Salah satu lensa favorit saya untuk memotret orang adalah lensa Samyang 35mm f/1.4. Saya pernah menulis reviewnya di web Landscape Indonesia 4 tahun yang lalu. silakan di baca di sini review samyang 35mm

samyang 35mm f/1.4 review
gak bakalan nolak di foto begini kan?

Lensa manual dengan bukaan lebar f/1.4 ini memang membuat orang yang difoto jadi “ketagihan” buat difoto lagi :D. Sudah ada beberapa “korban” yang selalu minta difoto dengan lensa samyang 35 ini.

salah satu keunggulannya adalah karena budget nya (dulu tahun 2012, waktu masih belum setenar sekarang) saya beli dengan harga sekitar 3 jutaan. (harga baru sekarang sudah dikisaran diatas 6 juta). Tapi masih lebih murah dibanding lensa dengan FL bukaan yang sama.

samyang 35mm f/1.4 review
foreground – background yang terpisah

Selain itu ketajaman di bukaan terlebar Samyang 35mm di f/1.4 cukup tajam. Sehingga saya selalu menggunakan lensa ini di bukaan f/1.4 dan menggunakan zoom kaki untuk mengatur komposisi.

Pengaturan manual juga cukup halus dan cukup lebar sehingga tidak terlalu sulit untuk mencari fokusnya. Apalagi saya menggunakan live view untuk menentukan focusnya.

Bokehnya jangan ditanya.. apalagi kalau dipasangkan dengan kamera full frame, bakalan bikin jatuh cinta #eaa

samyang 35mm f/1.4 review
samyang 35 untuk milky way an

Samyang 35mm untuk memotret bagian inti milky way juga cukup bagus, karena dengan bukaan f/1.4 sensor kamera bisa menangkap cahaya dengan lebih sensitif sehingga bisa dengan waktu yang lebih cepat dan iso yang lebih rendah.

samyang 35mm f/1.4 review
musti manual an fokus

Tapi selain kelebihan-kelebihannya tentu donk ada kekurangannya. Lensa samyang ini merupakan lensa manual fokus. Jadi lupakan kalau yang ini menggunakan auto fokus untuk meminang lensa ini. Selain itu juga cukup besar dan berat (misalnya dibanding lensa canon 50 f/1,4). Jadi kalau membawa lensa yang cukup banyak untuk perjalanan yang lama mulai berasa cukup terbebani.

samyang 35mm f/1.4 review
tajamnya poll

Coating lensa Samyang 35mm juga kurang begitu peka terhadap cahaya. Kalau harus bertemu dengan sumber cahaya terang secara langsung hasilnya kurang begitu bagus.

samyang 35mm f/1.4 review
test bokeh pagi hari

Exif lensa juga tidak terbaca, jadi hanya terbaca f/0

Selain itu lensa ini juga ternyata cukup rentan terhadap jamur. Lensa samyang saya sudah berjamur cukup banyak euy. Ada yang punya referensi bersihin jamur buat lensa samyang ?

Pengennya sih nanti kalau sudah ada budget, atau ada yang mau sponsorin mencoba lensa sigma 35 f/1,4 art yang katanya setajam silet sehingga bisa bikin dompet langsung bolong hahahaha