pano ketep1.jpg

Landscape Indonesia

Foto

DISKUSI : dasar fotografi landscape

Diskusi : Peralatan Landscape

Untuk teman-teman yang baru belajar foto landscape kami memberikan ruang untuk saling berdiskusi mengenai dasar-dasar fotografi landscape. Silakan ajukan pertanyaan di bagian komentar di bawah ini, dan kami tidak berjanji akan bisa memberikan semua jawaban yang memuaskan karena kami sendiri juga sedang tahap belajar. Silakan juga kalau ada teman-teman yang bisa membantu menjawab bisa saling berdiskusi di sini.

Read more: DISKUSI : dasar fotografi landscape

DISKUSI : Peralatan Fotografi Landscape

Diskusi : Peralatan Landscape

Untuk teman-teman yang baru belajar foto landscape kami memberikan ruang untuk saling berdiskusi mengenai peralatan apa saja yang bisa menunjang hobi memotret pemandangan ini supaya bisa lebih menyenangkan. Silakan ajukan pertanyaan di bagian komentar di bawah ini, dan kami tidak berjanji akan bisa memberikan semua jawaban yang memuaskan karena kami sendiri juga sedang belajar. Silakan juga kalau ada teman-teman yang bisa membantu menjawab bisa saling berdiskusi di sini.

Read more: DISKUSI : Peralatan Fotografi Landscape

Mengabadikan perjalanan menggunakan 2 kamera

mengabadikan 2 kamera

Semenjak upgrade body kamera menjadi canon 6D, saya beberapa kali melakukan perjalanan dengan membawa juga kamera 450D sebagai backup apabila terjadi sesuatu di perjalanan. Perjalanan ke Rinjani dan Dieng adalah beberapa perjalanan dimana saya menggunakan kedua kamera itu secara bersamaan. Dan memang ternyata banyak sudut pandang baru yang terekam ketika menggunakan kedua kamera secara bersamaan. Biasanya kamera canon 6D kalau untuk memotret malam dipasangkan dengan samyang 14mm, sedangkan kalau kondisi memotret selain malam dengan lensa canon 24-105mm. Canon 450D biasanya kalau tidak terpasang samyang 35mm dipasangkan dengan canon 70-200mm. 

Ada beberapa plus dan minus kalau membawa dua kamera dan beberapa lensa sih. Beberapa poin ini yang saya rasakan dari beberapa perjalanan belakangan ini.

Read more: Mengabadikan perjalanan menggunakan 2 kamera

test jpg/raw kamera canon 6D

test jpg/raw kamera canon 6d

Minggu pagi kemarin mumpung sedang liburan ke Kalisoro, Tawangmangu, Jawa Tengah saya manfaatkan sekalian untuk test kemampuan kamera Canon 6D. Cuaca yang cukup cerah kadang sedikit berkabut cocok untuk mengetes kemampuan dynamic range dari kamera full frame entry level canon ini. Kalisoro sendiri merupakan bumi perkemahan dibawah perhutani. Saya terakhir ke sini jaman smp dulu (eaaa... jadul amat :p ). Masih seperti beberapa puluh tahun lalu, di sekeliling bumi perkemahan dipenuhi dengan pohon pinus dibalut udara segar pegunungan.

Read more: test jpg/raw kamera canon 6D

Fotografi HDR Pantai Baron dengan Nikon D800

pantai baron dalam HDR

Setelah selama beberapa hari menunggu waktu yang tepat dan cuaca cerah , akhirnya saya dapat kesempatan untuk menembak gambar landscape di kawasan pantai selatan kota Yogyakarta, yaitu Pantai Baron dan sekitarnya. Dengan berbekal kamera DSLR Nikon D800 dengan dua lensa AFS 24-70mm f/2.8G ED dan AFS 14-24mm f/2.8G ED, kedua lensa ini adalah andalan saya untuk mengambil gambar landscape. Saya menyadari adalah sulit bagiku untuk mengambil landscape sunset atau sunrise dengan lensa 14-24mm karena tidak adanya filter yang tersedia, sehingga semula lensa 14-24mm ini sebagai cadangan lensa saja.

Read more: Fotografi HDR Pantai Baron dengan Nikon D800

Tutorial Meluruskan Horizon dengan Photoshop

Tips meluruskan horizon dengan photoshop

Seringkali ketika kita selesai melakukan pemotretan di pantai dan melihat hasilnya di layar monitor kita, beberapa foto ada yang terlihat mempunyai horizon yang tidak lurus. Beberapa teman secara berkelakar menyebut laut nya tumpah ketika melihat foto landscape pantai dengan horizon yang miring :D.

Garis lurus kaki langit cukup kuat di dalam komposisi foto landscape pantai. Sehingga apabila di dalam komposisi tidak lurus terkadang menyebabkan foto menjadi “kurang pas” (terkecuali memang dalam beberapa foto yang sengaja dibikin miring  untuk menambah kesan dramatis, itu soal beda)

Apabila sudah terlanjur hasil foto kita miring miring masih bisa kok diluruskan dengan menggunakan beberapa software pendukung. Pada tutorial kali ini kita menggunakan software Photoshop CS 4.

 

Read more: Tutorial Meluruskan Horizon dengan Photoshop

diskusi dasar fotografi landscape

diskusi peralatan fotografi landscape

Cartenz Adventure Store

cephoo.com - cetak photobook

tebarkan "racun" ini ke teman-teman anda :D

FacebookMySpaceTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksRedditTechnoratiLinkedinRSS FeedPinterest

ikuti update terbaru melalui

Update via Email

Dapatkan informasi terbaru seputar update website, event hunting dan traveling, ebook terbaru
GRATIS melalui email Anda

silakan masukan alamat email Anda :


*kerahasiaan data Anda akan terjaga dan hanya digunakan untuk informasi update

Artikel yang berhubungan

 

FREE-BOOK