samyang underwater - Test Samyang 14mm vs Samyang Fisheye 8mm Untuk Underwater

Sehubungan dengan lensa ultra wide canon 16-35mm f/4 yang sampai sekarang masih diopname di Jogja dan belum bisa cepat balik ke Labuan Bajo. Maka saya musti cari solusi untuk mencari penggantinya. Saat ini lensa yang saya bawa hanya ada lensa manual samyang 14mm f/2.8, lensa fisheye samyang 8mm f/3.5, sigma 35mm f/1.4 dan sigma 105mm f/2.8. Untuk macro sih sudah pasti menggunakan sigma 105 mm nya. Nah yang jadi kendala untuk pengganti lensa canon 16-35mm F/4 ini yang biasa digunakan untuk memotret wide angle underwater.

Fokus

Kedua lensa lebar yang ada sekarang semuanya lensa manual. Ini salah satu yang bakalan jadi kendala. Lensa c16 adalah lensa dengan auto fokus, jadi tidak ada masalah mau fokus di jarak dekat ataupun jarak jauh ketika dibawah air. Karena untuk lensa auto fokus tinggal menggunakan fasilitas tombol back focus untuk mencari fokus.

Nah kendalanya kalau lensa manual, begitu sudah masuk ke casing underwater, karena tidak dipasang tambahan pengaturan manual fokus lensa, jadi ya sudah tidak bisa diatur lagi fokusnya. Kita cuma bisa fokus dengan bergerak maju / mundur menyesuaikan obyek. Hahahaha…

Awalnya berpikir bahwa bisa dengan menggunakan mode Hyperfocal. Tapi ternyata hyperfocal tidak berlaku untuk underwater. Karena pengaruh air yang membelokan cahaya dan juga dome yang terpasang pada casing.

Sebelumnya pernah menggunakan samyang 14 mm untuk underwater, dan saat itu terpasang pada fokus 2 meter dan F/11. Tapi ternyata hasilnya kurang begitu tajam fokusnya. Baik untuk yang obyek dekat maupun obyek jauh. Hahahahaha

Pernah coba juga dengan setingan fokus pada 1 meter, tapi juga sepertinya kurang begitu memuaskan ketajamannya.

Apperture.

Kedua lensa manual samyang ini mempunyai manual apperture. Jadi kita musti memilih apperture di lensa, bukan dengan merubah setingan pada kamera. Sama kayak merubah fokus pada lensa. Kendalanya juga tentunya sama buat memotret bawah laut. Tidak bisa dirubah apperture nya setelah masuk ke dalam casing tanpa harus mengeluarkan lensa dari casingnya.

Untungnya untuk pemotretan bawah laut, kita tidak terlalu harus sering merubah apperture. Jadi ya tinggal kita atur di f/8-f/11 untuk depth of fieldnya. Saya lebih memilih f/11 saja. Nanti tinggal maen di ISO atau speed.

Panjang Lensa

Lensa canon 16-35mm mempunyai ukuran yang lebih panjang, jadi untuk dipasang di casing kamera perlu tambahan port lagi supaya dome bisa masuk. Tapi karena lensa samyang 14mm dan samyang 8mm ini lebih pendek sehingga tidak perlu menggunakan tambahan port lagi. Dengan berkurangnya satu port, ternyata berpengaruh juga terhadap bouyancy casing ketika di dalam air. Kalau sebelumnya dengan hanya satu strobe kamera masih sedikit positif bouyant. Tapi ketika dilepas satu port, casing menjadi negatif bouyant.

Test Lensa Samyang

Beberapa hari yang lalu mencoba mengetes dua lensa ini, Samyang 14mm dan Samyang fisheye 8mm . Mana yang kira-kira paling bagus digunakan untuk memotret di bawah air. Yang saya cari paling tidak ketajaman, dan fokus yang lebar sehingga tidak perlu pusing obyek pendek atau jauh.

samyang underwater 3 - Test Samyang 14mm vs Samyang Fisheye 8mm Untuk Underwater

Saya mencoba dengan mengetes dua lensa ini masing-masing tanpa dome dan dengan dome di dalam casing.

samyang underwater 1 1024x768 - Test Samyang 14mm vs Samyang Fisheye 8mm Untuk Underwater

Kalau tanpa dome, semua berjalan lancar tidak ada masalah. Fokus samyang 14 mm lebih pendek dan lebih banyak tertulis sebagai tanda di lensanya. Mulai dari 0,28 – 0,3 – 0.35 – 0,4 – 0,5 – 0,7 – 1 – 2 – 3 dan ~. Sedangkan lensa fish eye samyang 8 mm lebih pendek selisih jarak fokusnya. 0,3 – 0,4 – 0,5 – 0,7 – 1 – 1,5 – ~.

samyang underwater 2 - Test Samyang 14mm vs Samyang Fisheye 8mm Untuk Underwater

Jadi secara teori untuk ketajaman dan jarak fokus lebar sepertinya menang lensa fisheye 8mm. Hasil percobaan juga. Untuk tanpa dome jarak tajam lensa fisheye lebih banyak dibanding lensa samyang 14 mm. Dengan fokus di 0,5 – 0,7 m sudah bisa mendapatkan ketajaman dari depan hingga ke belakang.

Percobaan tanpa dan menggunakan dome tidak terlalu jauh berbeda kualitasnya. (berkurang sih karena ada sih boret-boret di dome hihihihih). Tapi untuk ketajaman memang masih lebih tajam dengan menggunakan lensa fisheye samyang 8mm.

Jadi setelah test, sepertinya besok akan dicoba menggunakan lensa fisheye samyang 8mm sebagai pengganti lensa canon 16-35 f/4. Setingan akan dicoba menggunakan F/8-F/11 dan fokus pada 0.5- 0,7 meter.

Yang agak ribet nanti tentunya di pencahayaan karena sementara ini masih menggunakan satu strobe inon z330 dibantu dengan tambahan video light sekitar 4000lm.

Hasil dengan Samyang Fisheye 8mm

3 hari ini mencoba menggunakan lensa Samyang Fisheye 8mm untuk menemani canon 5D mark II nya di bawah air. Beberapa hasilnya memuaskan dengan setingan F/8-F/11, dan main di fokus 0.5-0.7 meter.

Foto-foto sudah diproses dari file RAW dan dicrop untuk menyesuaikan komposisi.

komodo 102 25 - Test Samyang 14mm vs Samyang Fisheye 8mm Untuk Underwater
komodo 101 12 1024x675 - Test Samyang 14mm vs Samyang Fisheye 8mm Untuk Underwater
komodo 101 11 1024x627 - Test Samyang 14mm vs Samyang Fisheye 8mm Untuk Underwater

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *