travel foto bd 03 - Sharing travel fotografi bareng komunitas Backpacker Dunia

Minggu di penghujung bulan Mei kemarin ngumpul bareng teman-teman dari komunitas Backpacker Dunia (BD) regional Jogja Jateng di salah satu sudut kota Jogja. Sore hingga malam itu beberapa teman dari Landscape Indonesia mengikuti gathering BD yang diadakan setiap bulan. Sebagai ajang kumpul, saling cerita pengalaman dan tentunya saling berbagi ilmu. Saya kebagian sampur untuk event kali ini berbagi cerita mengenai traveling fotografi.

Travel fotografi sendiri merupakan salah satu kategori dalam fotografi yang melibatkan dokumentasi dari suatu daerah bisa berupa lanskap, orang, budaya, adat istiadat dan sejarah. Dan walau hampir sebagian besar pejalan mempunyai dokumentasi foto perjalanan, tapi mungkin masih hanya sebatas foto perjalanan biasa dan foto narsis. Padahal dengan mengetahui beberapa tips seputaran dasar fotografi dan pengenalan alat kita bisa membawa pulang oleh-oleh foto-foto indah dari setiap perjalanan kita.

Widhi bek, selaku founder dari Landscape Indonesia mencoba berbagi tips dari pengalaman selama ini berjalan-jalan sembari memotret. Tema sharing yang dibahas antara lain apa yang membuat sebuah foto menjadi lebih menarik. Foto yang bagus dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain Lokasi yang bagus, Obyek yang menarik dan Pengambilan foto yang bagus. Jadi tidak melulu foto yang bagus harus dihasilkan oleh peralatan yang mahal.

Selain itu dibahas juga bagaimana kiat membuat foto perjalanan yang bagus. Ada beberapa tahap yang bisa kita usahakan supaya foto perjalanan kita menjadi menarik. Ada 3 tahapan, yaitu sebelum perjalanan, pada saat perjalanan dan tentunya setelah perjalanan.

travel fotogafi backpacker dunia

Riset, merupakan salah satu hal yang bisa memastikan kita akan bisa mendapatkan foto yang menarik. Mengetahui apa saja yang bisa kita foto di lokasi yang akan kita kunjungi, obyek apa yang menarik untuk diabadikan dan tentunya juga kita bisa belajar dari foto-foto rekan-rekan traveler lain yang kita temukan ketika riset.

Pemilihan peralatan yang akan dibawa juga merupakan salah satu aspek yang bisa mempermudah kita mendapatkan foto yang bagus. Jangan sampai peralatan yang akan kita bawa kurang maksimal atau malah nantinya merepotkan kita di perjalanan.

travel fotogafi backpacker dunia

Dan tidak ada salahnya kita belajar sedikit mengenai dasar fotografi sehingga bisa kita manfaatkan ketika memotret nantinya.

Pada saat perjalanan juga kita ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan foto bagus. Salah satunya bantuan dari orang lokal yang akan membantu kita menemukan banyak hal yang menarik dan kadang terlewatkan.Waktu, terutama kalau untuk pemotretan lanskap, sangat berpengaruh terhadap foto yang kita ambil. Saat matahari terbit dan matahari terbenam merupakan waktu favorit untuk para pemburu landscape.

travel fotogafi backpacker dunia

travel fotogafi backpacker dunia

Tidak terasa hampir 2 jam waktu sharing berlalu dengan cepat. Dan mudah-mudahan sedikit sharing pengalaman kemarin bisa sedikit memberi insipirasi untuk semua. Dan kalau ada teman-teman dari komunitas atau kelompok lain yang berminat untuk teracuni dengan pengalaman dari teman-teman di Landcape Indonesia, bisa menghubungi kami via email ke [email protected] untuk menentukan waktu dan lokasi sharing lho.