10 Diving Spot di Komodo pilihan WidhiBek

Setelah sekitar 3 bulan berada di Komodo dan beruntung sempat menjajal beberapa diving spot di Komodo. Biasanya diving di sekitaran bagian tengah dan utara Komodo. Baru sekali turun sampai ke selatan walau hanya satu hari dan satu lokasi saja.

Sebagian besar dive spot di Komodo memang berarus, tapi jangan takut ada juga yang tenang kok. Saya coba menuliskan yang paling saya sukai. Dan masing-masing orang punya pilihan yang berbeda-beda pastinya.

Read more

Menanti Senja di Sumurup Salatiga

Sebenarnya belakangan ini waktunya kurang tepat untuk berburu foto, seminggu belakangan ini hampir tiap hari turun hujan. Tapi karena ya siapa tahu saja beruntung dapat cuaca cerah, jadi kami mencoba melipir ke salah satu spot menikmati senja dan memancing buat yang punya hobi mancing di Salatiga. Sumurup juga dikenal sebagai salah satu tempat untuk menikmati rawa pening dari sisi utara. Cocok sepertinya untuk menikmati matahari terbit maupun terbenam, dengan catatan cuaca cerah ya.

Susur Pantai itu Ternyata Tidak Landai

susur pantai

Sebelum berangkat sempat ngobrol dengan Marsono mengenai rencana susur pantai. “santai wae bek, roto”. Rencana perjalanan 3 hari 2 malam susur pantai Wonogiri hingga Gunung Kidul pun akhirnya lebih banyak membahas kapan berangkat, siapa yang nanti mengantar dan menjemput, dimana lokasi start dan penjemputan. Tidak terlalu banyak mengecek mengenai pantai apa saja yang akan kami datangi nanti, bagaimana medan yang akan dilalui. Pokokmen berangkat dulu.. cusssss Read more

Memotret Milky Way Embung Manajar

milky way embung manajar

Sepeda motor matic yang saya kendarai mulai ancang-ancang untuk melibas jalur tanjakan yang bersudut hampir 40 derajat. Beruntung jalan sudah dibikin semen sehingga roda bisa mencengkeram dengan lebih kuat. Kebayang kalau jalan masih berupa tanah pasti bakalan mengurungkan niat saya untuk menikmati malam di atas Umbung Manajar. Jarak sekitar 1 kilometer di peta dilwati dengan hati-hati, sesekali saya berhenti di tanah yang datar, merehatkan mesin supaya tidak terlalu panas, dan juga untuk menunggu lampu motor Bayu supaya tidak tertinggal terlalu jauh di belakang. Read more

Milky Way Gardu Pandang Selo

milky way gardu pandang selo

Gunung Merapi diam berbalutkan kerlip bintang. Sesekali lintasan cahaya terlintas membelah langit. Garis putih memanjang hampir tegak lurus dengan siluet Gunung Merapi, membentang bagai tiang menjaga angkasa. Beruntung tidak tertutup kabut, yang biasanya muncul ketika kami hunting di daerah pegunungan. Cahaya lampu kendaraan melintas menerangi pepohonan, menampilkan detail dan siluet, dan kemudian kembali gelap ketika kendaraan melewati belokan dan menghilang. Dengan dua kamera yang masing-masing terpasang di tripod, saya mencoba menikmati pemandangan malam bertabur bintang sembari sesekali tangan bergerak menekan kabel shutter release ketika bunyi cekrek pertanda kamera berhenti beroperasi terdengar. Rasanya sudah lama saya tidak lagi berjumpa dengan malam ribuan belakangan ini. Pandemi yang belum juga ada tanda-tanda selesai membuat saya lebih banyak menyibukan waktu di dalam ruangan. Tapi niat untuk kembali menikmati malam bertemankan hawa pegunungan tampaknya membuat saya sore ini berada di sini, berteman kamera dan bintang. Read more

Hunting Milky Way Merbabu di Kayon

hunting milky way merbabu di kayon

Dipikir-pikir ternyata selama ini saya belum punya foto milky way di atas gunung Merbabu. Ada sih kemarin waktu menikmati sore di cuntel mendapatkan foto milky way, tapi itupun baru ekornya, belum bagian intinya. Yang lebih sering malahan foto milky way di atas gunung Merapi tapi diambil dari gunung Merbabu. Jadi pagi tadi coba coba buka google maps untuk mencari lokasi yang bisa mendapatkan foto milky way di atas gunung Merbabu. Read more

Menikmati Sore di Cuntel

Nama Cuntel buat saya lebih dikenal sebagai salah satu jalur pendakian menuju ke puncak gunung Merbabu. Walau belum pernah ke sana, tapi saya yakin pasti tempatnya bagus. Beberapa waktu sebelumnya, beberapa teman menawarkan ajakan untuk glamping di sekitar Cuntel. Glamping sendiri merupakan gabungan dari glamor dan camping. Istilah yang mulai marak digunakan untuk para penyuka kemping tapi tidak terlalu suka dengan segala kerepotan berkemah. Pengen menikmati keindahan pemandangan suatu tempat tapi dengan fasilitas yang memadai. Dan Cuntel yang berlokasi di kaki gunung Merbabu bagian barat memang menawarkan pemandangan panorama indah, terutama ketika menjelang matahari terbenam. Semburat oranye dengan latar luas pemandangan daerah kopeng dan juga jejeran beberapa gunung, Andong dan Telomoyo, bakalan memuaskan mata dan penyegaran rohani. Tapi sayang ajakan glamping dan barbeque di cuntel yang pertama saya tidak bisa ikutan. Read more

Mencari Cara Terbaik untuk Membawa Kamera di Gunung

Berdasar pengalaman pendakian terakhir di gunung Lawu jalur candi cetho kemarin, rencana memotret di sepanjang perjalanan menjadi kurang berjalan lancar. Yang ada malah kamera dslr masuk ke dalam ransel, dan tidak ada dokumentasi foto selama perjalanan. Padahal cukup banyak momen yang menarik untuk diabadikan ketika pendakian. Baik untuk sekedar dokumentasi perjalanan pribadi maupun untuk bahan sharing ke teman-teman pendaki lainnya. Memang tas untuk membawa kamera di gunung terkadang kurang kita perhatikan, tapi menjadi salah satu faktor yang menaikan probabilitas memotret selama perjalanan di gunung.

Read more

Gunung Lawu Jalur Candi Cetho di Kala Hujan

Pandangan menyapu ke jalur yang sepertinya sama-sama bakalan cukup susah untuk dilewati. Di tengah, cekungan dalam berundak bekas tergerus air sudah cukup meyakinkan saya untuk tidak melewatinya. Jalur paling kanan agak melambung, tapi bekas bekas sepatu yang terpeleset membuat saya mengurungkan niat. Di sebelah kiri, jalur melewati pohon, kaki harus melangkah turun cukup dalam, tapi sepertinya paling sedikit resiko terpeleset, karena ada batang pohon buat pegangan. Pendakian Gunung Lawu jalur Candi Cetho di kala hujan memang “menyenangkan”, butuh ekstra konsentrasi supaya tidak merosot terdorong gaya gravitasi dan berujung pulang bawa celana berkubang lumpur.

Panduan Memotret di Gunung Supaya Menghasilkan Foto Berkesan

memotret-di-gunung-0

Sudah sejak lama saya jatuh cinta dengan gunung. Dimulai dari awal tahun 90 an ketika saya pertama kali menginjakan kaki di Gunung Lawu dan kemudian terus bertumbuh hingga ke gunung-gunung lain. Gunung identik dengan tempat tinggi, berada di atas awan, dan mendekatkan diri dengan kehidupan. Gunung juga menjadi sumber inspirasi yang tertuang dalam tulisan, lukisan maupun jepretan kamera. Salah satu alasan saya kembali ke gunung setelah sekitar 10 tahun absen juga karena fotografi. Semenjak saya mempunyai kamera digital, saya mulai kembali menjejakan kaki ke jalan setapak yang menanjak. Rela kembali bersusah payah menggendong ransel demi bisa terus memotret gunung dengan latar belakang tebaran bintang. Read more