Mencoba GoPro untuk Memotret Pemandangan

Setelah sempat mengalami beberapa kendala menggunakan Gopro Hero 7 black untuk memotret. Akhirnya beberapa hari ini saya mencoba hanya memotret dengan Gopro Hero 7 black . Sebenarnya ada beberapa plus minusnya memotret dengan Gopro Hero 7 black ini sih. Tapi saya mencoba memaksakan untuk memaksimalkan peralatan yang ada, mumpung lensa wide saya, canon 16-35 F/4 masih masuk “sekolah”.

gopro7 hero black 01 1024x682 - Mencoba GoPro untuk Memotret Pemandangan
teman-perjalanan-baru

Keunggulan / Kekurangan GoPro Hero 7

Keunggulan (secara teori) Gopro Hero 7 Black untuk memotret pemandangan antara lain :

  • Ukuran yang cukup besar (4K)
  • format RAW
  • wide angle
  • pengaturan kamera

sedangkan minusnya antara lain :

  • Jeda yang cukup lama dari satu foto ke foto lainnya
  • untuk linear tidak bisa menggunakan format RAW
  • sering hang
  • flare kurang terlalu bagus kalau berhadapan dengan matahari
gopro7 hero black 04 1 1024x682 - Mencoba GoPro untuk Memotret Pemandangan
mengabadikan sunset

Format RAW

Format RAW merupakan salah satu kunci yang membuat dengan Gopro Hero 7 Black cocok untuk memotret pemandangan. File RAW menyimpan banyak data sehingga ketika diolah dengan software pengolah foto bisa lebih menampilkan lebih banyak detail dibandingkan dengan format JPG yang sudah diproses oleh kamera.

Sebagai contoh di bawah ini dengan menggunakan software adobe bridge kita bisa mendapatkan hasil yang lebih matang dibandingkan dengan jpg nya.

Screenshot 286 - Mencoba GoPro untuk Memotret Pemandangan
kiri setelah diproses di Adobe Bridge | kanan file jpg bawaan kamera

Sudut Lebar

Lensa sudut lebar juga cukup mendukung untuk pemotretan pemadangan alam yang memang biasanya membutuhkan kanvas yang cukup besar. Walau memang dengan bukaan lensa (kalau tidak salah f/2) membuat ketajaman yang dihasilkan tidak sebagus kamera dslr dengan lensa sudut lebar yang biasa saya gunakan.

Masalahnya

Sedangkan jeda waktu antara satu foto dengan foto lainnya masih tetap menjadi masalah buat saya. Tapi setelah beberapa kali memotret jadi memahami kekurangan ini dan lama lama terbiasa juga sih.

Yang tetap membuat jengkel itu ya, sering tiba tiba hang hahahaha.. Ini yang sering saya hadapi hingga sekarang, baik untuk pengambilan video maupun foto.

Kesimpulan GoPro untuk Memotret Pemandangan

Memang butuh waktu untuk mempelajari peralatan baru. Butuh proses pengenalan tentang apa yang bisa dan tidak bisa peralatan yang kita pakai. Begitu juga dengan Gopro Hero 7 Black ini. Ternyata GoPro untuk Memotret Pemandangan bagus juga kok hasilnya, terlebih bisa menggunakan format RAW dan mempunyai sudut lebar. Jadi sekarang Gopro Hero 7 Black ini jadi salah satu peralatan yang selalu saya bawa di tas kecil saya ini. Baik untuk video, foto maupun time lapse.

  • […] walau Gopro Hero 7 black sudah mempunyai fasilitas foto dengan sudut lebar dan super lebar (kalau yang ini tidak bisa menggunakan format RAW). Tapi terkadang masih kurang cukup juga untuk […]


  • >