10 Diving Spot di Komodo pilihan WidhiBek

Setelah sekitar 3 bulan berada di Komodo dan beruntung sempat menjajal beberapa diving spot di Komodo. Biasanya diving di sekitaran bagian tengah dan utara Komodo. Baru sekali turun sampai ke selatan walau hanya satu hari dan satu lokasi saja.

Sebagian besar dive spot di Komodo memang berarus, tapi jangan takut ada juga yang tenang kok. Saya coba menuliskan yang paling saya sukai. Dan masing-masing orang punya pilihan yang berbeda-beda pastinya.

Read more

Menikmati Sore di Cuntel

Nama Cuntel buat saya lebih dikenal sebagai salah satu jalur pendakian menuju ke puncak gunung Merbabu. Walau belum pernah ke sana, tapi saya yakin pasti tempatnya bagus. Beberapa waktu sebelumnya, beberapa teman menawarkan ajakan untuk glamping di sekitar Cuntel. Glamping sendiri merupakan gabungan dari glamor dan camping. Istilah yang mulai marak digunakan untuk para penyuka kemping tapi tidak terlalu suka dengan segala kerepotan berkemah. Pengen menikmati keindahan pemandangan suatu tempat tapi dengan fasilitas yang memadai. Dan Cuntel yang berlokasi di kaki gunung Merbabu bagian barat memang menawarkan pemandangan panorama indah, terutama ketika menjelang matahari terbenam. Semburat oranye dengan latar luas pemandangan daerah kopeng dan juga jejeran beberapa gunung, Andong dan Telomoyo, bakalan memuaskan mata dan penyegaran rohani. Tapi sayang ajakan glamping dan barbeque di cuntel yang pertama saya tidak bisa ikutan. Read more

Mencari Cara Terbaik untuk Membawa Kamera di Gunung

Berdasar pengalaman pendakian terakhir di gunung Lawu jalur candi cetho kemarin, rencana memotret di sepanjang perjalanan menjadi kurang berjalan lancar. Yang ada malah kamera dslr masuk ke dalam ransel, dan tidak ada dokumentasi foto selama perjalanan. Padahal cukup banyak momen yang menarik untuk diabadikan ketika pendakian. Baik untuk sekedar dokumentasi perjalanan pribadi maupun untuk bahan sharing ke teman-teman pendaki lainnya. Memang tas untuk membawa kamera di gunung terkadang kurang kita perhatikan, tapi menjadi salah satu faktor yang menaikan probabilitas memotret selama perjalanan di gunung.

Read more

Gunung Lawu Jalur Candi Cetho di Kala Hujan

Pandangan menyapu ke jalur yang sepertinya sama-sama bakalan cukup susah untuk dilewati. Di tengah, cekungan dalam berundak bekas tergerus air sudah cukup meyakinkan saya untuk tidak melewatinya. Jalur paling kanan agak melambung, tapi bekas bekas sepatu yang terpeleset membuat saya mengurungkan niat. Di sebelah kiri, jalur melewati pohon, kaki harus melangkah turun cukup dalam, tapi sepertinya paling sedikit resiko terpeleset, karena ada batang pohon buat pegangan. Pendakian Gunung Lawu jalur Candi Cetho di kala hujan memang “menyenangkan”, butuh ekstra konsentrasi supaya tidak merosot terdorong gaya gravitasi dan berujung pulang bawa celana berkubang lumpur.

Read more

Panduan Memotret di Gunung Supaya Menghasilkan Foto Berkesan

memotret-di-gunung-0

Sudah sejak lama saya jatuh cinta dengan gunung. Dimulai dari awal tahun 90 an ketika saya pertama kali menginjakan kaki di Gunung Lawu dan kemudian terus bertumbuh hingga ke gunung-gunung lain. Gunung identik dengan tempat tinggi, berada di atas awan, dan mendekatkan diri dengan kehidupan. Gunung juga menjadi sumber inspirasi yang tertuang dalam tulisan, lukisan maupun jepretan kamera. Salah satu alasan saya kembali ke gunung setelah sekitar 10 tahun absen juga karena fotografi. Semenjak saya mempunyai kamera digital, saya mulai kembali menjejakan kaki ke jalan setapak yang menanjak. Rela kembali bersusah payah menggendong ransel demi bisa terus memotret gunung dengan latar belakang tebaran bintang. Read more

Beberapa Cara dan Tips Untuk Menghasilkan Uang dari Fotografi

menghasilkan uang dari fotografi

Bagi kita fotografi adalah hobi yang sangat menyenangkan. Bisa menjelajahi pelosok negeri, mengabadikan keindahan alam, begadang hingga pagi berburu milky way. Bertemu banyak orang, berbagi cerita dan tawa hingga menangkap ekspresi jiwa orang yang kita temui. Tapi fotografi juga bukan hobi yang “murah”. Kita perlu membeli peralatan supaya lebih mempermudah kita menghasilkan karya sesuai dengan yang kita inginkan. Mengikuti kursus dan workshop untuk menambah ilmu fotografi supaya bisa terus mengikuti perkembangan. Mengeluarkan biaya perjalanan untuk mengunjungi tempat tempat indah yang mungkin masuk dalam list kunjungan sekali seumur hidup.

Pernah ndak terpikir kalau ternyata dari hobi yang kita sukai ini, memotret, bisa juga lho menjadi sebuah profesi. Baik dari yang sekedar pekerjaan sampingan hingga menjadi pekerjaan utama. Mulai dari yang sekedar istilahnya sebagai pengganti uang makan sampai dengan yang ternyata bisa untuk membiayai hidup sehari hari. Walau untuk mencapai tingkat yang bisa mengandalkan sepenuhnya dari fotografi dibutuhkan perjuangan, waktu dan juga konsisten untuk terus menerus mengembangkan diri dan tidak mudah menyerah. Read more

Tips & Panduan Memotret Milky Way

panduan memotret milky way

Hampir setiap saat di media sosial kita bisa menjumpai foto pemandangan berlatar belakang milky way. Baik yang terlihat nyata, atau hanya terlihat seperti tempelan. Sah – sah saja namanya juga seni. Tapi buat saya rasanya bisa mendapatkan foto milky way dari kamera sendiri lebih puas dibandingkan sekedar menempelkan foto milky way entah dari mana. Sebenarnya memotret milky way itu sendiri juga tidak sulit kok. Dijamin setelah membaca artikel ini Anda bisa memotret milky way dengan kamera Anda sendiri. Read more

Menekuni Fotografi Bawah Laut

menekuni fotografi bawah laut

Bagi mereka yang suka berada di sekitar laut fotografi bawah laut adalah pilihan karir yang menyenangkan dan menantang. Namun, juga merupakan salah satu bidang fotografi yang sangat kompetitif. Perkiraan pertumbuhan pekerjaan ini relatif rendah. Agar berhasil, Anda harus menyeimbangkan kecintaan Anda pada fotografi, kecintaan pada alam dan juga bagaimana mengelola bisnis yang baik. Cara terbaik untuk memulai adalah dengan berpartisipasi dalam sebanyak mungkin kompetisi fotografi bawah laut. Read more

Tips Menguasai Fotografi Hujan

Walau rada aneh tapi ternyata ada juga orang yang suka memotret ketika hujan. Hujan adalah waktu yang tepat untuk membawa kamera Anda dan keluar dan mengambil beberapa foto. Hujan bisa membuat pemandangan biasa menjadi luar biasa dan unik. Jika ingin “menangkap hujan” dalam foto Anda, penting untuk memahami yang terkandung di baliknya. Dengan mengetahui bagaimana, kapan, dan lokasi di mana hujan turun, Anda bisa belajar mengantisipasi bagaimana cahaya bergerak melalui tetesan hujan dan membuat foto yang benar-benar menakjubkan.

Bagian paling menantang tentang memotret hujan adalah serba ketidakpastiannya. Anda perlu belajar menyesuaikan pengaturan untuk mengakomodasi perubahan cahaya yang tiba-tiba.

Read more

Tips Komposisi untuk Foto Pemandangan

tips-komposisi-untuk-fotografi-pemandangan

Seperti kata pepatah, “sebuah gambar bernilai seribu kata”. Tetapi untuk membuat foto bernilai ribuan kata, penting untuk memahami cara membuat foto. Komposisinya foto seperti sebuah kerangka foto. Jika Anda tidak menyusun bidikan dengan benar, Anda kehilangan peluang untuk membuat foto menjadi lebih menarik.

komposisi foto pemandangan 10 - Tips Komposisi untuk Foto Pemandangan

menuruni kelimutu

Komposisi untuk Foto Pemandangan

Komposisi yang baik atau buruk dapat membuat atau menghancurkan gambar pemandangan. Komposisi adalah cara Anda menyusun dan membingkai elemen dalam sebuah pemandangan untuk memandu mata pemirsa ke dalam dan melalui gambar Anda. Komposisi yang baik dalam foto pemandangan memiliki cukup detail dan elemen untuk memandu mata pemirsa Anda menuju bagian terpenting dari pemandangan itu. Terlalu banyak elemen dapat menimbulkan gangguan. Tidak cukup elemen dan pemirsa Anda mungkin kurang bisa menafsirkan gambar Anda dengan benar.

Meskipun tujuan komposisi foto untuk pemandangan adalah untuk menggambarkan subjek dengan cara paling estetis, semua bentuk seni bersifat subjektif dan terbuka terhadap opini dan ekspresi setiap penonton. Memahami komposisi foto perlu dipelajari dan dipraktekan dari waktu ke waktu. Semakin banyak Anda keluar dan melatih pemotretan, semakin Anda akan mulai mengenali elemen utama dan di mana harus menempatkan dalam gambar untuk menggambarkan bobot visual kuat dan keseimbangan dalam gambar.

Berdasarkan pengalaman selama di lapangan team redaksi Landscape Indonesia mengumpulkan beberapa tips komposisi untuk fotografi pemandangan supaya bisa teman-teman praktekan.

Read more

Memotret Milky Way Jembatan Krisak

memotret-milky-way-jembatan-krisak

“Rame ndak lokasinya ?” tanyaku memastikan lokasi untuk hunting foto milky way jembatan Krisak nanti tidak terganggu banyak lalu lalang kendaraan bermotor. Lampunya itu lho yang pasti bakalan bikin bocor foto berdurasi 20 detikan nanti. “Sepi kok, kemarin pas aku ke sana” balas Dwi “Kebo”. Okay kalau begitu kita hunting milky way di sana kapan-kapan.

Untuk pertengahan bulan Agustus, milky way memang sudah bisa dinikmati selepas mentari terbenam hingga tengah malam. Jadi kami tidak perlu harus begadang untuk hunting milky way nya. Bisa berangkat sore dan pulang selepas jam sembilan atau sepuluh malam. Beruntung juga kondisi saat ini menjelang bulan mati, sehingga tidak banyak terganggu cahaya bulan. Read more