update firmware gimbal feiyu 02 - Repotnya Update Firmware Gimbal Feiyu G6 Plus

Sebelum berangkat ke Danau Sentarum kemarin, di penginapan, wifi di kamar lumayan kencang. Iseng-iseng sebelum tidur cek peralatan untuk besok digunakan ketika di lapangan. Ketika menyalakan gimbal feiyu g6 plus ada pemberitahuan pembaruan firmware. Biasanya sih update firmware beberapa peralatan elektronik lainnya ndak pernah ada problem, jadi saya juga yakin saja untuk update firmware gimbal feiyu G6 plus ini. Tapi begitu baru separo jalan, hang, ndak ada pergerakan update. Di bagian layar ada tulisan dalam bahasa inggris kalau gagal update firmware silakan diulang lagi. Tapi ternyata itu menjadi mimpi buruk. Dan malahan gimbalnya ndak jadi kepakai padahal sudah dibawa dari Solo ke Kalimantan hahahaha… nasib. Ternyata repot update firmware gimbal feiyu G6 plus ini.

Jadinya semalam itu, malah ndak bisa istirahat dengan tenang. Beberapa kali saya coba ulang lagi tapi tetap tidak berhasil. Gagal. Setelah itu coba cari info dari website nya feiyu. Cuma ada keterangan update firmware dengan menggunakan komputer. Tapi itu masalah baru lagi. Karena untuk update dari komputer ternyata membutuhkan peralatan tambahan, usb adapter… blaik kan…

Sebelum mulai membahas lebih lanjut, ada beberapa pertanyaan dulu kan ?

Kenapa harus update Firmware ?

Biasanya ada penambahan beberapa fitur baru, perbaikan dari bug-bug atau peningkatan minor sehingga perlu dilakukan update firmware. Dan biasanya saya sudah sering melakukan update firmware tanpa ada kendala yang berarti sih.

Tapi apa Resikonya Update Firmware ?

Biasanya sebelum kita update firmware memang ada semacam pemberitahuan, lakukan update dengan resiko ditanggung sendiri yaaaa.. Biasanya mulai dari resiko kecil seperti gagal di tengah jalan dan cuma tinggal diupdate ulang, hingga kayak kejadian kali ini, firmware gagal dan gimbal tidak bisa digunakan sama sekali.

Apa ada resiko bila ndak update firmware ?

Sebenarnya ndak ada resiko sih, apalagi kalau memang kita tidak merasa ada sesuatu yang salah atau kurang dari peralatan kita. Biasakan baca informasi apa saja yang diupdate dari firmware terbaru. Kalau memang tidak ada yang penting juga ndak harus update kok

Trus pembelajaran apa yang bisa diambil dari pengalaman ini ?

Kalau bisa jangan mencoba mengupdate apapun kalau waktu mepet. Kayak kemarin kurang satu hari dan malah jadinya ndak bisa dipakai sama sekali hihihih

Trus gimbal ini apa sih ?

Gimbal ini salah satu alat yang biasa digunakan dalam pengambilan video supaya video yang dihasilkan lebih stabil. Terutama ketika dilakukan pengambilan dalam posisi bergerak.

Jadi kalau buat motret ndak terlalu guna donk ?

Bisa donk, dipakai buat timelapse dengan gerakan. Kan bisa diseting supaya otomatis bergerak dari satu posisi ke posisi lainnya. Tapi pengar kalau buat stabil waktu pengambilan foto sih keknya ndak terlalu berpengaruh deh.

Wah…. beli ndak yaaaa . .

hahahahaha…. sudah sudah.. sekarang lanjut lagi ke update firmware gimbal feiyu G6 plus ini ya

Jadi setelah mengubek-ubek google, youtube dan beberapa forum tapi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Semua menyarankan harus diupdate melalui komputer. Tapi masalahnya pas beli dulu ndak ada keterangan dapat usb adapter je…

usb feiyu gimbal, update firmware gimbal feiyu g6 plus

Cari cari data lagi, di marketplace lokal ada yang jual tapi harganya 500 ribu sendiri, blaik….

usb feiyu firmware, update firmware gimbal feiyu g6 plus
musti nunggu sebulan

Dari marketplace luar ada yang jual sekitaran $15 tapi harus menunggu satu bulan hihihihi

feiyu distributor, update firmware gimbal feiyu g6 plus

Sempat kontak ke distributornya melalui facebook dan dapat jawaban dibawa ke servis center, tapi harus bawa kartu garansi.. waduh.. kartu garansinya ada di solo.. kalau terpaksa berarti minta tolong dikirim dari Solo berarti.

