milky way bromo

Selarik kabut tipis putih membentang di atas kaldera Bromo. Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncak Mahameru menjulang di ketinggian 3.676 mdpl tampak mengepulkan asap membumbung di langit malam. Dan di bawah sana, di lautan pasir, kerlip jeep mengular dari segala penjuru menuju ke pananjakan, bergegas untuk mengejar matahari terbit. Dan saya yang dari tadi berdiri di depan kamera yang terpasang kokoh di atas tripod masih sibuk sendirian mencoba mengabadikan milky way di depan mata. Merelakan mengganti waktu tidur di siang hari hanya untuk mengabadikan milky way Bromo.

Hampir setiap tahun sepertinya saya tidak pernah melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Bromo. Biasanya karena sekalian dengan tawaran mengabadikan dokumentasi teman-teman bersepeda gunung yang berlokasi di Bromo. Walau tidak selalu diisi dengan malam yang dipenuhi langit berbintang ketika berada di Bromo. Tapi paling tidak saya beruntung bisa mengabadikan beberapa jepretan milky way bromo dari beberapa sudut.

milky way bromo
milky way dari pananjakan

Spot yang biasanya adalah di Pananjakan satu. Salah satu spot sejuta umat untuk menikmati matahari terbit di Bromo. Dari sisi ini memang kita bisa langsung memandang Bromo dengan latar belakang gunung Semeru. Tapi yang kurang menyenangkan karena tempat ini favorit untuk semua pengunjung jadi bersiap-siaplah datang lebih pagi untuk bisa mencari spot yang cukup untuk menaruh tripod dan tidak terganggu lalu lalang orang yang ingin mengabadikan keindahan gunung Bromo.

milky way bromo
milky way dari bukit cinta

Spot lainnya untuk mengabadikan milky way Bromo bisa dari Bukit Cinta. Dari sini memang tidak setinggi di Pananjakan, tapi masih lebih tidak seramai di Pananjakan (dulu lho.. entah kalau sekarang sudah ramai seperti Pananjakan). View dari bukit cinta ini lebih tertuju ke bukit batok, karena kawah bromo dibelakangnya. Sedangkan gunung Semeru juga agak tertutup kaldera bromo. Tapi tetap view milky way bromo dari sisi ini kalau cuaca cerah masih tetap menarik untuk diabadikan.

Foto di atas milky way nya samar karena bertepatan dengan bulan yang cukup terang sehingga kalah dengan cahaya bulan.

milky way bromo
pura luhur poten dan milky way

Kita bisa juga mengambil milky way dengan frame pura luhur poten. Kalau dari sini pengalaman dulu masih tidak terlalu banyak orang karena biasanya mulai ramai kalau pagi hari ketika mulai mendaki menuju ke kawah bromo. Siapkan minuman hangat dan makanan kecil ya.. soalnya kalau malam tidak ada yang berjualan di sekitar sini.

milky way bromo
milky way dari depan penginapan

Tapi kalau malas kemana mana dengan alasan jauh, harus pakai transport khusus, atau karena dingin, bisa kok hanya dari desa Cemoro Lawang. Dari pinggir desa kita bisa langsung melihat gunung Bromo dengan lautan pasirnya. Walau mungkin harus mencari lokasi yang tidak langsung terkena sinar lampu, tapi paling tidak kita bisa mengabadikan milky way Bromo dengan tanpa harus bersusah payah pergi jauh dari penginapan. Bonusnya bisa sambil pesan kopi hangat dari para pedagang yang biasanya masih mangkal di sekitar situ.

Foto di atas diambil masih dengan menggunakan kamera canon 450D yang mentok di iso 1600 :D.

Kalau ada yang belum bisa mengabadikan milky way silakan bisa dibaca di sini lho tips memotret milky way, kalau cuma punya kamera poket juga ada tips tips nya kok memotret milky way dengan kamera poket

milky way bromo
milky way di atas bromo
Tips mengabadikan milky way bromo
  1. Gunakan kamera yang bisa menggunakan mode Manual
  2. Setingan kamera untuk mengabadikan milky way bisa dicoba dengan menggunakan iso 1600-6400, bukaan lensa f/1.4-f/4, speed 10-30 detik. Dari situ nanti kita lihat hasilnya dan tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan
  3. Gunakan lensa lebar untuk bisa menangkap milky way di atas gunung bromo
  4. cari lokasi yang tidak terlalu banyak polusi cahaya lampu
  5. gunakan head lamp yang ada lampu merah supaya tidak mengganggu adaptasi mata dengan cahaya
  6. gunakan pakaian dan jaket hangat karena cuaca di bromo biasanya dingin banget, apalagi kalau malam
  7. siapkan juga makanan kecil dan minuman hangat buat teman begadang
  8. jaga keamanan dan keselamatan baik peralatan maupun pribadi.

Untuk yang berkunjung ke Bromo sekedar menikmati keindahan sunrise di Pananjakan bisa melipir ke Tips Memotret Sunrise di Pananjakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *