Gunung Merapi sebenarnya tidak begitu jauh dari rumah, hanya sekitar satu jam perjalanan untuk sampai ke basecamp nya di Selo, Boyolali. Tapi terakhir saya mencapai puncaknya kalau tidak salah ingat di tahun 1997 dulu. Terbersit untuk kembali mengulang perjalanan ke gunung Merapi. Tapi kali ini bukan puncak tujuan kami, tapi hanya sekedar bercengkrama dengan alam, berangkat pagi dan sore hari sudah kembali sampai di bawah.

Foto merupakan panorama 360, silakan diputar ke kiri kanan atas bawah untuk melihat sekeliling. Kalau ada ikon kamera berwarna biru bisa diklik untuk pindah ke lokasi lainnya

Pukul 4 pagi kami berempat sudah bergerak menuju ke arah barat. Tujuan kami kali ini adalah Pasar Bubrah di Gunung Merapi.

“Kita cari sarapan dulu saja di sekitar sini, jadi masih ada jeda satu jam sebelum mulai jalan” usul Marsono ketika mobil mendekati Kartosuro. “Di dekat sini ada nasi liwet” balas Icuk yang kebagian tugas menjadi driver pagi ini.

Nasi liwet dengan lauk suwir ayam dan telor setelah itu menjadi menu sarapan pagi ini sebagai sumber energi perjalanan kami nanti.

Perjalanan ke gunung Merapi ini sebenarnya sudah ide sejak lama. Tapi baru terlaksana minggu pagi ini. Itupun sebenernya sempat batal karena kondisi cuaca yang kurang menentu belakangan ini. “Aku sudah telpon polsek Selo, biasanya hujan mulai sore hari pukul 5” ucap Marsono seakan menjadi penanda bahwa acara ke gunung Merapi akhirnya terlaksana juga.

Rencana awal berlima, tapi Dwi Suryanto berhalangan karena kondisi keluarga yang belum bisa ditinggalkan. Jadinya kami berempat, Marsono, Icuk, Adit dan Saya yang akan berjalan jalan di gunung Merapi.

Sesampai di Selo kami mampir ke salah satu warung yang sudah buka untuk memesan nasi bungkus buat bekal di pasar bubrah nanti. Lauk orek tempe, srundeng, telor ceplok dan ati ampela. Sama ibunya penjual di kasih sendok plastik supaya nanti makannya bisa lebih nyaman.

Sekitar pukul 6 kami mulai melakukan perjalanan dari New Selo. Perjalanan diperkirakan memakan waktu sekitar 5 jam jalan santai. Medan sebagian besar berupa jalan setapak yang sudah cukup jelas. Kemiringan berkisar antara 30-60 derajat.

awal perjalanan
kabut pagi hari

Di awal pendakian sampai ke sekitar ladang penduduk jalan masih berupa cor coran. Tapi karena awalan sehingga langkah kaki masih pelan. Dan tak lama kemudian terdengar suara cekikikan karena langkah kaki kami mulai bertambah pelan menapaki jalan yang terus menanjak. Marsono yang terbiasa menenteng tas ransel berukuran besar dan kali ini hanya memanggul daypack sudah cukup jauh di depan meninggalkan kami. “Mar jangan cepat cepattttt !!!”

jalan menanjak
pintu gerbang merapi

Dari New Selo menuju ke Gerbang Merapi perjalanan santai ditempuh sekitar 1 jam. Gerbang Merapi berupa pintu gerbang dan ada satu bangunan untuk berteduh. Saat itu hari minggu jadi agak cukup banyak orang di pos Gerbang Merapi. Kami menggunakan waktu istirahat sembari mengisi kembali kalori dengan makanan ringan.

dan terus menanjak
hati-hati licin
melipir
mencari pegangan
dan terus menanjak

Perjalanan dilanjutkan menuju Pos 1 : Watu Belah. Kalau sebelumnya vegetasi masih berupa kebun warga, selepas pos 1 sudah mulai memasuki daerah hutan. Jalan masih nanjak terus tapi tidak tidak terlalu curam. Di sini kita akan menjumpai percabangan. Jalur yang baru keliatannya lebih banyak landai nya sebelum nanti menanjak hingga tiba di pos 1.

menuju pos dua
jalan berbatu
tas depan belakang oke sajalah

Pos 1 menuju pos 2 baru mulai diisi jalan yang berbatu dan cukup curam. Tanjakan cukup panjang sehingga membuat kami beberapa kali berhenti, tapi sayang tidak ada alasan berhenti untuk mengambil foto karena kondisi saat itu berkabut sehingga tidak banyak pemandangan yang bisa kita lihat.

Pos 2 saat itu ramai dengan tenda-tenda yang didirikan para pendaki yang mulai menaiki merapi dari hari sabtu kemarin. Sekitar pos 2 memang cukup banyak daerah yang datar dan terlindung dari angin sehingga banyak yang memutuskan untuk berkemah di sini sebelum besoknya melanjutkan perjalanan ke Pasar Bubrah maupun puncak Merapi.

kabut selepas pos 2
banyak yang turun dari atas
mengabadikan momen
menyusuri punggungan

Dari Pos 2 menuju Pasar Bubrah kondisi tetap sama, berkabut. Bahkan terkadang saking tebalnya kami tidak bisa melihat dari jarak beberapa meter saja. Dari setelah pos 2 ini medan sudah terbuka. Kalau cuaca cerah sebenarnya kita sudah bisa melihat puncak merapi dari sekitar pos 2 ini.

lapisan kabut
 12 jam gunung merapi
jalur sebelum tiba di pasar bubrah
pasar bubrah di depan sana
selamat datang di pasar bubrah

Setelah sekitar 5 jam perjalanan santai dan banyak berhenti untuk sekedar haha hihi akhirnya sampai juga kami di Pasar Bubrah. Mencari lokasi yang agak terlindung dari angin, kemudian kami menggelar jas hujan untuk alas, dan mulai membuka bekal makan siang. Sementara di ujung sana puncak Merapi kadang terlihat dan kadang menghilang kembali tertutup kabut. Dan satu jam kemudian kami mulai mengemasin perbekalan dan kembali pulang.

cantigi merapi
rehat di pasar bubrah
puncak merapi di depan sana
berpose dengan dua bule
puncak merapi terbuka dari kabut
mengumpulkan sampah
pose bersama

Kenapa ndak ke puncak Merapi sekalian mas ? Karena sudah pernah sih.. dan peraturannya memang batas pendakian cuma sampai di Pasar Bubrah. Dan tujuan kami awal memang kami tidak mencari puncak.. kami hanya sekedar ingin menikmati alam bersama sahabat.

menuruni gunung merapi
hati-hati jalan licin
selo tertutup awah
sempat hujan

Perjalanan turun juga kami nikmati sembari berjalan santai. Gerimis sempat turun setiba kami di pos 1 sehingga memaksa kami menggunakan jas hujan untuk melanjutkan perjalanan. Sekitar pukul 6 sore kami sudah tiba kembali dengan selamat di New Selo. 12 jam perjalanan kami di Merapi cukup membuat kami bisa mensyukuri keindahan alam ciptaan Nya.