facebook, update firmware gimbal feiyu g6 plus
curhat di facebook

Sembari mencari solusi saya sempat update status di facebook tentang masalah update firmware gimbal feiyu G6 plus ini. Dan salah satu teman videografer ternyata mempunyai usb nya.. Saya punya mas, balas Mawski. Yipiiiiii…

Akhirnya siang tadi janjian dengan Mawski, teman yang super duper sibuk, tipe videografer yang sukses kariernya. Karena waktu mepet jadinya dikirim dengan ojek online.

koper feiyu, update firmware gimbal feiyu g6 plus
ternyata dikirim sekoper hihihih

Ternyata yang dikirim satu koper gimbal feiyu MG dengan seluruh isinya, hahahahaha… Makasih Mawski !!!

usb connector feiyu, update firmware gimbal feiyu g6 plus
ini biang keroknya, usb connector

Sore ini coba mengikuti langkah-langkah update firmware feiyu G6 plus yang ada di pdf manual dari website mereka. Pertama yang diupdate keyboardnya… berjalan lancar.

Begitu masuk ke langkah update firmware ternyata gagal. Ada satu langkah yang berkali-kali saya ulang dan tidak berhasil.

Dari petunjuk setelah membuka aplikasi untuk update, cocokan portnya, dan klik tombol open sehingga nanti akan terhubung. Setelah itu colokan usb dari yang sudah terpasang di usb adapter ke feiyu G6 plus. Setelah itu buka file update firmware di harddisk. Sampai sini berjalan lancar. Langkah berikutnya nyalakan gimbal feiyu G6 plus hingga nanti ada keterangan LINK OK. Nah disini setelah menyalakan gimbal sama sekali ndak ada keterangan itu. Coba dilanjutkan ke langkah berikutnya muncul error failed.

update firmware gimbal feiyu g6 plus
LINK OK didn’t show up

Di manual halaman berikutnya memang ada keterangan kalau tidak muncul keterangan LINK OK setelah kita menyalakan gimbal.

  • check apakah usbnya sudah tertancap dengan benar dan tidak kendor
  • check apakah kondisi gimbal sebelum diupgrade dalam kondisi mati
  • sudah benar posisi portnya di COM yang sesuai dan baud rate nya 11520
  • cek apakah sebelum menyalakan gimbal tadi kita sudah membukan koneksi port ke gimbal
    kalau semua langkah tadi masih salah, coba ganti usb nya dengan kabel usb yang baru…
update firmware gimbal feiyu g6 plus
sampai ganti kabel usb berkali kali

Semua langkah sudah dilakukan, sudah ganti kabel usb sampai 3 biji juga masih error, sudah ganti colokan usb juga ndak ada perubahan. So musti dibawa ke servis center atau gimbal sama sekali ndak bisa dipakai nih solusinya ?

Masih belum menyerah, coba cari cari lagi di beberapa link dari google dan youtube. Masih sama semua musti menggunakan update manual dan dari komputer. Setelah itu menyerah dulu.. makan malam dulu biar ndak tambah pusing mikirnya.

setelah makan coba kembali menelusuri siapa tahu ada yang terlewatkan. Dan tidak sengaja membaca salah satu komentar di youtube. Coba dengan cara mereset update gimbal.

update firmware gimbal feiyu g6 plus
tekan no 3 dan 5 bersamaan

Caranya dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol seting. Tunggu sampai muncul tulisan gimbal update dan animasi kotak selesai tersambung. Setelah itu nyalakan aplikasi di handphone. Coba apakah bisa masuk ke update firmware. Eh ternyata beneran bisa… muncul keterangan firmware yang kosong dan bisa diupdate.

Menunggu beberapa menit hingga akhirnya selesai update firmware feiyu G6 plus. Dan setelah itu diminta untuk mereset aplikasi dan gimbal. Dan akhirnya gimbal feiyu G6 plus bisa digunakan kembali tanpa harus menggunakan usb adapter dan tanpa harus membawa ke servis center hihihih..

update firmware gimbal feiyu g6 plus
akhirnya berhasil juga update nya

kalau ada yang mengalami kendala yang sama bisa tinggalkan pesan di kolom komentar yaaaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *