Siapa yang belum pernah dengar nama pulau Derawan ? Saya sebenarnya sudah tahu dari lama tapi urung untuk ke sana karena pertimbangan waktu dan biaya. Beruntung bulan kemarin mendapatkan tawaran untuk membantu dokumentasi teman-teman dari Etitu (ITB angkatan 82) yang akan mengadakan perjalanan ke Derawan.

Perjalanan menuju ke Derawan bisa diakses melalui beberapa cara. Kemarin kami menggunakan cara penerbangan ke Berau dengan transit dulu di Balikpapan. Dari Berau kami melanjutkan perjalanan menggunakan mobil sekitar 2 jam menuju Tanjung Batu. Nah dari Tanjung Batu tinggal dilanjutkan perjalanan menuju ke pulau derawan sekitar 30 menit.

Foto merupakan panorama 360, silakan diputar ke kiri kanan atas bawah untuk melihat sekeliling. Kalau ada ikon kamera berwarna biru bisa diklik untuk pindah ke lokasi lainnya

landscape indonesia - derawan

Atas rekomendasi om Akbar yang sudah pernah mengunjungi Derawan kami menginap di rumah yang berada di atas permukaan laut. Total 4 hari perjalanan kami selama di Derawan.

Hari kedua kami disambut pagi yang cerah, langit merona walau sempat mentari pagi tertutup mendung. Bahkan setelah itu sempat turun hujan. Tapi bonusnya pelangi ganda muncul di langit yang biru.

Hari kedua ini kami akan berkeliling ke beberapa lokasi di sekitar pulau Derawan.

Berloncatan ke kolam di goa Haji Mangku, menguji nyali dan tentunya rasa malu “kalau tidak berani loncat nanti di tulis di spanduk ya !!!”

landscape indonesia - derawan

Berkunjung ke salah satu resort, tapi balik kanan lagi karena ternyata untuk pengunjung bukan tamu resort kena biaya 🙁

Menunggu makan siang yang terik di tanjung bahaba, nyari minuman dingin ternyata ndak ada warung yang jual

Berlatih snorkeling untuk beberapa teman yang masih belum pernah mencoba di resort maratua

landscape indonesia - derawan

Dan sore harinya yang masih kurang puas, berenang di depan penginapan

Hari ketiga di Derawan Yeaaaaa…. Cuaca pagi kurang begitu cerah karena mendung tebal menggayut di ufuk timur. Tapi seberkas cahaya oranye sudah cukup untuk sekedar foto-foto di tepian dermaga kayu di depan penginapan kami.

Hari ini kami berkunjung ke beberapa tempat lagi. Tapi sayang kami kurang beruntung karena tidak sempat melihat ikan hius paus yang biasanya muncul di sekitar bagan.

Setelah itu melihat ikan manta ray yang terbang di lautan. walau saya kurang beruntung karena awak kapal kami lebih memilih makan pagi di pinggir pantai daripada berhenti lama untuk berenang dengan manta.

landscape indonesia - derawan

Kemudian sesiangan kami bersnorkling di sekitar pulau sangalaki, walau terumbu karang dan kehidupan bawah airnya tidak begitu bervariasi.

Dilanjutkan melihat penangkaran tukik di pulau sangalaki sembari mendengar cerita dari profesor penyu, mbak Angi. Ternyata prosentase hidup tukik menjadi penyu dewasa hanya 1% lho… yuk bantu lestarikan penyu penyu

Setelah itu kami berenang di danau yang berisi ubur ubur tidak beracun di pulau kakaban. wow.. ada ratusan ubur ubur yang berenang di sekitar kami.. berwarna kecoklatan dan cukup besar.

Tujuan berikutanya ke laguna untuk sekedar berfoto foto. untuk menuju ke laguna kami melewati lorong berupa gua yang kalau pas air pasang tidak bisa dilewati.

landscape indonesia - derawan

Setelah itu pulau gosong pasir menjadi tujuan penutup perjalanan sembari menunggu matahari terbenam.

Selepas itu kami menikmati malam terakhir di depan penginapan sembari makan malam dan berbagi cerita serta menyaksikan taburan bintang.

Tapi menjelang malam hujan badai menjadi penutup perjalanan di Derawan. sampai tiang kayu penginapan kami berderak terkenan angin badai.. jadi malam itu kami tidur sembari waw was.