tips memotret air terjun

Di Indonesia banyak ditemui air terjun atau kalau di sunda dikenal dengan nama Curug. Mulai dari yang tingginya cm 3 meter sampai dengan yang berpuluh puluh meter. Kenapa begitu ? karena di Indonesia banyak pegunungan dan setiap sungai yang mengalir dari mata air di pegunungan dan kemudian turun melewati tebing bisa kita sebut sebagai air terjun.. hahahaa (ndak penting banget :p). Pengen tahu beberapa tips memotret air terjun ndak?

telijan mawan1 - tips memotret air terjun

Saya sendiri suka menyempatkan diri untuk mengunjungi air terjun di setiap ada kesempatan untuk berjalan jalan. Karena selain biasanya pemandangan di sekitar air terjun bagus dan kalau pas lagi beruntung datang di hari rame banyak gadis gadis muda yang berbasah basahan di bawah air terjun (halah, makin ndak penting aja alasannya :p)

Ndak ding.. biasanya saya kalau bisa malah datang ke air terjun pagi hari untuk mengejar moment matahari yang belum terlalu tinggi dan terkadang kalau beruntung kita bisa mendapatkan moment ray of light di antara pepohonan dan kabut pagi.

So..ini ada beberapa tips memotret air terjun yang mungkin membantu untuk mendapatkan pemotretan air terjun yang agak”bagus” dan bukan sekedar foto air terjun”biasa” :

  • Biasakan sebelum mulai terjun dalam air .. eh dalam kesibukan memotret untuk melakukan survey daerah. Jadi kita bisa tahu lokasi atau spot spot yang mungkin akan terlewat oleh kita apabila datang dan langsung memotret
  • Seperti pemotretan di alam bebas lainnya.. SAFETY FIRST.. baik itu untuk keamanan pribadi maupun peralatan kita. Jangan terlalu memaksakan diri sampai membahayakan keselamatan kita maupun peralatannya. seperti pada saat di Curug Malela (Foto dibawah) karena hujan deras sehingga lokasi dibawah air terjun pun cukup deras..padahal kalau bisa memotret dari bawah akan lebih bagus lagi hasil fotonya..tapi juga keamanan agak kurang terjamin.

curug malela1 - tips memotret air terjun

  • Usahakan untuk mendapatkan foto dengan sudut pengambilan rendah (low angle) ataupun tinggi (high angle) untuk mendapatkan hasil yang lebih dramatis. Jangan terpaku dengan sudut pengambilan sebatas mata karena hasilnya pun akan tampak”normal” seperti kita melihat dengan mata kita.

curug cibadak1 - tips memotret air terjun

  • Aturan komposisi 1/3 juga bisa kita praktekan di sini untuk mendapatkan gambar dengan komposisi yang cukup dinamis. Jangan meletakan air terjun tepat di tengah gambar.

air terjun munduk1 - tips memotret air terjun

  • coba masukan beberapa obyek natural sebagai frame untuk melihat air terjun dalam sudut pandang yang berbeda.

curug cikaso1 - tips memotret air terjun

  • Air terjun merupakan salah satu obyek favorit saya untuk bermain slow speed. Di sini lah salah satu keunggulan foto karena kita bisa mendapatkan hasil yang benar benar di luar hal normal yang biasa kita lihat. Karena air yang mengalir akan menjadi lembut seperti tirai air.
  • Tripod, cable release dan lap pembersih lensa merupakan peralatan standar yang musti dipersiapkan untuk mendaptkan hasil yang maksimal
  • Cari obyek untuk menjadi foreground yang cukup menarik. Bisa batu, bisa dahan pohon. Jangan Cuma memotret air terjun ya air terjunnya saja..
  • Jangan terpaku dengan lensa wide saja.. lensa tele juga bisa kita gunakan untuk mendapatkan detail suatu area. Entah arus air di salah satu belokannya, atau juga batu yang terkena air bisa menjadi obyek foto yang menarik juga.
  • Sering melihat beberapa hasil foto air terjun oleh fotografer lain untuk kita jadikan referensi. Jangan pernah merasa malas untuk selalu belajar
  • Ajak teman yang juga senang memotret..paling tidak satu.. soalnya kl teman hanya suka jalan jalan dan bermain air bisa dipastikan Anda juga akan tertarik untuk segera menceburkan diri ke bawah air terjun . sialnya lagi ngajak temen yang bête dengan air terjun bisa bisa baru 3 x jepretan sudah ngajakin kita pulang..hahahha
  • Bawa bekal makanan kecil dan air minum yang cukup, karena terkadang untuk mencapai lokasi air terjun kita perlu berjalan kaki cukup jauh dengan medan yang cukup lumayan menguras energy.
  • Usahakan datang pagi hari untuk mendapatkan berkas sinar matahari yang terkadang kita dapati menembus kabut air di antara pepohonan. Selain itu juga untuk mengurangi resiko banyaknya pengunjung yang mungkin bertepatan berkunjung bila hari mulai siang. Anda kan ingin memotret alam kan bukan memotret gadis berbasah basahan? :p

sendang gile1 - tips memotret air terjun

  • Bawa baju ganti..siapa tahu nanti perlu mencemplungkan diri ke air untuk mendapakan komposisi yang cukup menarik dan sekalian mandi 😀

Nanti ditambah lagi bila sudah mendapatkan ide ide baru seputaran tips memotret air terjun.

mampir juga untuk mendonwload buku tips memotret air terjun yang bisa dibaca dan online atau di download di sini :

SCRIBD :
http://www.scribd.com/doc/52630384/LI-Tips-Memotret-Air-Terjun-Small

ISSUU :
http://issuu.com/widhibek/docs/tips-memotret-air-terjun

Selamat berhunting ria di air terjun yaww

widhibek
www.LandscapeIndonesia.com


>