jalur darat blangkejeren 560x416 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat

Selama beberapa hari kemarin, bareng tim dari Jaringan Madu Hutan Indonesia, salah satu admin Landscape Indonesia mengikuti perjalanan panjang dari Medan – Blangkejeren, Aceh menggunakan jalur darat. Di sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan alam yang memanjakan mata. Mulai dari kelokan jalan di pegunungan dengan pemandangan hutan, jalanan lurus membelah perkebunan jagung hingga jurang jurang yang menyajikan pemandangan perbukitan yang melenakan.

Screenshot 1566 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
ilustrasi perjalanan Medan – Blangkejeren 

Perjalanan dari Medan kami mulai agak cukup siang, menunggu bang Hendro, driver yang akan mengantar kami cukup beristirahat. Bang Hendro baru tiba hampir tengah malam dari Blangkejeran mengantar salah satu konsultan untuk lembaga yang juga menugaskan kami ke Aceh kali ini.

[quads id=2]

medan blangkejeren jalur darat 1 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
suasana perjalanan di Berastagi

Selepas Medan kami mulai menanjak menuju ke Berastagi, kawasan yang cukup terkenal dengan tempat liburan ke pegunungan yang tidak terlalu jauh dari Medan. Di kiri kanan kami dapati tempat tempat beristirahat, sayang kabut tebal melingkupi sekitar Berastagi, sehingga tidak terlalu banyak yang bisa kami nikmati dari dalam mobil.

medan blangkejeren jalur darat 1a - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
mampir bentar beli buah
perjalanan medan 7085 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
jeruk manis berastagi

Berhenti sebentar di pinggir jalan untuk menikmati jeruk manis yang dipanen dari kebun di belakang warung. Satu kilonya ada yang lima belas ribu ada yang dua puluh ribu, beda di ukuran. Kami mencicipi jeruk langsung dari pohonnya dan membeli beberapa kilo untuk bekal di perjalanan.

medan blangkejeren jalur darat 3 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
gunung Sinabung sedang tertidur

Gunung berapi Sinabung yang masih aktif terlihat di kanan jalan, tertutup awan, mengantar kami melewati punggungan bukit yang dipenuhi ladang jagung, memenuhi bukit dan lembah.

medan blangkejeren jalur darat 1b - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
perkebunan jagung di kiri kanan

Memasuki daerah Tiga binanga, Kabupaten Karo, kami berhenti untuk makan siang sembari meluruskan kaki. Menu nasi goreng dengan sop sapi pun tak lama kemudian berpindah dari piring ke perut.

Dari sini masih sekitar separo perjalanan untuk tiba di Blangkejeren. Target kami sebelum malam tiba di Kutacane, yang sudah masuk di wilayah Aceh. Dari Kutacane nanti tinggal sekitar 3 jam perjalanan tiba di Blangkejeren.

medan blangkejeren jalur darat 2 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
menuju jalur Genting

Perjalanan dari Tiga Binanga hingga ke Kutacane diawali dengan jalur mengular yang menanjak hingga di daerah Genting, salah satu titik tertinggi yang kami lewati.

medan blangkejeren jalur darat 6 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
bentangan bukit di balik sana

Berhenti sejenak untuk mengambil beberapa foto pemandangan perbukitan dan kemudian melanjutkan lagi perjalanan yang mengular tapi menurun.

medan blangkejeren jalur darat 4 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
selamat jalan Medan
medan blangkejeren jalur darat 5 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
menuju Kutacane

Memasuki kutacane, daerah mulai kembali mendatar. Setelah itu karena capek dan hujan di luar, kami sebagian tertidur hingga terbangun untuk rehat ngopi di salah satu warung di sekitar Ketambe.

medan blangkejeren jalur darat 9 1 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
rehat ngopi sembari meluruskan badan

Dan setelah itu kembali tertidur dan terbangun ketika mobil yang kami gunakan melambat di sekitar kawasan kota Blangkejeren.

medan blangkejeren jalur darat 10 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
perjalanan malam
medan blangkejeren jalur darat 11 - Perjalanan Medan - Blangkejeren jalur darat
tiba di Blangkejeren sekitar 10 malam.

Sebelas jam perjalanan dari Medan menuju Blangkejeren. Capek pastinya, apalagi besok selama 3 hari ke depan kami harus mengadakan pelatihan di desa Pining, sekitar dua jam perjalanan dari Blangkejeren.

Untuk perjalanan dari Takengon – Blangkejeren bisa dibaca tulisan Ghozali yang sudah malang melintang di Aceh, 

https://ghozaliq.com/takengon-blangkejeren-via-bintang/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *