the Magnificent Bromo – behind the scene (1) (indonesia)

ahkirnya saya mempunyai sedikit waktu luang untuk kembali mengerjakan proyek website landascape indonesia ini
saya akan coba menuliskan beberapa catatan selama saya melakukan beberapa trip, apa yg berkesan, bagaimana suasana dan momen pengambilan suatu gambar, dan banyak lagi.
saya akan mulai dengan catatan waktu di Bromo bulan Juli 2010 kemarin

bromo.. view from pananjakan

pananjakan, seperti kita semua ketahui merupakan salah satu spot favorit di bromo. hampir setiap pagi tempat pengamatan ini dipenuhi oleh pengujung,baik dari indonesia maupun turis asing dari berbagai negara.

pagi itu kami berangkat jam 02.30 dari ranu pane setelah sore sebelumnya kami sampai di rumah cak Mo setelah perjalanan ke puncak mahameru. dengan menaiki mobil off road bak terbuka dipenuhi dengan tas ransel segede karung kami melaju cepat di lautan pasir, menembus tirai kabut bromo.

sesampai di dekat panajakan ternyata sudah banyak mobil jeep yang parkir. sehingga kami cukup puas berhenti sekitar 300 m sebelum pos pengamatan dan dilanjutkan dengan berjalan kaki diatara ratusan pengunjung lain yang berdesak desakan di jalan yang tidak terlalu lebar.

yg ada di benak saya sebelumnya adalah kita bisa mendapatkan view bromo berlatar belakang semeru yg menawan. tapi ternyata sampai di atas penuh dengan orang. lokasi strategis di dekat pagar juga sudah ditempati banyak orang. sebagian besar orang yang di atas pananjakan ini memang menunggu saat matahari terbit. hanya ada beberapa tempat di sebelah kanan yg masih agak sedikit longgar. lumayan untuk sekedar meletakan tripod walau ada resiko tersenggol yang lalu lalang :D.

sempat berdiskusi dengan salah satu turis dari German yang sudah ketiga kalinya ke Bromo. dia merekomendasikan tempat di sebelah kanan . kl di atas memang bisa melihat sunrise, tapi katanya sunrise di bromo itu biasa, yang fantastik apabila gunung semeru berwarna merah terkena matahari pagi, selain tentunya apabila cukup beruntung kabut abadi yang menutupi lautan pasir dan semeru dengan asap letusan nya.

hanya sempat mengambil beberapa jepretan sebelum langit menjadi terang lumayan masih bisa mendapat sedikit jejak bintang di atas langit bromo.

f8 600sec iso400 | canon 450D + canon 10-22 | focal length 11mm

dan benar juga yang dibilang mr dari german tadi bahwa matahari bersinar dan membuat gunung semeru menjadi kemerahan. itulah salah satu seni dari memotret landscape.. cahaya…

 

f16 10 sec iso100 | canon 450D + canon 10-22 | focal length 16mm

perjalanan pulang dari pananjakan terdapat sedikit musibah.
ban belakang mobil yang kami pakai terlepas 😀
untung tidak ada yg terluka

 


>