startelling mola 0 1 - Star Telling di Lepa Mola, Wakatobi

Bintik bintik putih berkelip di langit malam. Kami duduk sembari menikmati kopi dan pisang goreng melewati malam sembari memandangi obyek obyek langit yang terlihat malam itu. Setelah seharian tadi berkeliling kampung Bajo – Mola, acara penutupnya adalah star telling di dermaga Lepa Mola, Wakatobi

startelling mola 3 - Star Telling di Lepa Mola, Wakatobi
pemandu menerangkan obyek obyek langit

Masyarakat nelayan Bajo mengandalkan obyek langit untuk petunjuk, baik arah, kondisi pasang surut dan beberapa hal lain. Empat titik bintang berbentuk layang-layang terlihat di atas horizon selatan. Itu salah satu penunjuk arah selatan ketika melaut, ucap salah satu narasumber bercerita bintang malam di kampung Mola Bajo malam itu.

startelling mola 1 - Star Telling di Lepa Mola, Wakatobi
bintang orion di langit malam

Masyarakat Bajo memang sejak jaman dahulu dekat dengan laut. Sebagian besar masyarakat Bajo dulunya mengandalkan hidup di lautan sebagai nelayan. Sebelum ada tehnologi seperti sekarang mereka mengandalkan petunjuk petunjuk di alam untuk menentukan arah dan kapan waktu yang tepat untuk mencari ikan.

startelling mola 4 - Star Telling di Lepa Mola, Wakatobi
mengenali obyek malam di buku manual

Sekumpulan bintang terang yang terlihat menjadi satu penanda utama arah utara. Apabila tidak terlihat mereka mengandalkan rasi bintang layang-layang selatan (crux) sebagai penanda arah selatan ketika berlayar.

startelling mola 6 - Star Telling di Lepa Mola, Wakatobi
milky way bagian putih membentang di atas dermaga

Milky way atau gugusan galaksi bima sakti juga membantu mereka menentukan waktu. Apabila pada bulan tertentu, (misalnya pertengahan tahun) galaksi milky way masih sejajar dengan langit tenggara berarti masih belum tengah malam, kalau tegak lurus di langit selatan berarti sekitar tengah malam, dan kalau miring ke barat daya berarti mendekati pagi.

startelling mola 5 - Star Telling di Lepa Mola, Wakatobi
peta bintang

Mereka menyebutkan beberapa obyek langit dengan bahasa lokasl. Dan ketika kedatangan beberapa peneliti, mereka dibantu dengan dibuatkan peta bintang dengan penamaan obyek langit menggunakan bahasa ilmiah sehingga bisa menjadi bukti bahwa pengetahuan mereka selama ini sudah tepat.

Bintang jatuh juga dulu dipercaya menjadi salah satu petunjuk untuk mencari ikan. Kalau melihat bintang jatuh yang mengarah ke laut, berarti di sana kemungkinan akan banyak ikan yang bisa didapat.

Salah satu bintang yang terlihat di langit juga sering diartikan sebagai pertanda bahwa paginya akan ada pasangan yang kawin lari lho. Lhah gimana kok bisa ? Di masyarakat Bajo mereka mempunyai tradisi untuk kawin lari, dimana pemuda yang mengingikan anak gadis akan membawanya dan menitipkan ke tetua adat.

Dan subuhnya tiga pengurus adat akan memberikan kabar tentang pernikahan ke kedua orang tua mereka. Ini salah satu tradisi yang biasanya digunakan untuk mengakali mahalnya biaya mahar adat. Dan juga menurut mereka salah satu untuk mencegah zina.

startelling mola 7 - Star Telling di Lepa Mola, Wakatobi

Perlahan awan putih mulai menutupi langit, bintang crux yang tadi terlihat hilang tersapu awan putih. Kami berpamitan dan berkemas untuk kembali ke penginapan. Besok masih banyak lagi yang akan kami lakukan selama mengelilingi Wakatobi ini

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *