IMG 9377 560x416 - Tips Menghadapi Kacau Jadwal  Penerbangan Karena Kabut Asap Kalimantan

Beberapa hari kemarin, @Widhibek, admin Landscape Indonesia harus mengalami perubahan rencana perjalanan di Kalimantan karena kabut asap yang merajalela di Kalimantan. Penerbangan dibatalkan, dan diundur menjadi hal yang wajar selama beberapa hari di sana.

Kabut asap tahun ini memang cukup mengganggu. Jarak pandang yang terbatas membuat beberapa maskapai penerbangan memutuskan untuk menunda dan membatalkan penerbangan dengan alasan keselamatan.

Kalau sudah begitu ya terpaksa kita berserah kepada nasib baik ya.. Ada beberapa yang bisa kita lakukan apabila suatu waktu kita (semoga tidak) terpaksa mengalami kejadian seperti ini.

A. Persiapkan Rencana Cadangan

Walau kita tidak berharap ada kejadian diundur atau dibatalkan penerbangan kita, tapi ndak ada salahnya kita bersiap. Paling tidak kita punya strategi apabila ternyata moda transportasi yang kita gunakan tidak jalan kita punya rencana lainnya.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 12.59.27 - Tips Menghadapi Kacau Jadwal  Penerbangan Karena Kabut Asap Kalimantan
kondisi kabut di perjalanan menuju Pontianak (credit photo : Deasy)

Seperti kemarin dari Putussibau ke Pontianak rencana dengan pesawat tapi karena dicancel sehingga kami mencari beberapa alternatif lainnya, yaitu jalur darat. Ada beberapa yang bisa kita gunakan, dengan kendaraan umum seperti bus atau taksi atau sewa mobil kalau kita bersama teman-teman.

Catat juga beberapa nomer kontak yang bisa kita hubungi kalau kondisi memaksa kita harus merubah moda transportasi. Terutama kontak agen bus, agen taksi dan sewa mobil.

B. Cari Informasi Sehari Sebelumnya

Sehari sebelumnya kami sudah mendapatkan informasi bahwa hari itu pesawat dari Putussibau ke Pontianak tidak ada yang terbang dengan alasan kabut asap yang tebal di Ketapang yang harusnya nanti menjadi pesawat yang ke Putussibau. Jadi kami sudah bisa bersiap dengan rencana lainnya.

C. Gunakan Aplikasi Flight Radar

Aplikasi Flight Radar cukup berguna untuk mengetahui jadwal pesawat yang datang dan terbang dari suatu bandara. Kita bisa mengecek penerbangan sebelumnya apakah ditunda, diundur atau tidak ada masalah. Kita bisa melihat pesawat yang akan kita gunakan apakah sudah terbang dari bandara awal atau masih mengalami keterlambatan. Paling tidak bisa kita gunakan untuk bersiap.

Screenshot 463 - Tips Menghadapi Kacau Jadwal  Penerbangan Karena Kabut Asap Kalimantan
sampai sore ini masih banyak yang cancel 🙁

Saya rencana awal terbang dengan pesawat paling pagi. Tapi sampai tengah malam belum ada kepastian pesawat dari sudah mendarat di Pontianak. Pesawat paling pagi biasanya malam sebelumnya sudah mendarat dan paginya bisa langsung terbang. Jadi akhirnya saya putuskan membeli tiket penerbangan pagi yang kedua. Dan benar saja pesawat paling pagi hampir semuanya dicancel.

D. Beli Tiket Penebangan Terkoneksi

Kalau kita melakukan penerbangan lanjutan, usahakan untuk membeli penerbangan dengan maskapai yang sama sehingga bisa saling terhubung untuk mengurangi resiko ketika ada perubahan jadwal penerbangan. Kalau terkoneksi kita biasanya masih bisa mendapatkan penerbangan berikutnya apabila ada perubahan jadwal.

E. Cek Ramalan Cuaca Lokal

Screenshot 464 - Tips Menghadapi Kacau Jadwal  Penerbangan Karena Kabut Asap Kalimantan
masih berasap

Kita juga bisa mendapatkan ramalan cuaca dan juga perkiraan kabut asap dari website BMKG
https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca.bmkg?Kota=Pontianak&AreaID=501315&Prov=13

sedangkan untuk kualitas udara bisa diakses di website :
https://www.bmkg.go.id/kualitas-udara/informasi-partikulat-pm10.bmkg?Lokasi=PONTIANAK

Screenshot 465 - Tips Menghadapi Kacau Jadwal  Penerbangan Karena Kabut Asap Kalimantan

https://www.airvisual.com/indonesia

F. Pengaturan Waktu Perjalanan

Seperti kemarin saya kena cancel penerbangan sehingga harusnya tanggal 16 September kemarin sudah terbang kembali ke Jakarta, tapi ternyata malah masih berada di mobil selama 13 jam. Jadi saat ini agak sulit mengatur waktu, apalagi kalau butuh waktu yang sempit dan presisi. Usahakan untuk mengatur waktu apabila memang kondisi penerbangan tidak memungkinkan.

G. Bawa Makanan Kecil

Lumayan buat pengganjal perut kalau harus menunggu berjam-jam tanpa kepastian. Paling tidak selama menunggu perut kita tidak kosong dan ada aktivitas yang bisa dikerjakan.

H. Bawa Buku buat Mengisi Waktu

Salah satu aktivitas untuk mengisi waktu buat saya adalah dengan membaca. Saya kadang menyimpan beberapa ebook di handphone biar kalau pas lagi tidak bawa buku masih bisa membaca.

I. Beli Asuransi Penerbangan

WhatsApp Image 2019 09 18 at 17.49 - Tips Menghadapi Kacau Jadwal  Penerbangan Karena Kabut Asap Kalimantan

Kalau sudah tahu kemungkinan pesawat yang akan kita gunakan delay, ada baiknya kita membeli asuransi yang biasanya disediakan beberapa travel agen online. Lumayan lah buat pengganti capek menunggu di bandara ada uang kompesasinya.

J. Tetap Positif

Usahakan kita tetap berpikiran positif. Jangan terbawa emosi karena kondisi seperti sekarang memang bisa dibilang kondisi khusus. Jadi maskapai juga pasti lebih mementingkan keselamatan penerbangan dibandingkan harus memaksakan terbang.

Capek fisik pasti, saya hanya istirahat sekitar 3 jam dan setelah itu menunggu tanpa kepastian selama 7 jam di bandara. Mengisi waktu dengan menulis, membaca buku, membuat rencana perjalanan lainnya cukup berguna untuk melewatkan waktu di bandara kok.

Itu beberapa hal yang saya lakukan sembari menunggu penerbangan yang seharusnya berangkat jam 7 pagi tapi sampai jam 13 masih belum ada kepastian. Beruntung setelah itu dapat kabar jam 14.30 boarding dan bisa terbang kembali ke Jakarta.

Ada yang punya pengalaman atau tips lainnya saat penerbangan kita berubah jadwalnya ? Silakan tulis di komentar ya buat diskusi bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *