Foto

Memotret Malam di Gunung

 

pemandangan malam di ranu kumbolo

Setelah seharian menguras tenaga, menapaki jalanan terjal, keringat bercucuran membasahi tubuh, dan rasa penat di pundak dan kaki, malam merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengistirahatkan tubuh. Sebagian rekan memilih mengisi malam dengan memuaskan hobi masak memasak, beberapa rekan lainnya bersantai dengan mengobrol di depan api unggun. Saya sendiri lebih banyak menggunakan waktu malam untuk melakukan ritual hunting foto. Hah ? motret di malam hari ? apa tidak hasilnya cuma hitam saja mas ? apa tidak takut nanti kamera rusak kena suhu dingin ?

Dari beberapakali perjalanan ke gunung, saya beruntung mendapatkan cuaca malam yang cerah. Langit bertabur bintang, sesekali nampakgoresan jalur bintang jatuh membelah malam. Terkadang nampak kabut galaksi yang dikenal dengan bima sakti (milky way) mengisi frame natural malam hari.

Berikut beberapa tips untuk yang pengen mencoba memotret di gunung pada waktu malam :

 

Peralatan

Karena memotret malam termasuk salah satu kategori memotret yang khusus jadi mungkin membutuhkan juga beberapa peralatan pendukung untuk menghasilkan foto yang bagus.

Kamera yang mempunyai fasilitas mode manual diperlukan untuk bisa menangkap hasil foto dengan kualitas cahaya rendah. Kalau yang tidak ada fasilitas mode manualnya terpaksa harus lebih kreatif dengan pencahayaan yg ada atau mengandalkan lampu flash tapi dengan hasil yang standar saja.Kamera poket yang mempunyai fasilitas mode manual maupun DSLR (digital slr) kelas entry level sudah cukup kok untuk dipergunakan memotret malam hari.

Tripod juga merupakan salah satu pendukung untuk memotret malam. Karena pencahayaan yang rendah sehingga terkadang kita harus menggunakan kecepatan yang sangat rendah. Kalau terasa membawa tripod bisa mengandalkan tripod alam, seperti batu, dahan pohon, dll. Tapi memang kelemahannya kita akan jadi lebih terbatas dalam melakukan pemotretan.

Kabel release juga bisa kita bawa apabila kita memang berniat untuk mengabadikan lintasan bintang (star trail). Karena bisa membantu untuk mengunci kecepatan shutter kamera sesuai dengan yang kita inginkan.

Lampu flash bawaan kamera sebenarnya cukup untuk pemotretan malam, tapi apabila ingin lebih hasil yang lebih kreatif kita bisa memasukan lampu flash external. Lampu flash external biasanya digunakan ketika melakukan pemotretan malam dengan memasukan obyek penting ke dalam komposisi kita.

Baterai juga menjadi salah satu pendukung yang perlu. Apalagi di suhu yang dingin baterai akan cepat drop. Batere cadangan yang tidak digunakan sebaiknya dibungkus kain hangat.

Perbedaan suhu yang hangat di dalam tenda dan berubah dratis di luar terkadang menyebabkan permukaan lensa menjadi berkabut. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan tidak melalukan perpindahan suhu secara mendadak. Masukan kamera ke dalam tas plastik, ikat (atau tali) serapat mungkin. Biarkan dulu sampai sejenakan supaya suhu di dalam plastic bisa beradaptasi. Setelah itu baru dipindahkan ke tempat yang berbeda suhunya. Jangan langsung dilepas ikatannya, biarkan suhu di dalam plastic menyesuaikan suhu di di luar.

Mengatur Setingan Kamera

Fokus. Karena malam gelap sehingga auto focus pada lensa biasanya akan lama mencari focus yang tepat dan seringkali meleset. Rubah ke mode manual focus dan atur di focus yang diinginkan. Apabila tidak ada obyek yang dekat, bisa menggunakan manual focus ke unlimited focus. Cara paling mudah, atur lensa ke arah unlimited (tanda ~) dan geser sedikit ke arah berlawanan

Diafgrama. Kondisi cahaya yang minim membutuhkan bukaan diafragma yang cukup lebar untuk bisa menghasilkan hasil dengan waktu yang tidak terlalu lama. Karena semakin lebar bukaan diafragma semakain cepat waktu yang digunakan untuk menangkap cahaya yang masuk ke sensor kamera. Lensa dengan bukaan lebar (f > 2.8) akan sangat bermanfaat. Tapi kalau adanya lensa kits dengan bukaan f/3.5 sudah cukup untuk dipakai memotret di gunung malam hari.

Kecepatan. Waktu yang digunakan dalam memotret malam biasanya akan lebih panjang daripada kalau untuk kondisi siang yang terang. Seringkali kita dipaksa harus menggunakan kecepatan lebih dari 1 detik – 30 detik. Kalau untuk menangkap lintasan bintang (star trail) bahkan terkadang bisa 2 – 10 menit (tergantung kebutuhan)

ISO. Setingan ISO kamera untuk kondisi pemotretan malam bervariasi mulai dari 100 – 1600 (kalau kamera sekarang bisa sampai 3200 – 6400). Tidak ada aturan bakunya, tergantung seperti apa hasil foto yang kita inginkan. Makin kecil ISO, waktu yang dibutuhkan lebih lama, atau bukaan difragma harus lebih besar, tapi hasil foto tidak terlalu banyak noise. Sedangkan dengan menggunakan ISO tinggi, kita bisa mempersingkat waktu atau mengurangi bukaan diafragma, dengan kekurangan hasil foto akan timbul noise.

Obyek foto

Beberapa obyek foto malam yang bisa kita abadikan ketika melakukan perjalanan naik gunung antara lain :

Tempat berkemah : perkemahan dengan tenda yang diterangi lampu bisa menjadi salah satu obyek foto malam yang menarik.Apalagi dengan latar belakang langit yang dipenuhi bintang atau cahaya lampu kota.Karena biasanya cahaya lampu tenda lumayan terang, sehingga tidak mutlak menggunakan setingan manual maupun tripod.

bermalam di tegal alun papandayan

Gemerlap lampu kotadari kejauhan. Apabila tempat bermalam kita mempunyai pemandangan yang terbuka biasanya kita bisa menikmati cahaya kota terdekat. Tripod dan setingan manual tidak mutlak tapi lebih membantu bila ada.

lampu kota jogja terlihat dari tempat bermalam kami di deles

Malam bertabur bintang. Kalau melakukan perjalanan di waktu musim kemarau, kemungkinan kita mendapatkan langit malam yang cerah akan lebih banyak. Sedikitnya polusi cahaya sehingga kita bisa menikmati malam yang dipenuhi ribuan bintang.Kamera poket dengan setingan manual maupun dslr yang menggunakan tripod harusnya mampu untuk menangkap cahaya bintang.

malam bertabur bintang di gunung gede

Foto perjalanan. Apabila kita melakukan perjalanan di waktu malam, kita bisa juga mengambil foto perjalanan tersebut. Tapi karena memang tidak bisa konsen ke memotret jadi lebih ke dokumentasi biasa. Untuk ini kamera poket dengan menggunakan lampu flash pun cukup.

perjalanan menuju puncak mahameru

Foto narsis. foto diri dengan latar belakang malam di gunung, siapa yang tidak mau kan ? bisa dipakai buat update profile di social media. Kalau mau foto narsis yang lebih bagus bisa menggunakan kamera dengan setingan manual ditambah dengan lampu flash.

berpose di pos kalimati semeru

Manajemen waktu

Yang penting adalah bagaimana kita memanfaatkan waktu yang ada sesuai dengan manajemen perjalanan yang sudah kita rencanakan.. Jangan sampai kegiatan hunting foto malam yang bukan merupakan aktivitas utama menjadi pengahalang untuk kegiatan hari berikutnya. Kecuali memang kalau Anda bertujuan untuk hunting foto dan naik gunung hanya sekedar sarana untuk mendapatkan foto foto indah di gunung seperti saya :D

menikmati keindahan alam di waktu malam

Wahyu Widhi W
Landscape Indonesia

Comments   

 
#12 Marian 2014-04-29 02:00
I leaѵe a response when I like a post on a site orr
I hhave somethiոg to valuable to contriƄute to the discussion.
It is caused by the sincerness communicаted іn the post I browsed.
And after this post Landscape Indonesia - Memotret
Malamm di Guոunɡ. I was moved enough to ƿost a thought ;-)
I actually do hɑve a few questions for you if you doo not mind.
Is it just me or do a few of the comments come aсross like left bү brain dead individuals?
:-P And, iif you aree ρosting on additiona social sites, I'd lіke to keep up with anything fresh you have to post.
Would you list the complete urls of your shared pages like your
twittеr feed, Facebook pagе or linkedin profile?

Here iѕ my ԝeb-site - Νοt woгking? (http://youcleek.com/gold_investment_8826874: http://youcleek.com/gold_investment_8826874)
 
 
#11 papu daeng oyang 2013-12-09 20:52
kapan hunting di pulau kenawa sumbawa barat Indonesia
 
 
#10 dhody putra 2013-10-30 22:51
Suka naek naek gunung sama suka jeprat jepret cocok dah,,saya tunggu info lainnya om :lol:
 
 
#9 topx 2013-10-07 23:54
:-) keren bos mantap
 
 
#8 Ara 2013-08-07 09:37
Fotonya bagus om, sayang aku hanya punya kamera pocket :sad:
 
 
#7 adtyanugroho 2013-07-15 19:41
Manteeeep hasiil nya bos..
lebih mantep lagi data exif nya di share buat belajar
hheheheh
 
 
#6 dedeunited 2013-07-13 00:08
saran yang sangat bagus, fotografi ternyata hobi yang mahal dan menyenangkan
 
 
#5 dwi p 2013-06-05 12:04
pake kamera apa nih mas?? :lol:
 
 
#4 ray tedjapati 2013-05-08 10:19
nice tips... it's very useful. thank you so much
 
 
#3 sisca 2013-03-10 22:31
eh itu yang foto narsis paling kiri dedy ambon kan ya? in yang naik bareng bang jon tend khyber pass ya?
 

Add comment

Security code
Refresh

tebarkan "racun" ini ke teman-teman anda :D

FacebookMySpaceTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksRedditTechnoratiLinkedinRSS FeedPinterest

diskusi dasar fotografi landscape

diskusi peralatan fotografi landscape

ikuti update terbaru melalui

Hunting kemana yuk

Update via Email

Dapatkan informasi terbaru seputar update website, event hunting dan traveling, ebook terbaru
GRATIS melalui email Anda

silakan masukan alamat email Anda :


*kerahasiaan data Anda akan terjaga dan hanya digunakan untuk informasi update

 

FREE-BOOK