Foto

test jpg/raw kamera canon 6D

test jpg/raw kamera canon 6d

Minggu pagi kemarin mumpung sedang liburan ke Kalisoro, Tawangmangu, Jawa Tengah saya manfaatkan sekalian untuk test kemampuan kamera Canon 6D. Cuaca yang cukup cerah kadang sedikit berkabut cocok untuk mengetes kemampuan dynamic range dari kamera full frame entry level canon ini. Kalisoro sendiri merupakan bumi perkemahan dibawah perhutani. Saya terakhir ke sini jaman smp dulu (eaaa... jadul amat :p ). Masih seperti beberapa puluh tahun lalu, di sekeliling bumi perkemahan dipenuhi dengan pohon pinus dibalut udara segar pegunungan.

Read more: test jpg/raw kamera canon 6D

Fotografi HDR Pantai Baron dengan Nikon D800

pantai baron dalam HDR

Setelah selama beberapa hari menunggu waktu yang tepat dan cuaca cerah , akhirnya saya dapat kesempatan untuk menembak gambar landscape di kawasan pantai selatan kota Yogyakarta, yaitu Pantai Baron dan sekitarnya. Dengan berbekal kamera DSLR Nikon D800 dengan dua lensa AFS 24-70mm f/2.8G ED dan AFS 14-24mm f/2.8G ED, kedua lensa ini adalah andalan saya untuk mengambil gambar landscape. Saya menyadari adalah sulit bagiku untuk mengambil landscape sunset atau sunrise dengan lensa 14-24mm karena tidak adanya filter yang tersedia, sehingga semula lensa 14-24mm ini sebagai cadangan lensa saja.

Read more: Fotografi HDR Pantai Baron dengan Nikon D800

Tutorial Meluruskan Horizon dengan Photoshop

Tips meluruskan horizon dengan photoshop

Seringkali ketika kita selesai melakukan pemotretan di pantai dan melihat hasilnya di layar monitor kita, beberapa foto ada yang terlihat mempunyai horizon yang tidak lurus. Beberapa teman secara berkelakar menyebut laut nya tumpah ketika melihat foto landscape pantai dengan horizon yang miring :D.

Garis lurus kaki langit cukup kuat di dalam komposisi foto landscape pantai. Sehingga apabila di dalam komposisi tidak lurus terkadang menyebabkan foto menjadi “kurang pas” (terkecuali memang dalam beberapa foto yang sengaja dibikin miring  untuk menambah kesan dramatis, itu soal beda)

Apabila sudah terlanjur hasil foto kita miring miring masih bisa kok diluruskan dengan menggunakan beberapa software pendukung. Pada tutorial kali ini kita menggunakan software Photoshop CS 4.

 

Read more: Tutorial Meluruskan Horizon dengan Photoshop

Memotret Malam di Gunung

 

pemandangan malam di ranu kumbolo

Setelah seharian menguras tenaga, menapaki jalanan terjal, keringat bercucuran membasahi tubuh, dan rasa penat di pundak dan kaki, malam merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengistirahatkan tubuh. Sebagian rekan memilih mengisi malam dengan memuaskan hobi masak memasak, beberapa rekan lainnya bersantai dengan mengobrol di depan api unggun. Saya sendiri lebih banyak menggunakan waktu malam untuk melakukan ritual hunting foto. Hah ? motret di malam hari ? apa tidak hasilnya cuma hitam saja mas ? apa tidak takut nanti kamera rusak kena suhu dingin ?

Dari beberapakali perjalanan ke gunung, saya beruntung mendapatkan cuaca malam yang cerah. Langit bertabur bintang, sesekali nampakgoresan jalur bintang jatuh membelah malam. Terkadang nampak kabut galaksi yang dikenal dengan bima sakti (milky way) mengisi frame natural malam hari.

Berikut beberapa tips untuk yang pengen mencoba memotret di gunung pada waktu malam :

Read more: Memotret Malam di Gunung

Tutorial Meluruskan Horizon dengan Picasa

Setelah sebelumnya kita bahas Tutorial Meluruskan Horizon dengan Photoshop,maka kali ini kita bahas meluruskan horizon dengan Picasa. Picasa merupakan software pengolah foto yang bisa didownload secara gratis melalui http://picasa.google.com/

Tutorial Meluruskan Horizon dengan Picasa

Read more: Tutorial Meluruskan Horizon dengan Picasa

KLAYAR – Surga Kecil Pencinta Landscape Slow Speed

Klayar | surga kecil slow speed landscape

Minggu, 18 Maret 2012 kemarin, bertiga dengan beberapa rekan dari forum NGI regional solo, Wuntat dan Fitria kami menyempatkan untuk melipir ke daerah Pacitan. Tepatnya ke salah satu pantai yang terkenal dengan gerbang alamnya, Pantai Klayar.
Perjalanan dadakan ini dimulai sekitar pukul 23.30 malam dari Solo. Di Baturetno kami sempatkan beristirahat sebentar di rumah Fitri. Sekitar pukul 03.30 pagi kemudian kami sudah membelah kota kecil ini menuju Selatan. Perjalanan agak sedikit membingungkan bila belum pernah ke sini. Karena petunjuk yang ada tidak menyebutkan pantai Klayar. Sehingga kami sempat berberapa kali berhenti untuk bertanya ke beberapa orang yang kami temui di jalan. Tanda yang mudah diingat adalah pertigaan dengan masjid dan ada penunjuk jalan menuju Goa Gong dan Goa Tabuhan. Setelah masuk ke jalan menuju Goa Gong baru penunjuk jalan yang menunjukan Pantai Klayar baru terlihat.. aneh kan :D

Read more: KLAYAR – Surga Kecil Pencinta Landscape Slow Speed

tebarkan "racun" ini ke teman-teman anda :D

FacebookMySpaceTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksRedditTechnoratiLinkedinRSS FeedPinterest

ikuti update terbaru melalui

Update via Email

Dapatkan informasi terbaru seputar update website, event hunting dan traveling, ebook terbaru
GRATIS melalui email Anda

silakan masukan alamat email Anda :


*kerahasiaan data Anda akan terjaga dan hanya digunakan untuk informasi update

Artikel yang berhubungan

 

FREE-BOOK