komodo100 weba - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta

Setelah diving pertama di manta alley pagi tadi, setelah surface interval dan sarapan kami segera turun kembali. Ke tempat yang tidak terlalu jauh beda. Kalau pertama tadi kami turun di depan chanel, yang kedua ini kami turun di sekitar belakang chanel. Dan keputusan kami kali ini tepat.

Begitu turun kami langsung melipir menuju ke belakang chanel. Tidak begitu jauh kami sudah langsung berjumpa dengan beberapa manta yang berderet membentuk semacam barisan.

Di depan kami persis beberapa manta berenang, tapi dalam posisi tidak bergerak jauh. Hanya seperti melayang, mengepakan sayap melawan arus dari depan.

komodo 100 mantaalley 01 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta
berpencar.. cari posisi masing-masing

Kami berpencar mencari posisi strategis masing-masing. Salah satu tamu mengambil posisi di depan sebelah kanan, menambatkan reef hook pada batuan karang. Satu tamu lagi di belakang saya, sudah menambatkan reef hooknya juga.

Saya yang memang belum punya reef hook pasrah mengandalkan tangan kiri yang memegang pointer yang tertancap pada salah satu lubang batu karang. Satu tangan lagi sibuk mengarahkan kamera dan menjepretkan berkali-kali. Sembari tentunya mengamati pendaran lampu merah di strobe yang menandakan strobe sudah siap untuk digunakan.

Sahril yang melihat saya kerepotan kemudian memberi tanda untuk membantu menggunakan reef hooknya. Saya pun dengan senang hati menerima bantuannya.

komodo 100 mantaalley 03 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta
yipikayeeeyyyyy

Sahril mendekat, mengikatkan pengikat logam reef hooknya ke salah satu D-rings bcd saya. Setelah itu bergerak lincah maju ke depan mencari lokasi untuk menambatkan kait reef hook.

komodo 100 mantaalley 05 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta
terima kasih mas broooo

Saya maju perlahan mengikuti Sahril sembari tetap menjepretkan kamera, seakan enggan melewatkan momen yang berkesan seperti mimpi.

komodo 100 mantaalley 02 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta
parade manta ray

Mungkin bisa diartikan seperti melihat pawai atau parade. Tapi kali ini peserta paradenya adalah manta rays beraneka ukuran.

Mereka sepertinya memang sengaja menampilkan pertunjukan terbaik mereka. Berbaris tertata tanpa ada yang memberi komando.

komodo 100 mantaalley 04 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta
welcome to black parade

Di depan saya berbaris lebih dari 5 manta ray yang mengepakan sayapnya. Naik turun mengikuti arus di celah. Sementara di depan lagi, beberapa manta rays melakukan gerakan yang sama.

komodo 100 mantaalley 07 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta
jangan lupa tengok belakang

Saya menengok ke belakang, ternyata beberapa manta juga berbaris di belakang saya. Sesekali satu manta ray bergerak maju, lewat di atas kepala, bermain di antara gelembung udara dari regulator yang kami keluarkan.

komodo 100 mantaalley 06 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta
bagai pesawat terbang

Terkadang mereka lewat di samping kanan atau kiri, mengepakan sayapnya, bergerak melawan arus, dan kemudian bergabung di barisan depan.

Lebih dari sepuluh menit kami berada di posisi yang sama. Masing-masing yang membawa kamera maupun gopro sibuk mengabadikan momen yang indah ini.

komodo 100 mantaalley 12 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta
bayangan manta

Beberapa lagi terlihat bergaya ketika salah satu kamera terarah ke mereka, mengepakan tangan mengikuti irama tarian manta ray.

Tak lama kemudian rombongan dari grup Fauzi terlihat mucul dari depan celah. Sepertinya mereka mengikuti arus dan bertahan di dengan reef hook depan kami.

komodo 100 mantaalley 09 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta

Sahril mengirimkan pesan, menanyakan sisa udara di tanki, dengan meletakan dua jari kanan ke telapak tangan kiri. Beberapa tamu sudah memberi balasan tangan mengepal di dada, 50 bar.

Kamipun mulai berkemas, melepaskan reef hook, dan tetap mengarahkan pandangan ke depan, ke barisan parade manta ray. Seakan enggan untuk berpisah, dan ingin terus menikmati keindahan yang disajikan dunia bawah laut ini.

komodo 100 mantaalley 13 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta
see you again buddy

Kami meluncur menuju tempat yang lebih dangkal, diikut salah satu manta ray yang melayang, kemudian kembali mengepakan sayapnya dan meninggalkan kami yang masih takjub.

Diakhir perjalanan, dihari ke enam, ketika penutupan, James, ketua rombongan memberikan ucapan penutupnya. Sebenarnya setelah diving di manta alley kami sudah bisa pulang saat itu juga..

komodo 100 mantaalley 11 - Komodo Diving Log Day 100 : Ocean Full of Manta

Terima kasih Manta Alley untuk segalanya yang membuat kami bersyukur dan berharap nanti generasi mendatang masih bisa diberi kesempatan untuk menikmati keajaiban mu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *