tips memotret sunrise

Sunrise merupakan moment yang dikejar dan diharap oleh fotografer landscape.
tapi terkadang sunrise yang kita kejar berada di tempat baru yang belum pernah kita datangi. beberapa tips yang mungkin bisa membantu untuk mendapatkan moment indah itu melalui kamera :

1. riset lokasi.
sebelum mulai mendatangi suatu lokasi untuk pemotretan matahari terbit ada baiknya kita mencoba mencari informasi mengenai lokasi tersebut. bagaimana menuju ke sana, apa saja yang perlu dipersiapkan, bagaimana kondisi di lokasi.
semua informasi bisa dicari melalui internet.
paling bagus memang apabila kita bisa mengajakan teman atau penduduk setempat untuk mendatangi lokasi tersebut.
apabila mempunyai GPS bisa juga mencoba memasukan waypoint lokasi ke dalam gps Anda. sehingga akan mempermudah menuju lokasi.


2. cari referensi

jangan lupa juga untuk mencari referensi foto foto apa saja yang sudah pernah fotografer lain ambil dari lokasi tersebut. bukan sekedar untuk ditiru mentah mentah, tapi untuk mengetahui seperti apa lokasinya, foto terbaik seperti apa yang bisa mereka dapat, dan harapannya nanti kita bisa mengambil foto yang berbeda dengan yang sudah ada


3. berangkat lebih pagi

biasanya matahari terbit di daerah Indonesia berkisar dari mulai pukul 05.15 – 05.45. tapi jangan lupa terkadang moment indah dimana langit dipenuhi berkas oranye matahari yang malu malu muncul terkadang terjadi sebelum matahari terbit. jadi berangkat lah lebih pagi, cari lokasi terbaikmu dan nikmati salah satu keindahan yang alam berikan secara gratis ini.


4. perhatikan lokasi

dengan datang lebih pagi kita bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. perhatikan suasana sekitar, lihat kira2 mana yang mempunyai posisi terbaik, tidak terhalang dan mempunyai lokasi yang aman untuk menaruh tripod dan diri kita.jangan sampai ketika kita sedang asyik menjepret momen di depan kita peralatan kita sampai ada yang jatuh ke dalam jurang (pengalaman pribadi soalnya hahahaha)


5. tripod dan kabel release

bumi yang masih belum mendapat sinar matahari memaksa kita harus menggunakan speed yang rendah. jadi tripod yang cukup kuat amat penting untuk bisa memastikan moment indah tersebut tidak berahkir dengan gambar yang bergoyang. selain itu kabel release juga sangat membantu untuk mendapatkan gambar yang bebas dari goyangan.

semoga bisa sedikit menambah wawasan.. dan akan diusahakan diupdate dengan tips tips lainnya seputaran pemotretan sunrise

widhibek
www.LandscapeIndonesia.com


>