mereka menunjuk ke depan. 

meracuni virtual tour
ada kapal tuh di sana

“Eh ada kapal” ucap salah satu anak ketika virtual tour 360 pulau komodo yang saya masukan ke dalam handphone diputar melalui vr cardboard. Yang lainnya heboh ingin mencoba merasakan sendiri seperti apa pengalaman mencobanya.

meracuni virtual tour
dermaga di sebelah sana

Anak-anak menggerakan kepala ke atas, melihat langit biru yang terbentang luas. “Sekarang ada dimana?” tanyaku. “Dekat dermaga pak” balasnya. “Coba cari lingkaran putih, taruh di posisi tengah dan tunggu beberapa lama, nanti akan pindah lokasi” ucapku untuk memberi tahu kalau mereka bisa berpindah lokasi di VR pulau Komodo ini.

VR pulau komodo
VR pulau komodo

VR pulau Komodo (bisa diunduh di google play store di sini) ini merupakan salah satu virtual tour yang dibuat ketika mengikuti event famtrip bareng pesona Indonesia di akhir tahun 2015 lalu. Keliling 8 tempat selama dua minggu. Sayang kan kalau hasil perjalanan berkeliling menikmati keindahan Indonesia kalau hanya dinikmati sendiri. Berbagi pengalaman dengan yang lainnya tentang keragaman dan kekayaan Indonesia menjadi salah satu sarana bagi kita para pejalan untuk membuktikan cinta kita pada Indonesia.

meracuni virtual tour
antri dulu.. antri

“antri di belakang.. biar ndak saling berebut” usulku ketika mereka sudah berkerumun penasaran dengan apa yang ada dibalik kacamata yang teman mereka pakai. Nampaknya meracuni virtual tour di Batam ini terbilang sukses 😀

meracuni virtual tour
terpesona

Kayaknya menarik juga nih, kalau sempat bepergian ke tempat-tempat yang cukup jauh dan masih kurang beruntung untuk melihat keindahan pelosok lain di Indonesia sambil membawa beberapa vr cardboard. Mereka bisa melihat keindahan Indonesia dari vr cardboard dan mudah-mudahan mulai timbul dalam hati untuk mulai bermimpi untuk melihat langsung keindahan dan keanekaragaman Indonesia setelah dewasa nanti.

meracuni virtual tour
mendongak ke atas
meracuni virtual tour
berputar putar

So, ada yang ketarik bikin proyek meracuni virtual tour untuk anak-anak Indonesia gak? Bisa kita mulai dengan membuat stock virtual tour keberagaman Indonesia, bisa tempat maupun kebudayaan. Bisa juga dengan nantinya membawa kacamata vr ketika melakukan perjalanan dan sharing dengan anak-anak yang kita temui ketika berada di suatu tempat.

Kalau tertarik, bisa menuliskan komentar di bawah ya, atau bisa juga kontak via email [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *