Milky Way di antara Candi Lawang

Diawali dengan kabar dari Dwi “Kebo” .. “malam nanti Negro pengan ngakajak hunting. Ke daerah Mbaki saja yang tidak terlalu jauh” Dan beberapa jam kemudian,kami berenam, Dwi “Kebo”, Marsono, Adit “Negro”, Bayu dan Icuk malah sudah bertengger dengan kamera masing-masing di pelataran Candi Lawang, Cepogo, Banyuwangi. Eh, ndak semua sih, karena Marsono sibuk dengan kompor spirtus membuat kopi hangat untuk kami dan Icuk berdiam diri di kegelapan karena tidak membawa kamera. Malam kemarin kami kembali berpesta milky way di candi Lawang.

milkyway cepogo 2 - Milky Way di antara Candi Lawang

milky way vertikal

Perjalanan hunting milky way di candi Lawang sebenarnya tidak direncanakan sama sekali. Tapi memang terkadang kalau tanpa rencana muluk-muluk dan bertele-tele malah bisa langsung berangkat. Dari rencana awal di Mbaki yang hanya beberapa menit dari rumah berubah menjadi ke Cepogo. Itupun di perjalanan kami masih mencari lokasi mana yang mau kami datangi. Akhirnya diputuskan ke Candi di Cepogo. Itupun kami harus berkali-kali salah ambil jalan dan bertanya ke beberapa orang. Padahal waktu sudah mendekati tengah malam. Beruntung masih ada beberapa orang yang bersedia kami tanyakan rute menuju Candi Lawang ini.

milkyway cepogo 3 - Milky Way di antara Candi Lawang

milky way di candi Lawang

Candil Lawang sendiri merupakan salah satu candi peninggalan jaman Mataram Hindu. Menurut salah satu petugas jaga candi Lawang tersebut pernah dipugar tapi belum selesai, mungkin karena prioritas pemugaran candi ini kalah dengan candi candi lainnya.

milkyway cepogo 4 - Milky Way di antara Candi Lawang

bagian inti milky way

Kami menyempatkan mengabadikan candi Lawang dalam balutan malam berbintang dan bentangan kabut bima sakti yang sudah vertikal. Sementara di bagian Barat siluet gunung Merapi tampak diantara pepohonan yang mengellilingi kawasan candi.

milkyway cepogo 1 - Milky Way di antara Candi Lawang

siluet Gunung Merapi di sebelah kanan

Setelah dirasa cukup banyak stok milky way di candi Lawang, dan juga karena baterai kamera salah satu teman sudah mulai habis, belum lagi beberapa teman harus segera mengejar waktu sahur di Solo sehingga kami pun mengemasi peralatan. Saatnya kembali pulang ke rumah masing-masing.

milkyway cepogo 5 - Milky Way di antara Candi Lawang

para pemburu milky way


>