oleh-oleh dari sisir pantai gunung kidul dengan canon 450D

Selama sisir pantai Gunung Kidul mei 2014 kemarin agak menyesal juga tidak bisa memaksimalkan menggunakan canon 450D nya. Alasan utama sih karena memang cukup ribet menyeting 2 kamera di lahan berpasir dan dekat lautan. Beda dengan ketika hunting milky way di Dieng kemarin bisa cukup maksimal menggunakan 2 kamera. Di pantai selatan ini karena kadang tiba-tiba ombak datang cukup besar jadinya agak cukup khawatir meninggalkan kamera di atas tripod tidak dijaga.

Alasan lain lebih banyak menggunakan kamera canon 6D kemarin karena beberapa lokasi hunting agak banyak polusi cahaya jadi lebih banyak berpindah-pindah lokasi sehingga agak merepotkan untuk menyeting 2 kamera bergantian. Beda dengan di Dieng bisa menemukan lokasi yang sedikit polusi cahaya dan tidak terlalu khawatir meninggalkan kamera di atas tripod karena lokasinya lebih datar, paling resiko terbesar kalau tiba-tiba angin besar atau diambil orang iseng #eaaaa

Selain itu karena tidak punya remote timer sehingga kalau untuk star-trail-an yang biasanya di 450D dengan setingan waktu sekitar 3 – 8 menit dengan iso 400 supaya tidak terlalu noise, agak merepotkan musti bolak-balik 2 kamera. (baca juga : Mengabadikan perjalanan menggunakan 2 kamera dan Milky way : canon 450D vs canon 6D untuk informasi lebih detail soal 450D)

star trail kukup 1 - oleh-oleh dari sisir pantai gunung kidul dengan canon 450D

Selama 5 hari 4 malam kemarin dari kamera 450D ini cuma ada 120 file yang terekam di memory card. Cuma ada 2 jepretan star trail dan beberapa panorama yang sempat terekam di kamera. Hunting berikutnya mudah-mudahan bisa lebih banyak mengeksplorasi canon 450D + canon 10-22 nya buat startrailan lagi..


>